sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 18 Jan 2015 02:45 WIB

Kalahkan Newcastle 2-1, Southampton Pertahankan Posisi Ketiga

- detikSport
Getty Images/Jan Kruger Getty Images/Jan Kruger
Newcastle -

Southampton berhasil mempertahankan posisi ketiga klasemen usai menang 2-1 atas Newcastle United. Kedua gol The Saints pada laga tersebut diciptakan oleh pemain anyar mereka, Eljero Elia.

Elia didatangkan Southampton dengan status pinjaman dari Werder Bremen pada 3 Januari silam. Dia melakoni debutnya ketika Southampton menang 1-0 atas Manchester United di Old Trafford akhir pekan lalu.

Gelandang asal Belanda itu lantas menorehkan gol pertamanya untuk Southampton ketika laga di St James' Park, Minggu (18/1/2015) dinihari WIB, berjalan 14 menit. Menerima umpan terobosan dari James Ward-Prowse, Elia menyelesaikannya dengan sebuah sepakan kaki kanan.

Newcastle kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-29, ketika sapuan dari bek Southampton, Florin Gardos, malah mengenai kaki Yoan Gouffran dan bola pun masuk ke dalam gawang.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-1. Southampton tidak banyak menciptakan usaha untuk mencetak gol pada laga ini. Mereka hanya menciptakan 5 attempts dengan 3 di antaranya tepat sasaran. Sementara, Newcastle menorehkan 16 attempts, tetapi hanya 3 yang tepat sasaran.

Kendati demikian, Southampton kembali sukses menciptakan gol ketika pertandingan menginjak menit ke-62. Sundulan dari Shane Long diterima oleh Elia yang berlari masuk ke dalam kotak penalti. Setelah mengecoh dua pemain Newcastle, Elia melepaskan sebuah sepakan kaki kanan.

Kemenangan ini membuat Southampton kembali duduk ke urutan ketiga klasemen dengan koleksi nilai 42. Sebelumnya, posisi ketiga sempat ditempati oleh United yang menang 2-0 atas Queens Park Rangers. Sementara Newcastle berada di urutan ke-11 dengan koleksi nilai 27.

Pada pertandingan lainnya di White Hart Lane, Tottenham Hotspur menang 2-1 atas Sunderland. Tottenham unggul lebih dulu lewat sepakan Jan Vertoghen di menit ketiga, sebelum Sunderland menyamakan kedudukan di menit ke-31 lewat Sebastian Larsson.

Gol kemenangan Tottenham diciptakan oleh Christian Eriksen dua menit menjelang bubaran. Tottenham kini duduk di urutan kelima dengan koleksi nilai 37. Sedangkan Sunderland berada di urutan ke-16 dengan nilai 20 --hanya berselisih satu poin dari penghuni zona degradasi, Hull City.

(roz/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com