DetikSepakbola
Rabu 05 Agustus 2015, 11:49 WIB

Klub-klub Premier League Sudah Habiskan Rp 10,5 T di Bursa Transfer

Doni Wahyudi - detikSport
Klub-klub Premier League Sudah Habiskan Rp 10,5 T di Bursa Transfer Manchester City
Jakarta -

Transfer klub-klub Inggris di bursa musim panas diprediksi akan lebih besar dibanding tahun lalu. Saat transfer window masih dibuka empat pekan lagi, total belanja Manchester United dkk sudah 500 juta poundsterling.

Angka 500 juta poundsterling ditembus klub-klub Premier League pada Jumat akhir pekan lalu. Demikian laporan Perusahaan Analis Keuangan Deloitte seperti dikutip dari BBC.

Jumlah 500 juta poundsterling tersebut masih kurang 335 juta poundsterling untuk menyamai jumlah transfer di musim panas tahun 2014. Karena masih ada empat pekan sebelum jendela transfer ditutup, diyakini uang yang dikeluarkan klub untuk belanja masih akan besar hingga bisa mematahkan jumlah tahun lalu.

Bukan cuma melebihi transfer musim lalu, musim panas ini malah diprediksi akan menjadi periode paling boros sepanjang sejarah Premier League. Naiknya nilai jual hak siar Premier League akan membuat klub-klub dapat lebih banyak uang sehingga bisa berbelanja lebih besar lagi.

"Sebuah rekor baru sepertinya akan tercipta karena klub-klub akan memanfatkan keuntungan yang didapat dari penjualan hak siar baru," ungkap ahli keuangan sepakbola, Rob Wilson.

Mulai 2016/2017 harga hak siar Liga Inggris naik dari 3,018 miliar poundsterling (Rp 63,4 triliun) menjadi 5,136 miliar poundsterling (Rp 107,9 triliun) untuk periode tiga musim.

Saat kesepakatan itu mulai berlaku musim depan, klub penghuni dasar klasemen saja bisa mendapat 99 juta poundsterling semusim (Rp 2,08 triliun). Sedangkan juaranya akan mengantongi 150 juta poundsterling (Rp 3,1 triliun). Itu belum termasuk uang ekstra yang didapat jika pertandingan klub tersebut ditayangkan langsung.

Raheem Sterling masih jadi pemain dengan transfer termahal di Inggris pada musim ini, setelah Manchester City memboyongnya dengan banderol 44 juta poundsterling dari Liverpool.

Sementara klub dengan belanja terbanyak saat ini adalah Liverpool dengan total telah mengeluarkan uang sebesar 77,57 juta poundsterling. Di belakangnya ada MU dengan belanja sebesar 68.95 juta poundsterling.

Bursa transfer musim panas akan ditutup pada 2 September mendatang.


(din/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed