DetikSepakbola
Selasa 01 September 2015, 11:35 WIB

Menghitung Potensi Transfer MU di Hari Terakhir Transfer Window

Doni Wahyudi - detikSport
Menghitung Potensi Transfer MU di Hari Terakhir Transfer Window John Peters/Man Utd via Getty Images
Jakarta -

Kalau ada klub Premier League yang wajib bergerak aktif hari ini untuk menambah kekuatan skuatnya, maka itu adalah Manchester United. Tapi 'Setan Merah' justru paling pasif dalam urusan beli pemain di deadline transfer window.

Setelah empat pekan pertama Liga Inggris dilalui, MU kini duduk di posisi lima klasemen. Bukan hasil yang buruk, tapi Louis van Gaal punya banyak masalah terkait kedalaman skuatnya.

MU masih belum mendapat pemain depan, yang sudah mereka incar sejak hari pertama jendela transfer dibuka. Posisi tersebut menjadi salah satu prioritas untuk diperbaiki Van Gaal.

Usai MU kalah 1-2 di tangah Swansea, Gary Neville mendesak MU untuk membelanjakan uangnya demi mendatangkan pemain yang dibutuhkan. Bukan cuma di lini depan, kesalahan yang dibuat Sergio Romero juga membuat mantan kapten MU itu meminta The Red Devils mempertahankan David De Gea.

"Anda harus mencetak gol. Saya akan sangat terkejut jika tidak ada striker didatangkan dalam 48 jam ke depan. Mereka tak cukup memiliki ketajaman. Mereka tidak menciptakan cukup peluang," sahut Neville, kemarin.

(Baca Juga: Bursa Transfer: Liga Lain Sudah Tutup, Premier League Masih Sibuk)

MU kini cuma punya waktu sekitar 12 jam lagi untuk menuntaskan pembelian-pembelian yang mereka butuhkan. Jendela transfer di Inggris akan tutup pada pukul 18.00 waktu setempat hari ini.

Ada beberapa pemain yang santer disebut tengah merapat ke Old Trafford di jam-jam terakhir jelang bursa transfer ditutup. Mereka adalah Jasper Cillessen dan Anthony Martial.

Di Inggris, Martial disebut sudah tinggal selangkah lagi datang ke MU. The Red Devils disebutkan bersedia membayar 36 juta poundsterling untuk memboyong striker 19 tahun itu dari AS Monaco. Musim lalu Martial mencetak sembilan gol dari 35 pertandingan di Ligue 1.

Sedangkan untuk Cillessen, kubu Ajax Amsterdam sampai Senin (31/8/2015) kemarin masih menyatakan kalau belum ada kontak dilakukan dengan pihak MU. Karena transfer David De Gea ke Real Madrid diklaim batal, Cillessen bisa jadi batal mendarat di Manchester.

(Baca Juga: Dokumen Terlambat Satu Menit, De Gea Dikabarkan Batal ke Madrid)

Terkait aktivitas di hari terakhir bursa transfer, MU sebenarnya tak biasa melakukan pembelian 'mepet'. Sejak sistem transfer window diperkenalkan pada tahun 2002, MU cuma bisa mendatangkan delapan pemain di hari terakhir bursa transfer.

Menurut data Mirror, MU menjadi klub dengan pembelian pemain paling sedikit di hari terakhir jendela transfer. Itu dianggap jadi indikasi buruk akan keberhasilan mereka membeli pemain di hari ini.

Apalagi di musim ini MU juga sudah berulang kali gagal dalam upayanya membeli pemain. Sebelum Pedro Rodriguez yang tiba-tiba dibeli Chelsea, MU sempat dirumorkan akan memboyong Sergio Ramos dan Nicolas Otamendi.

Pembelian Klub-klub Inggris di Deadline Day (sejak 2002)

Crystal Palace - 33
Tottenham Hotspur - 22
Stoke City - 27
Everton - 26
WBA - 24
West Ham United - 23
Sunderland - 23
Norwich City -22
Leicester City - 20
Watford - 20
Aston Villa -18
Southampton -18
Liverpool -15
Arsenal - 14
Manchester City - 14
Swansea City - 14
Bournemouth - 14
Newcastle United - 14
Chelsea - 10
Manchester United - 8






(din/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed