DetikSepakbola
Selasa 08 September 2015, 12:44 WIB

Studi Sebut Martial Kemahalan, Sterling Malah Terlalu Murah

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Studi Sebut Martial Kemahalan, Sterling Malah Terlalu Murah Getty Images Sport/Romain Perrocheau
Jakarta -

Pembelian Anthony Martial oleh Manchester United dinilai menelan biaya terlalu mahal, sebagaimana diungkapkan oleh studi terkini yang menelaah bursa transfer musim panas kemarin. Ada juga yang dinilai kemurahan.

Studi itu dilakukan oleh CIES Football Observatory terhadap bursa transfer musim panas lalu. CIES merilis daftar 20 pemain yang dinilai over-paid, juga melansir daftar mereka yang dibeli dengan harga di bawah semestinya.

Pemuncak daftar pemain yang kemahalan adalah Martial. Seperti diketahui, pemain 19 tahun itu diboyong dengan nilai sekitar 50 juta euro dari AS Monaco, bahkan masih bisa bertambah tergantung bonus. Jumlah ini 27,9 juta euro lebih banyak dari penilaian CIES. MU juga melakukan bisnis 'murah hati' lainnya dalam transfer Morgan Schneiderlin dari Southampton, yang dinilai kemahalan 10,2 juta euro.


(Daftar pemain over-paid)

Sementara rival sekotar MU, Manchester City, juga dinilai mengeluarkan uang terlalu banyak untuk merekrut Kevin de Bruyne. De Bruyne yang kabarnya didatangkan dengan banderol 74 juta euro, lebih mahal 26,6 juta euro dari nilai semestinya menurun data CIES.

Namun demikian, The Citizens juga dinilai mendapatkan kesepakatan bagus dalam pembelian Raheem Sterling. Transfer Sterling yang dilaporkan menelan biaya 63 juta euro, dinilai lebih murah 32,1 juta euro dari seharusnya.


(Daftar pemain under-paid)

Selain Martial dan de Bruyne, nama Christian Benteke, Angel Di Maria, dan Arda Turan melengkapi lima besar transfer yang dinilai kemahalan. Sedang di daftar sebaliknya, Sterling diikuti Mapou Yanga-Mbiwa, Robin van Persie, Denis Suarez, dan Nathaniel Clyne.

Premier League di musim panas kemarin menghabiskan sekitar 1,19 miliar euro atau 870 juta poundsterling. Nilai ini memecahkan rekor pembelanjaan Premier League dan naik 4% dari jumlah tahun lalu.


(raw/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed