DetikSepakbola
Sabtu 16 Desember 2017, 23:54 WIB

Gol Tunggal Oezil Menangkan Arsenal atas Newcastle

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Gol Tunggal Oezil Menangkan Arsenal atas Newcastle Foto: Eddie Keogh/Reuters
London - Arsenal akhirnya mampu kembali ke jalur kemenangan. Ditantang Newcastle United, Arsenal memastikan membawa angka penuh usai menang dengan skor akhir 1-0.

Pada pertandingan di Emirates, Sabtu (16/12/2017) malam WIB, Mesut Oezil menjadi penentu kemenangan Arsenal. Gelandang Jerman itu mencetak satu-satunya gol the Gunners yang terlahir di babak pertama.

Ini adalah kemenangan pertama Arsenal dalam empat pertandingan. Sejak mencukur Huddersfield Town lima gol tanpa balas, tim London Utara itu dikalahkan Manchester United, lalu berimbang dengan Southampton dan West Ham.

Tambahan tiga poin ini mengembalikan Arsenal ke empat besar dengan menempati urutan empat klasemen sementara. Arsenal mengantongi 33 poin dari 18 laga, sedangkan Newcastle turun ke zona degradasi di urutan 18 dengan perolehan 15 poin.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Newcastle memulai serangan namun gagal menciptakan peluang berarti. Setelahnya, Arsenal justru dominan. Peluang pertama tercipta di menit kedelapan saat tembakan Hector Bellerin diblok Florian Lejeune di dalam kotak penalti.

Empat menit berselang, kombinasi Alexandre Lacazette dengan Alexis Sanchez melahirkan peluang lain. Namun penyelesaian Sanchez masih melambung.

Ashley Maitland-Niles mencegat bola di garis tengah lapangan sebelum berlari menggiring bola, membelah pertahanan Newcastle. Akan tetapi, penyelesaian Maitland-Niles hanya bersarangan di sisi luar gawang Newcastle.

Serangan Arsenal akhirnya membuahkan gol di menit 23. Di awali dari sepakan Alexis Sanchez yang diblok lini pertahanan lawan, bola bergulir ke arah Oezil yang diselesaikan dengan sepakan voli kaki kiri. Arsenal memimpin 1-0.

Arsenal terus menguasai bola dan ritme permainan. Umpan Oezil kepada Xhaka di pinggir kotak penalti. Xhaka bisa menerima bola, tapi tembakannya masih melebar dari tiang gawang.

Di menit 34, Arsenal mengklaim penalti setelah Lacazette dijatuhkan Lejeune. Namun, wasit memiliki anggapan lain.

Pada saat-saat akhir injury time, Arsenal nyaris menambah golnya. Sanchez mendapatkan bola di pinggir kotak penalti, kemudian melepaskan tembakan terukur. Bola hanya bergulir tipis di samping tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan sampai turun minum.

Setelah restart, Deandre Yedlin nyaris membuat gol bunuh diri saat menekel Sanchez. Newcastle mencoba menyerang dari sisi kiri pertahanan Arsenal, tapi gagal menembus sepertiga akhir lapangan.

Di menit ke-59, Lacazette melewatkan peluang menciptakan gol kedua Arsenal. Sundulan Nacho Monreal memungkinkan Oezil membekaskan Lacazette di sisi kanan. Namun, penyelesaian striker Prancis itu justru melambung.

Peluang Arsenal mentah lagi. Di menit ke-75, umpan lambung Sanchez disundul Olivier Giroud. Bola mengarah ke jalur Jack Wilshere yang disambut dengan sepakan dari tengah kotak penalti. Kiper Robert Elliot melakukan penyelamatan yang tidak kalah hebat.

Newcastle nyaris membobol Arsenal, lima menit berselang. Umpan Dwight Gayle mengirim umpan kepada Joselu yang disambut dengan tembakan. Laurent Kosciely melakukan blok, yang hampir membuat bola masuk ke gawang Arsenal.

Tim tamu terus membuat Arsenal dalam tekanan. Ayoze Perez dua kali mengancam gawang Arsenal meski gagal membuahkan gol balasan.

Arsenal diuji di injury time. Newcastle mengepung kotak penalti, namun Arsenal sukses mempertahankan keunggulannya sampai peluit tanda pertandingan berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal tetap bertahan.


Susunan Pemain

ARSENAL: Cech, Monreal, Koscielny, Bellerin, Oezil, Wilshere, Xhaka, Iwobi (Welbeck 73'), Maitland-Niles, Sanchez (Coquelin 89'), Lacazette (Giroud 73')

NEWCASTLE UNITED: Elliot, Lejeune, Lascelles, Javi Manquillo, Yedlin, Atsu (Ritchie 54'), Hayden, Jacob Murphy (Gayle 67'), Mikel Merino (Diame 82'), Joselu, Ayoze Perez
(rin/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed