DetikSepakbola
Sabtu 13 Januari 2018, 14:23 WIB

Bahas Coutinho, Klopp Tegaskan Dulu pun Mampu Atasi Kepergian Sahin

Kris Fathoni W - detikSport
Bahas Coutinho, Klopp Tegaskan Dulu pun Mampu Atasi Kepergian Sahin Philippe Coutinho semasa di Liverpool (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool - Manajer Liverpool Juergen Klopp membahas kepergian Philippe Coutinho. Ia menegaskan dulu pun mampu mengatasi kepergian Nuri Sahin dari Borussia Dortmund.

Coutinho sudah pergi meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Barcelona pada transfer musim dingin bulan Januari ini. The Reds tak kuasa lagi mempertahankan pemain Brasil itu setelah di musim panas sempat menolak sejumlah tawaran Barca terhadapnya.

"Tidak ada pilihan lain," kata Klopp di Football365.com ketika ditanya alasan Liverpool melepas Coutinho bulan Januari ini.

"Saya tahu hal ini (minat Barcelona) akan muncul lagi pada bursa kali ini dan saya tahu akan sangat sulit. Apa itu masuk akal? Apa saya sekiranya masih akan bisa mempertahankannya? Sudah jelas 100% tidak ada peluang. Ia sudah tak lagi siap untuk melakukannya. Toh ia sudah bermain fantastis di paruh pertama musim setelah yang terjadi di musim panas," ujarnya.

Banyak yang mempertanyakan keputusan Klopp merelakan salah satu pemain andalannya itu pergi. Apalagi Si Merah masih berkompetisi di sejumlah ajang penting. Tapi ia mengingatkan bahwa kepergian pemain penting tidak pernah memberinya masalah besar.

"Kami tidak mutlak harus buru-buru mencari penggantinya, kami masih punya 11 pemain utama. (Tapi) saya tak bermaksud mengecilkan perannya. Ia di sini lima tahun dan kami akan merasa kehilangan," ucap Klopp.

Bahas Coutinho, Klopp Ingatkan Dulu pun Mampu Atasi Kepergian SahinNuri Sahin dan Juergen Klopp di Dortmund tahun 2014 (Foto: Christof Stache/AFP PHOTO)

"Namun, kami bertekad memainkan sepakbola yang lebih bagus tanpa Phil. Bersama dirinya kami pernah bermain fantastis dan juga tidak bagus-bagus amat, begitu pula saat ia tak main. Saya tak tahu apa bisa dibandingkan, dulu kami juga kehilangan banyak pemain di Dortmund! (Kehilangan) satu pemain tak pernah jadi masalah."

"Pemain terbaik di Jerman pada 2011 adalah Nuri Sahin dan setelah musim itu ia meninggalkan klub. Kehilangan pemain adalah hal wajar dan Anda harus selalu bereaksi. Kami punya solusi untuk segala hal. Gunakan, jangan menderita karenanya. Itu senantiasa saya lakukan," tuturnya.

Sahin meninggalkan Dortmund pada musim panas 2011 untuk bergabung ke Real Madrid. Kariernya tak mulus bersama El Real sehingga akhirnya balik ke Dortmund, untuk ditangani Klopp lagi, pada Januari 2013. Ia juga sempat berseragam Liverpool dengan status pinjaman.



(krs/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed