DetikSepakbola
Kamis 18 Januari 2018, 06:08 WIB

Piala FA

Pedro dan Morata Dikartu Merah, Chelsea Kalahkan Norwich Lewat Adu Penalti

Randy Prasatya - detikSport
Pedro dan Morata Dikartu Merah, Chelsea Kalahkan Norwich Lewat Adu Penalti Foto: David Klein/Reuters
London - Chelsea berhasil melaju ke babak keempat Piala FA setelah mengalahkan Norwich City. The Blues menang susah payah 5-3 lewat adu penalti setelah berimbang 1-1 di waktu normal.

Menjamu Norwich di laga ulangan babak ketiga Piala FA di Stamford Bridge, Kamis (18/1/2018) dinihari WIB, Chelsea dibuat was-was. Sempat unggul 1-0 lewat gol Michy Batshuayi di menit ke-55, mereka malah harus kebobolan di masa injury time oleh Jamal Lewis.

Chelsea malah makin kehilangan momentum setelah Pedro Rodriguez dan Alvaro Morata dikartu merah di babak tambahan. Tapi tak ada gol di 2x15 menit.

Chelsea pada akhirnya bisa memastikan kemenangan lewat adu penalti dengan skor 5-3. Seluruh eksekutor The Blues berhasil menjalankan tugas dengan baik. Sementara itu, satu penendang Norwich gagal menjalankan tugasnya.

Kemenangan ini mengantarkan Chelsea melaju ke babak keempat melawan Newcastle United pada Minggu (28/1/2018) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan:

Chelsea langsung mengambil kendali permainan di awal-awal laga. Kesempatan pertama mereka dapatkan lewat tendangan jarak jauh Danny Drinkwater di menit ke-7. Sial untuk Chelsea. Bola masih sedikit melebar dari gawang.

Empat menit kemudian Chelsea kembali mendapat kesempatan bagus untuk mencuri gol. Cesar Azpilicueta menyia-nyiakan peluang setelah gagal menyodok bola hasil umpan silang Wilian dari sisi kanan ke tiang jauh.

Di menit ke-25 Drinkwater kembali memberi ancaman ke gawang Norwich. Mantan Gelandang Leicester City itu melepaskan tendangan jarak jauh, namun masih gagal berbuah gol setelah bola cuma membentur mistar gawang.

Sepuluh menit kemudian giliran Norwich yang mengancam gawang Cheslea. Akan tetapi, usaha tim tamu masih gagal setelah tendangan Nelson Oliveira membentur mistar gawang. Hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan.

Di lima menit babak kedua Chelsea belum menunjukkan peningkatan permainan. Sementara itu, tim tamu malah terlihat lebih agresif daripada sebelumnya.

Akan tetapi, Chelsea malah bisa unggul 1-0 duluan lewat gol Batshuayi di menit ke-55. Striker 24 tahun itu berhasil melesakkan gol setelah menyambar umpan silang Kenedy dari jarak dekat.

Cheslea terus menegakan Norwich meski sudah unggul satu gol. Namun, gol tambahan tak kunjung datang sampai laga memasuki masa injury time.

Alih -alih menambah gol, Chelsea malah melepas kemenangan yang sudah ada di depan mata. Norwich sukses menyamakan skor lewat sundulan Jamal Lewis di masa injury time. Laga pun harus berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit.

Chelsea yang tak mau malu di hadapan publik sendiri melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Norwich. Peluang emas mereka dapatkan di menit ke-113 lewat sontekan Alvaro Morata. Sial untuk Chelsea, bola yang disambar Morata masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Angus Gunn.

Di babak kedua tambahan waktu, Morata kembali mendapat kesempatan bagus di menit ke-114. Si striker lolos dari kawalan dan menyambut umpan silang Andreas Christensen dengan sundulan. Namun, bola masih mengarah tepat di pelukan kiper lawan.

Norwich mendapat keuntungan di menit ke-177 dengan diusirnya Pedro Rodriguez keluar lapangan. Winger asal Spanyol itu diganjar kartu kuning kedua setelah menghentikan laju lawan. Kartu kuning sebelumnya dia dapat di menit ke-62.

Di menit ke-120 Chelsea harus bermain dengan sembilan orang. Morata diganjar kartu kuning dua kali secara langsung setelah melakukan protes berlebihan, lantaran kecewa tak diberi penalti usai dilanggar lawan.

Tak ada gol yang tercipta di babak tambahan. Laga pun berlanjut ke babak penalti untuk mencari pemenang.

Di babak tos-tosan Chelsea keluar sebagai pemenang. Mereka menang dengan skor 5-3 setelah Wilian, David Luiz, Azpilicueta, N'Golo Kante, dan Eden Hazard berhasil menjalankan tugasnya.

Norwich gagal setelah penendang pertamanya, Nelson Oliveira, gagal menjalankan tugas. Sementara itu James Maddison, Mario Vrancic, dan Josh Murphy berhasil menceploskan bola ke gawang Wilfredo Caballero.

Susunan Pemain:

Cheslea: Caballero, Azpilicueta, Luiz, Ampadu (Christensen 81'), Zappacosta, Bakayoko, Drinkwater (Hazard 100'), Kenedy (Kante 86'), Willian, Batshuayi (Morata 81'), Pedro.

Norwich: Gunn, Pinto (Tettey 116'), Zimmermann, Hanley (Cantwell 86') (Stiepermann 120'), Klose, Lewis, Reed (Hoolahan 82'), Vrancic, Maddison, Murphy, Oliveira.
(ran/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Deretan Pemain yang Pernah Membela MU dan Chelsea

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:50 WIB Laga Manchester United versus Chelsea akan jadi reuni untuk Nemanja Matic dan Romelu Lukaku. Di masa lalu, ini para pemain yang pernah berkostum MU dan Chelsea.
  • Drawing Liga Europa

    Milan vs Arsenal di Babak 16 Besar Liga Europa

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 19:31 WIB Big match akan tersaji di babak 16 besar Liga Europa. Wakil Premier League, Arsenal, akan menghadapi tim Liga Italia, AC Milan.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Arsenal dan Urusan yang Belum Tuntas Sejak 2011

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 19:20 WIB Arsenal akhirnya kembali lagi ke final Piala Liga Inggris setelah 2011 silam. Kali ini The Gunners bertekad memenanginya, menuntaskan utang tujuh tahun lalu.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Wenger Nyaris Tanpa Cela dalam Final di Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:55 WIB Arsenal akan menjalani pertandingan melawan Manchester City di final Piala Liga Inggris akhir pekan ini. Arsene Wenger mempunyai rekor bagus di Wembley.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Rencana Wenger untuk Meredam City

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:43 WIB Menghentikan Manchester City yang begitu tangguh musim ini tak akan jadi pekerjaan mudah untuk Arsenal. Apa rencana manajer Arsenal Arsene Wenger?
  • Foto Sepakbola

    Ini Skuat Bhayangkara FC Musim 2018

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:50 WIB Juara bertahan Liga 1 Bhayangkara FC me-launching timnya untuk tahun ini. Ada 26 pemain yang diperkenalkan.
  • Stadion Surajaya Diverifikasi PT LIB

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:40 WIB PT LIB melakukan verifikasi terhadap Stadion Surajaya yang rencananya jadi markas Persela Lamongan. Masih ditemukan beberapa kekurangan.
  • Piala Gubernur Kaltim 2018

    Borneo FC Kalahkan Mitra Kukar via Adu Penalti

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:01 WIB Piala Gubernur Kaltim 2018 resmi bergulir. Di laga perdana, Borneo FC menang atas Mitra Kukar via adu penalti dengan skor 5-4.
  • Jelang MU vs Chelsea

    Kesempatan Conte Memperbaiki Reputasi

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:31 WIB Reputasi Antonio Conte sempat tercoreng dengan sejumlah hasil buruk Chelsea. Melawan Manchester United, dia punya kans bagus memperbaikinya.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Aguero Sedang Rajin Bobol Gawang Arsenal

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:05 WIB Manchester City akan menjalani final Piala Liga Inggris versus Arsenal. Sergio Aguero sedang rajin membobol gawang The Gunners, akan menjadi andalan lini depan.
  • Jadwal Liga Spanyol Pekan Ini

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:19 WIB Barcelona akan berupaya mengokohkan posisinya di puncak klasemen, sementara Real Madrid ingin terus menanjak. Berikut jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini?
  • Liga Spanyol Pekan Ini

    Menguji Barcelona, Menanti Kebangkitan Madrid

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:05 WIB La Liga jornada ke-25 akan bergulir akhir pekan ini. Barcelona akan kembali menghadapi ujian, di sisi lain tren kebangkitan Real Madrid menarik dinanti.
  • Road to World Cup

    Menanti Kejutan Rusia di Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 16:08 WIB Tak tampil di kualifikasi, Rusia mengandalkan laga persahabatan untuk menyiapkan diri menghadapi Piala Dunia. Bagaimana kans mereka?
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Guardiola Punya Catatan Bagus Lawan Arsenal

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:57 WIB Manchester City akan berhadapan dengan Arsenal di final Piala Liga Inggris. Josep Guardiola mempunyai rekor bagus saat berhadapan dengan The Gunners.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Kyle Walker Tak Mau Patah Hati Lagi di Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:58 WIB Stadion Wembley kerap menghadirkan mimpi buruk untuk Kyle Walker. Walker tak mau cerita-cerita sedih itu terulang saat City berlaga di final Piala Liga Inggris.
  • Jelang Liga Inggris

    Head to Head MU vs Chelsea

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:59 WIB Manchester United dan Chelsea akan berhadapan untuk kali ke-179 di seluruh ajang kompetitif. Berikut adalah head to head dan tren kedua tim.
  • Persib Tak Bawa Essien ke Tasikmalaya

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:21 WIB Kondisi kebugaran Michael Essien belum 100 persen. Itu mengapa Essien tak masuk skuat Persib Bandung untuk menjalani laga uji coba di Tasikmalaya.
  • Jelang MU vs Chelsea

    Adu Tangguh di Bawah Mistar Gawang: De Gea vs Courtois

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 14:46 WIB Duel MU vs Chelsea sekaligus menghadapkan David De Gea vs Thibaut Courtois, dua kiper dengan clean sheet terbanyak di Premier League 2017/2018 sejauh ini.
  • Infografis

    Jalan City dan Arsenal Menuju Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 14:47 WIB Manchester City dan Arsenal akan bertarung untuk jadi yang terbaik di final Piala Liga Inggris akhir pekan ini. Seperti apa perjalanan kedua klub di ajang ini?
  • Jelang MU vs Chelsea

    Willian: Mourinho Temanku, tapi...

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 14:25 WIB Willian akan berhadapan dengan mantan manajernya, Jose Mourinho. Keduanya masih berhubungan baik, tapi untuk sementara pertemanan itu mesti dikesampingkan.