DetikSepakbola
Senin 22 Januari 2018, 08:12 WIB

Untuk Jadi Juara, City Dilarang Menoleh ke Belakang

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Untuk Jadi Juara, City Dilarang Menoleh ke Belakang Foto: Lee Smith/Action Images via Reuters
Manchester - Manchester City diminta fokus ke tugas mereka sendiri demi mewujudkan ambisi menjuarai Premier League. City dilarang memikirkan apa yang terjadi pada tim-tim rival yang sedang mengejar mereka.

City membuktikan bahwa kekalahan dari Liverpool di Anfield tak menjatuhkan mental mereka. The Citizens langsung bangkit dengan mengalahkan Newcastle United 3-1 di Etihad Stadium, Sabtu (20/1/2018).

Kemenangan tersebut membuat City tetap unggul 12 poin atas pesaing terdekat mereka, Manchester United, di klasemen Premier League. Meski begitu, perjalanan City untuk menjadi juara masih jauh karena masih ada 14 pertandingan tersisa.

Manajer City, Pep Guardiola, telah menyebut timnya butuh setidaknya sepuluh kemenangan lagi untuk merebut gelar juara. Tapi, City mungkin saja tak harus meraih kemenangan sebanyak itu untuk jadi juara jika MU atau tim rival lainnya tergelincir di sisa musim.


Guardiola menegaskan bahwa apa yang terjadi pada MU, Liverpool, Chelsea, atau tim rival lain bukanlah persoalan penting. Yang terpenting bagi City adalah bagaimana mereka mengumpulkan kemenangan demi kemenangan pada laga-laga mendatang.

"Saya tak bisa menyangkal bahwa kami bicara soal itu. Anda punya dua pilihan -- melihat apa yang terjadi di belakang atau melihat sepuluh pertandingan yang harus kami menangi (untuk jadi juara)," tutur Guardiola seperti dikutip Soccerway.

"Cara terbaik adalah terus melihat ke depan. Apa yang terjadi (di Anfield) terjadilah. Saya bilang ke mereka bahwa sampai pekan ke-24 kita adalah tim terbaik. Tapi, itu tak diperhitungkan. Yang diperhitungkan adalah di pekan ke-38."

"Untuk memenangi sepuluh pertandingan akan berat karena setiap tim bermain untuk sesuatu. Untuk bertahan (di Premier League), untuk Liga Europa, untuk Liga Champions."

"Saya bilang, 'jangan lihat ke belakang, please. Jangan lihat para pesaing kita di belakang. Lihat apa yang harus kita capai'. Jika Anda mencoba menunggu apa yang terjadi di belakang, jika kami melihat apa yang mereka lakukan, itu bukanlah solusi bagus dalam pengalaman saya."

City selanjutnya akan menghadapi Bristol City di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris, kemudian bertemu Cardiff City di babak keempat Piala FA. Setelahnya, mereka akan menghadapi West Bromwich Albion dalam lanjutan Premier League.

"Kami memenangi pertandingan (melawan Newcastle), setelahnya Anda punya Piala Liga Inggris, Piala FA, dan kemudian West Brom di kandang sendiri. Cara terbaik adalah melihat ke depan dan memenangi pertandingan. Setelah itu kami akan lebih dekat ke gelar juara," kata Guardiola.



(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed