sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 12 Mei 2019 11:33 WIB

Fakta-Fakta Persaingan Man City - Liverpool di Pekan Terakhir Liga Inggris

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Manchester City dan Liverpool memburu gelar Premier League hingga pekan terakhir. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images) Manchester City dan Liverpool memburu gelar Premier League hingga pekan terakhir. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta - Liverpool mengusung asa juara dengan mencoba menyalip Manchester City di pekan terakhir. Belum pernah ada tim yang berhasil melakukan itu sebelumnya.

Liverpool sudah memaksa persaingan gelar Liga Inggris berjalan hingga pekan terakhir. Di era Premier League, ini baru yang kedelapan kalinya persaingan gelar ditentukan di pekan terakhir.

Buat Liverpool, hanya satu kesempatan tersisa untuk mengakhiri puasa gelar liga sejak 1990 silam.




Menempati posisi dua klasemen sementara dengan 94 poin, Mohamed Salah dkk berjarak satu poin saja dengan City di puncak. Liverpool wajib menang atas Wolverhampton Wanderers di Anfield, Minggu (12/5/2019) malam WIB nanti untuk mencoba menyalip City.

Sementara City 'cuma' akan menghadapi Brighton & Hove Albion yang merupakan tim peringkat 17 dan sudah aman dari degradasi. Tantangannya niscaya berbeda dengan menghadapi Wolves, yang tampil oke musim ini dan dipastikan finis di posisi tujuh.

Untuk Liverpool, jika nasib baik menaungi mereka dan berhasil menyalip di pekan terakhir, maka sebuah rekor akan terukir. BBC menyebut mereka akan jadi tim Premier League pertama yang juara dengan menyalip pemuncak klasemen di pekan terakhir.




Seandainya hal tersebut benar-benar terjadi, maka rekor pergantian puncak klasemen pun ikut terkoreksi. Musim ini puncak klasemen sudah berganti penghuni 32 kali dan jumlah itu sudah jadi rekor liga.

Baik City maupun Liverpool sama-sama dalam tren bagus. Kedua tim sama-sama tak terkalahkan di liga sejak Januari lalu. City memenangi 13 partai terakhir sementara Liverpool memenangi delapan.

Liverpool sempat memimpin tujuh poin atas City. Tapi kekalahan dari sang rival pada Januari lalu menjadi momen perubahan. Itulah satu-satunya kekalahan anak-anak Merseyside musim ini, setidaknya sejauh ini.




Entah itu City ataupun Liverpool, akan mengukir rekor kalau torehan poinnya tak bertambah dan finis sebagai runner-up di pekan terakhir. Salah satunya bakal jadi runner-up dengan koleksi poin terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Bagi City, gelar juara Premier League akan mendekatkan mereka ke catatan istimewa: tim pertama yang meraih treble domestik di Inggris. City sudah mengunci titel Piala Liga Inggris dan akan menghadapi Watford di final Piala FA pekan depan. (raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com