sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 02 Jul 2019 12:40 WIB

Betapa Mengerikannya Anfield untuk Guardiola

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Anfield dinilai menakutkan untuk lawan-lawan yang datang (Carl Recine/Action Images via Reuters) Anfield dinilai menakutkan untuk lawan-lawan yang datang (Carl Recine/Action Images via Reuters)
Barcelona - Slogan This is Anfield di kandang Liverpool memang bukan gimmick belaka. Buat Pep Guardiola, hal itu menggambar betapa mengerikannya stadion berkapasitas 54 ribu penonton itu.

Anfield sebagai salah satu stadion bersejarah di Eropa sudah menelurkan banyak pemain bintang serta trofi demi trofi untuk empunya, Liverpool. Di sanalah cerita-cerita indah diukir untuk membuat pendengarnya terbuai sekaligus merinding.

Tak sedikit Liverpool melakoni laga-laga dramatis sekaligus menegangkan di Anfield. Di era Juergen Klopp pun demikian adanya. Bahkan Klopp mampu membuat Anfield menjadi menakutkan lagi setelah kehilangan maginya di era Roy Hodgson dan Brendan Rodgers.




Tengok saja, Liverpool sudah dua tahun lebih tak terkalahkan di kandang pada ajang Premier League. Selain itu musim lalu, Anfield memainkan peran penting mengantarkan Liverpool menapaki final Liga Champions dan jadi juara.

Itu adalah ketika mereka melakoni partai comeback kontra Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions. Tertinggal 0-3 di leg pertama, Liverpool menang 4-0 di leg kedua.

"Saya pikir mereka akan selalu mencetak gol di Anfield, dan saya yakin para pemain tahu Anfield itu ya Anfield," ujar Guardiola seperti dikutip talkSPORT.

"Slogan 'This is Anfield' bukan slogan jualan semata. Ada sesuatu di dalamnya yang tidak bakal Anda temui di stadion lain di dunia ini," sambungnya.




"Mereka bikin gol dan lima menit kemudian, Anda merasa bakal kebobolan empat gol lagi. Anda akan merasa ciut nyalinya dan lawan sepertinya mengintimidasi Anda."

Guardiola sudah empat kali bertandang ke Anfield selama menangani City, tiga kali di liga dan sekali di Liga Champions. Hasil terbaiknya adalah seri 0-0 musim lalu setelah selalu kalah tiga kali beruntun, 0-1, 3-4, dan 0-3.

"Kita semua sudah tahu apa yang terjadi dengan Barca."

"Mereka menertawai saya ketika kami kalah 0-3 setelah 15-20 menit pertama di perempatfinal. Kandang mereka itu menakutkan."





Tonton video Meski Sudah Menang, Valverde Masih Khawatir Main di Anfield:

[Gambas:Video 20detik]


Betapa Mengerikannya Anfield untuk Guardiola


Simak Video "Guardiola Komentari Kekalahan Liverpool dari Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com