sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 10 Apr 2020 01:10 WIB

'Mane Harus Tinggalkan Liverpool Demi Ballon d'Or'

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - MARCH 11: Sadio Mane of Liverpool looks dejected during the UEFA Champions League round of 16 second leg match between Liverpool FC and Atletico Madrid at Anfield on March 11, 2020 in Liverpool, United Kingdom.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Sadio Mane diminta tinggalkan Liverpool demi Ballon d'Or (Laurence Griffiths/Getty Images)
Dakkar -

Liverpool memang sudah membuat Sadio Mane menjadi bintang besar seperti sekarang. Tapi, The Reds dianggap takkan mampu membawa Mane meraih Ballon d'Or.

Sejak dibeli dari Southampton pada 2016, Mane tak lama menancapkan kukunya sebagai pemain kunci The Reds. Dia berperan besar mengantarkan Liverpool finis empat besar di musim pertamanya.

Setelah itu, Liverpool dibawanya melaju ke final Liga Champions 2018 sebelum dikalahkan Real Madrid. Musim lalu dia membalas dengan meraih gelar juara Liga Champions dan runner-up Premier League.

Dilanjutkan dengan gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub, Mane cuma selangkah lagi membawa Liverpool juara Premier League sebelum liga dihentikan pandemi virus corona.



Dengan performanya sejauh ini bersama Liverpool, Mane boleh dibilang masih kurang mendapat pengakuan sebagai pesepakbola terbaik dunia. Menurut eks pemain Timnas Senegal, Diomansy Kamara, Mane cuma punya satu cara untuk bisa meraih Ballon d'Or, yakni pergi dari Liverpool.

Sebab Liverpool takkan mampu menjadikan Mane setara Cristiano Ronaldo yang meraih lima Ballon d'Or atau Lionel Messi yang memimpin dengan enam Ballon d'Or. Sementara, Mane cuma finis keempat pada pemilihan tahun lalu.

"Jika Mane menginginkan Ballon d'Or, maka dia harus meninggalkan Liverpool karena klub itu tidak akan mampu membawanya meraih gelar itu, meski sudah tampil luar biasa," ujar Kamara kepada ESPN.


Sejak kali terakhir Cristiano Ronaldo memenangi Ballon d'Or 2008 bersama Manchester United, penghargaan itu bergantian dikuasai Real Madrid dan Barcelona. Luka Modric jadi satu-satunya pemain selain Ronaldo dan Lionel Messi yang jadi pemenang.

"Dia harus terus melanjutkan performanya seperti sekarang, karena dia tinggal sedikit lagi menuju gelar Ballon d'Or, dan menurut saya dia pantas memenanginya tahun ini," sambungnya,

"Dia harus bekerja keras untuk melanjutkan itu dan mungkin harus berganti klub. Sebab kita lihat Liverpool tidak mampu memaksimalkan kekuatan MAane dan orang-orang lebih memilih Virgil van Dijk meski Mane sebenarnya sejajarnya dengan dia serta Mohamed Salah."



Simak Video "'Mane Tak Akan Selamanya di Liverpool'"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com