Juergen Klopp Akhirnya Taklukkan Old Trafford Juga

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 14 Mei 2021 06:30 WIB
Liverpools manager Jurgen Klopp, right, shakes hands with Liverpools Andrew Robertson at the end of the English Premier League soccer match between Manchester United and Liverpool, at the Old Trafford stadium in Manchester, England, Thursday, May 13, 2021. (Michael Regan/Pool via AP)
Juergen Klopp akhirnya menang juga di Old Trafford (AP/Michael Regan)
Manchester -

Kemenangan Liverpool atas Manchester United berarti besar untuk Juergen Klopp. Sebab, Klopp untuk pertama kalinya menaklukkan Old Trafford. Selamat!

Pertandingan ini harusnya dihelat pekan lalu tapi ditunda karena adanya gelombang protes suporter MU. Pada laga Northwest Derby, Jumat (14/5/2021) dini hari WIB, gol Bruno Fernandes sempat bikin Liverpool tertinggal 0-1 di menit ke-10.

Tapi, Liverpool terus menekan dan akhirnya bisa mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-34, sebelum Roberto Firmino membawa timnya berbalik unggul di menit ketiga injury time babak pertama.

Firmino lantas menggandakan golnya dua menit setelah jeda saat membobol gawang Dean Henderson. Marcus Rashford sempat menghidupkan asa MU Untuk bangkit lewat gol di menit ke-68.

Mohamed Salah menegaskan kemenangan timnya dengan skor 4-2 lewat gol di menit ke-90. Hasil yang melegakan Liverpool karena mereka dituntut menang untuk menjaga peluang finis empat besar.

Liverpool memang masih ada di posisi kelima dengan 60 poin dari 35 laga, tapi punya satu laga simpanan ketimbang Chelsea yang unggul empat angka.

Lebih menyenangkan adalah kemenangan ini adalah yang pertama diraih oleh Klopp di kandang MU. Sebab pada enam kesempatan sebelumnya sebagai manajer Liverpool, Klopp paling banter meraih empat hasil imbang dan dua kekalahan.

Itu adalah catatan terburuk Juergen Klopp menghadapi sebuah tim di laga tandang sepanjang kariernya. Selain itu Liverpool akhirnya bisa meraih kemenangan tandang pertama di markas MU sejak Maret 2014. Ketika itu mereka menang 3-0.

"Duel yang sengit, intens, pertandingan bagus - seperti inilah derby harusnya berjalan - dan ini adalah kemenangan pertama saya di Old Trafford. Menurut saya timingnya tepat. Kami membutuhkan ini. Kami pantas mendapatkannya. Bagus semua. Kami sangat membutuhkannya. Laganya begitu intens," ujar Klopp di BBC Sport.

(mrp/ran)