DetikSepakbola
Kamis 10 Jan 2013, 05:20 WIB

Coppa Italia

Juventus Kalahkan Milan Lewat Perpanjangan Waktu

- detikSport
Juventus Kalahkan Milan Lewat Perpanjangan Waktu Getty Images/Valerio Pennicino
Turin - Tertinggal lebih dulu, Juventus akhirnya memetik kemenangan 2-1 atas AC Milan di perempatfinal Coppa Italia. Gol penentu kemenangan Bianconeri<\/em> datang di periode perpanjangan waktu lewat Mirko Vucinic.

Berlaga di Juventus Stadium, Kamis (10\/1\/2013) dinihari WIB, Milan lebih dulu unggul melalui Stephan El Shaarawy di menit enam. Namun kondisi itu tak bertahan lama karena \\\'Si Nyonya Tua\\\' bisa menyamakan kedudukan di menit 12 melalui tendangan bebas Sebastian Giovinco.

Skor 1-1 tersebut bertahan sampai 2 x 45 menit pertandingan, yang memaksa laga berlanjut ke periode perpanjangan waktu. Baru lima menit extra time<\/em> berlangsung Mirko Vucinic menjebol gawang Rossoneri<\/em>, yang menjadi gol terakhir dalam pertandingan tersebut.

Kemenangan ini mengulangi hasil pertemuan kedua tim musim lalu, di mana di babak semifinal Bianconeri <\/em>juga mengalahkan Rossoneri<\/em>. Maju ke semifinal, Andrea Pirlo dkk akan menghadapi Lazio.

Jalannya Pertandingan<\/strong>

Laga baru berjalan tiga menit saat Milan nyaris membuat gol cepat di awal pertandingan. Tendangan jarak jauh Massimo Ambrosini tipis melayang di atas gawang Juventus.

Tiga menit berselang Milan akhirnya benar-benar bisa mencetak gol. Membangun serangan dari sisi kiri, Kevin Prince Boateng melepaskan umpan pada El Shaarawy yang kemudian melepaskan tembakan dari muka kotak penalti. Bola yang diarahkan ke sisi kanan gawang gagal digapai Marco Storari. Milan unggul 1-0.

Namun kondisi tersebut tak bertahan lama karena enam menit kemudkan Juventus sukses menyamakan kedudukan. Mendapat free kick beberapa meter di depan kotak penalti, tendangan yang diambil Giovinco menerjang gawang Milan dan Marco Amelia tak bergeming di posisinya.

Di menit 30 Juventus punya peluang untuk membalikkan keadaan setelah mereka dapat tendangan bebas di tempat yang sama dengan saat terciptanya gol pertama. Giovinco yang kembali mengambil free kick tersebut mengarahkan bola ke posisi yang sama, namun kali ini Amelia bereaksi cepat menepis dengan tangannya.

Memanfaatlan kesalahan Acerbi, Giovinco punya peluang besar membuat Juventus unggul. Namun setelah memenangi sprint dan masuk kotak penalti untuk berhadapan dengan kiper, sepakan yang dia lepaskan masih gagal menemui sasaran.

Di awal babak kedua Juventus lebih dulu punya peluang bikin gol. Dapat umpan pantul dari kepala rekannya, sepakan yang dilepaskan Giovinco terlalu lemah dan bisa dipatahkan oleh Amelia dengan mudah.

Peluang Juventus lainnya datang melalui Stephan Lichtsteiner. Berdiri tak terkawal di tiang jauh, Lichtsteiner sepertinya akan mencetak gol saat dia dapat bola dalam posisi tak terkawal. Namun belum sempat dia melepaskan tendangan, El Shaarawy bergerak cepat melakukan tekel bersih. Selamatlah gawang Milan.

Milan bukannya tanpa peluang. Salah satu yang berhasil dikreasikan tim tamu adalah saat M’Baye Niang menyambar umpan yang dilepas Mattia De Sciglio, malang buatnya karena bola terlalu melebar di tiang jauh.

Di periode injury time babak kedua Milan punya peluang emas bikin gol setelah dapat tendangan bebas hanya beberapa meter di muka kontak penalti. Namun tak ada pemain Milan yang bisa memaksimalkan kesempatan tersebut jadi gol. Skor 1-1 bertahan dan memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Baru lima menit extra time berjalan, Juventus berhasil bikin gol. Dari skenario serangan balik, sontekan Vucinic dari dalam kotak penalti mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Milan punya peluang matang menyamakan kembali skor menjadi 2-2 saat pertandingan masuk menit 118. Namun tendangan first time<\/em> yang dilepaskan Traore tepat mengarah ke dada Storari. Bola yang memantul juga gagal di-rebound<\/em> pemain Milan yang lain.

Susunan Pemain:<\/strong>

Juventus: Storari; Caceres, Bonucci, Barzagli; Lichtsteiner (De Ceglie 84), Vidal, Marrone (Pirlo 77), Giaccherini, Isla; Matri, Giovinco (Vucinic 64)

Milan: Amelia; Abate, Mexes, Acerbi, De Sciglio; Montolivo, Ambrosini (Traore 91), Boateng; Emanuelson (Bojan 70), Pazzini (Niang 70), El Shaarawy

(din/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Napoli Tekuk Chievo 3-1

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 23:16 WIB Napoli langsung bangkit setelah dikalahkan Real Madrid di arena Liga Champions. Partenopei menekuk Chievo dalam lanjutan Serie A dengan skor 3-1.
  • Piala Presiden

    Madura United Akhiri Babak Grup dengan Kemenangan

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 20:59 WIB Kemenangan tipis diraih Madura United di laga terakhir babak grup Piala Presiden 2017. Menghadapi PSCS Cilacap, Madura United memenangi laga dengan skor 1-0.
  • Tentang Kartu Merah Ketiga Balotelli di Nice

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 19:26 WIB Mario Balotelli mendapat kartu merah ketiganya di Nice. Kartu itu didapatnya usai mencaci wasit, kendatipun Balotelli tidak disalahkan pelatihnya.
  • Liga Champions

    Dani Alves Yakin Barca Mampu Comeback

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 16:02 WIB Barcelona dihadapkan tugas mahaberat untuk lolos ke perempatfinal, menyusul kekalahan telak di leg I. Dani Alves tetap yakin Barca bisa memenuhi tugas tersebut.
  • Torehan Seabad Lincoln City

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 13:47 WIB Lincoln City sukses menembus perempatfinal Piala FA untuk menghadirkan torehan istimewa berusia lebih dari 100 tahun alias seabad.
  • Usai 413 Menit, Diego Costa Cetak Gol Lagi

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 08:00 WIB Diego Costa mampu buka puasa gol untuk Chelsea. Penyerang asal Spanyol itu turut menjadi kemenangan The Blues di ajang Piala FA.
  • Jelang Barcelona vs Leganes

    Bisa Bangkit, Barca?

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:56 WIB Luis Enrique ingin Barcelona segera melupakan kekalahan dari Paris Saint Germain. Enrique menantikan reaksi Barca di pertandingan melawan Leganes.
  • Bale Masih Belum 100%

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:11 WIB Gareth Bale masih butuh waktu untuk mengembalikan dirinya ke puncak performa. Tapi itu tak akan menghalangi tekadnya untuk mengantar Real Madrid jadi juara.
  • 'Chelsea Raih Hasil Maksimal karena Tetap Kompak'

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:01 WIB Chelsea harus bersusah payah untuk mengalahkan Wolverhampton Wanderers di laga Piala FA. Hasil disebut sebagai buah dari kekompakan tim asal London barat itu.
  • Sevilla Kalahkan Eibar Dua Gol Tanpa Balas

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 04:53 WIB Sevilla berhasil mengalahkan Eibar dengan skor 2-0 di lanjutan Liga Spanyol, Los Rojiblancos pun menggeser Barcelona di klasemen sementara.
  • Bukan Kemenangan yang Mudah untuk Chelsea

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 04:39 WIB Chelsea memang berhasil menyingkirkan Wolverhampton dari Piala FA. Tapi kemenangan didapat The Blues diraih lewat perjuangan ekstra keras.
  • Duh, Leicester

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 03:23 WIB Penderitaan Leicester City musim ini seperti tiada habisnya. The Foxes baru saja disingkirkan tim divisi ketiga dari ajang Piala FA musim ini.
  • Comeback Spesial Gareth Bale

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 03:07 WIB Tak butuh waktu lama bagi Gareth Bale untuk memberi dampak instan usai merumput lagi setelah absen lama. Satu gol dibuat Bale untuk membantu Real Madrid menang.