DetikSepakbola
Minggu 01 November 2015, 04:50 WIB

Inter Taklukkan 10 Pemain Roma 1-0

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Inter Taklukkan 10 Pemain Roma 1-0 Getty Images Sport/Marco Luzzani
FOKUS BERITA: Inter Milan vs AS Roma
Milan -

Inter Milan mengamankan tiga poin kala menjamu AS Roma. Gol tunggal Gary Medel menjadi satu-satunya pembeda di pertandingan ini.

Di Giuseppe Meazza, Minggu (1/11/2015) dinihari WIB, Inter menjamu Roma yang berstatus pemuncak klasemen. Duel berjalan ketat dengan diwarnai satu kartu merah untuk tim tamu.

Samir Handanovic tampil gemilang di laga ini meski Medel yang menjadi pencetak gol kemenangan di menit ke-31. Handanovic melakukan sejumlah penyelematan krusial untuk timnya.

Roma memang lebih dominan di laga ini dengan penguasaan bola mencapai 59%. Mereka melepaskan total 19 percobaan dengan sembilan mengarah ke gawang. Sedang Inter cuma punya 10 upaya mencetak gol di mana hanya tiga yang tepat sasaran.

Roma bahkan masih terus menekan setelah Miralem Pjanic menerima kartu kuning kedua di menit ke-73. Namun rapatnya pertahan Inter membuat tamunya itu frustrasi.

Dengan kemenangan ini, Inter sementara memuncaki klasemen dengan nilai 24 dari 11 laga. Mereka menggusur Roma yang harus turun ke posisi dua dengan jarak satu angka. Roma masih bisa turun peringkat lagi andai Napoli dan Fiorentina memetik angka penuh di laga ke-11.

Jalannya Pertandingan

Roma menusuk di menit ke-8 lewat Mohamed Salah di kanan. Setelah percobaan umpan silangnya diblok, Salah mencoba menyundul bola pantulan ke arah gawang. Cuma melambung.

Tak berselang lama, Inter membalas lewat tendangan coba-coba Fredy Guarin dari area pertahanan sendiri. Guarin mencoba melepaskan tembakan langsung untuk memanfaatkan posisi Wojciech Szczesny yang maju cukup jauh dari gawang. Szczesny mengantisipasi dengan baik dan menangkap bola.

Peluang apik didapatkan Roma pada menit ke-15. Umpan silang Lucas Digne dari kiri disambut sundulan Edin Dzeko ke pojok kiri bawah gawang. Hanya saja Samir Handanovic masih sigap menepis bola.

Semenit berselang, Inter balas mengancam. Adem Ljajic bekerja sama dengan Ivan Perisic di sisi kanan. Menerima sodoran Ljajic, Perisic kemudian sempat menahan bola sesaat, lalu melepaskan umpan silang ke mulut gawang. Szczesny sempat sedikit menyentuh bola, sehingga berbelok dan gagal disundul Ljajic yang berdiri dalam posisi bebas.

Sebuah serangan bagus dibangun Roma di sisi kanan pada menit ke-23. Maicon menusuk dan menerima umpan di sisi kanan di dalam kotak penalti, sebelum kemudian melepaskan sepakan mendatar.

Handanovic menepis bola, lalu Dzeko mencoba menyambut bola pantulan. Di momen yang tepat, Danilo D'Ambrosio melakukan tekel dan memblok bola.

Tekanan terus dilakukan Roma. Dari sepak pojok, umpan lambung Pjanic disambut sundulan Antonio Ruediger. Cuma melesat ke atas gawang. Berikutnya giliran Salah mengancam Inter lewat tendangan dari sudut sempit di sisi kanan. Cuma menyentuh jala luar.

Di menit ke-31, Inter keluar dari tekanan dan memetik keunggulan. Mendapatkan sodoran dari Stevan Jovetic tak jauh dari kotak penalti, Gary Medel lantas melepaskan tendangan mendatar keras ke pojok kiri bawah yang tak mampu dihentikan Szczesny.

Inter kembali mengancam di menit ke-44. Guarin mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, berakhir di sisi kanan gawang. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Inter.

Roma memberikan ancaman serius untuk Inter di menit ke-52. Dari sepak pojok, bola lambung berhasil disundulnya ke arah gawang. Handanovic sigap menepis bola.

Handanovic melakukan penyelamatan gemilang secara beruntun di menit ke-62. Dia berhasil menepis tembakan terarah Alessandro Florenzi dari depan kotak penalti. Bola pantul disambar Salah, tapi kembali dimentahkan. Bola yang kembali memantul membentur Jeison Murillo dan mengarah ke gawang lagi, tapi Handanovic masih mampu menghalaunya. Ancaman terakhir dilakukan Salah yang menyambut bola, kali ini ditangkap Handanovic.

Roma melanjutkan tekanan di menit ke-67. Umpan sepak pojok Pjanic disambut sundulan Manolas. Belum mengarah ke gawang karena masih sedikit di atas mistar.

Dari sepak pojok, Roma mendapatkan peluang lainnya lima menit berselang. Kali ini Ruediger menyundul, tapi gagal mengarahkannya dengan sempurna dan melebar ke kanan.

Di menit ke-74, Roma harus bermain dengan 10 orang. Pjanic mendapatkan kartu kuning kedua setelah menyentuh bola dengan tangan.

Inter punya peluang menggandakan keunggualn di menit ke-77. Umpan silang Palacio dari kiri disodorkan kepada Brozovic dan disambut tendangan voli. Upayanya mampu dipatahkan Szczesny.

Kalah jumlah pemain, Roma terus berupaya melakukan tekanan ke Inter. Namun mereka kesulitan menembus pertahanan rapat Inter di area kotak penalti. Tak ada lagi gol hingga laga usai.

Susunan pemain:

Inter: Handanovic; D'Ambrosio (Ranocchia 79'), Miranda, Murillo, Nagatomo; Guarin, Medel (Kondogbia 51'), Brozovic; Ljajic, Jovetic (Palacio 65'), Perisic

Roma: Szczesny; Maicon, Manolas, RĂ¼diger, Digne; Florenzi (Falque 64'), Nainggolan, Pjanic; Salah, Dzeko (Vainqueur 78'), Gervinho (Iturbe 84')


(raw/mfi)

FOKUS BERITA: Inter Milan vs AS Roma
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed