DetikSepakbola
Senin 20 Maret 2017, 04:48 WIB

Tertinggal Lebih Dulu, Roma Hantam Sassuolo 3-1

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Tertinggal Lebih Dulu, Roma Hantam Sassuolo 3-1 Foto: REUTERS/Stefano Rellandini
Roma - Poin penuh didapat AS Roma saat menjamu Sassuolo di lanjutan Serie A. Sempat kebobolan lebih dulu, Roma membalikkan keadaan dan menang 3-1 atas tamunya itu.

Dalam pertandingan giornata 29 di Stadion Olimpico, Senin (20/3/2017) dinihari WIB, Roma sempat kewalahan menghadapi serangan Sassuolo. Tekanan yang dilancarkan tim tamu beberapa kali mengancam gawang tuan rumah.

Roma lantas tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Gregoire Defrel di menit kesembilan. Berselang tujuh menit, Roma menyamakan skor lewat tendangan Leandro Paredes dari luar kotak penalti.

Kendati kerap diserang, Roma justru mampu membalikkan keadaan. Di masa injury time babak pertama Mohamed Salah membawa Roma berbalik memimpin setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Stephan El Shaarawy yang digagalkan Andrea Consigli.

Di babak kedua, masuknya Edin Dzeko menambah daya gedor Roma. Hasilnya, striker asal Bosnia Herzegovina itu mencetak gol di menit ke-68 untuk memantapkan kemenangan Roma.

Dengan hasil ini, Roma kembali ke peringkat dua dengan 65 poin dari 29 pertandingan. Giallorossi masih tertinggal delapan angka dari Juventus. Sementara itu, Sassuolo turun ke posisi 15 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan terbuka sejak menit awal. Roma sempat mendapat peluang saat laga memasuki menit ketiga. Memanfaatkan backpass yang buruk dari Timo Letschert, Mohamed Salah menyambar bola dan memaksa Andrea Consigli melakukan penyelamatan.

Tak lama berselang, giliran Sassuolo yang mengancam gawang Roma. Umpan Domenico Berardi disambut sepakan kaki kanan Gregoire Defrel. Tapi upaya Defrel itu masih belum tepat sasaran.

Defrel kemudian membuka keunggulan Sassulo di menit kesembilan. Menerima umpan tarik Berardi dari sisi kiri, Defrel yang berdiri bebas di kotak penalti melepaskan tendangan ke pojok kiri atas gawang Roma dan tak bisa dijangkau oleh Wojciech Szczesny.

Hanya berselang beberapa menit, Defrel nyaris kembali membobol gawang Roma lewat skema serangan yang tak jauh berbeda. Tapi kali ini sepakannya masih melebar dari gawang.

Roma sempat menyamakan skor lewat sepakan Salah dari jarak dekat. Tapi gol itu dianulir wasit karena Stephan El Shaarawy ada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan sebelum mengoper kepada Salah.

Roma akhirnya benar-benar menyamakan kedudukan di menit ke-16. Tembakan keras Leandro Paredes dari luar kotak penalti meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang Sassuolo.

Laga terbuka membuat kedua tim bergantian menciptakan peluang. Roma nyaris berbalik unggul andai tendangan Emerson Palmieri tak menerpa mistar gawang. Sementara itu, dari serangan balik, Sassuolo mengancam lewat Matteo Politano yang menerima umpan terobosan dari Defrel. Tapi sepakan Politano dihalau Szczesny dengan kakinya.

Serangan Sassuolo beberapa kali membuat Szczesny harus bekerja keras. Kiper asal Polandia itu menepis sepakan tumit Defrel serta menghalau tendangan Politano.

Tapi justru Roma yang akhirnya berbalik unggul. Di masa injury time babak pertama, tuan rumah membalikkan keadaan lewat sepakan Salah dari jarak dekat. Gol ini berawal dari umpan terobosan Federico Fazio yang jatuh ke kaki El Shaarawy. Sepakan El Shaarawy bisa digagalkan Consigli, tapi bola muntah langsung dimaksimalkan oleh Salah.

Di babak kedua, Sassuolo yang tertinggal mengambil inisiatif menyerang. Tekanan yang dilancarkan tim tamu memaksa Roma lebih banyak bertahan. Tapi lewat serangan balik, Roma sempat mengancam gawang Sassuolo. Hanya saja tendangan kaki kanan Salah ke arah tiang jauh masih melebar dari gawang.

Untuk menambah daya gedor, Roma memasukkan Edin Dzeko di menit ke-60 dan menarik keluar Bruno Peres. Striker asal Bosnia itu nyaris langsung memberi dampak, tapi sundulannya meneruskan sebuah sepak pojok masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Dzeko kembali menghadirkan ancaman untuk gawang Sassuolo tak lama kemudian. Dia menyambut bola hasil sepak pojok dengan tendangan first time. Tapi kali ini Consigli bisa menggagalkannya.

Dzeko pada akhirnya benar-benar membobol gawang Sassuolo di menit ke-68. Dia menuntaskan kerja sama satu-dua dengan Strootman dengan sebuah sepakan kaki kanan.

Kesalahan lini belakang Sassuolo nyaris berbuah gol keempat untuk Roma. Bola operan Cristian Dell'Orco yang tidak sempurna memberi kesempatan kepada Dzeko untuk mencetak gol. Tapi tendangan Dzeko diblok oleh Consigli.

Roma pada akhirnya memegang kendali penuh pada permainan. Sementara itu, Sassuolo perlahan meredup dan tak seberbahaya di babak pertama. Skor 3-1 untuk Roma akhirnya bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Roma: Szczesny; Rudiger, Fazio, Manolas; Peres (Dzeko 60), Paredes (De Rossi 86), Strootman, Emerson; Nainggolan, Salah (Perotti 75); El Shaarawy

Sassuolo: Consigli; Letschert (Lirola 46), Acerbi, Peluso, Dell'Orco; Pellegrini, Missiroli (Ricci 69), Duncan; Berardi, Defrel (Matri 57), Politano


(nds/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • 20Detik

    Tiga Gol Kemenangan Bayern di Markas Hannover

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 11:16 WIB Meski sudah resmi menjadi juara Bundesliga, Bayern Munich tetap tampil hebat. Die Roten mempermalukan tuan rumah Hannover 96 dengan skor 3-0.
  • Starting XI Terbaik Arsene Wenger di Arsenal

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 13:41 WIB Arsene Wenger punya sejumlah pemain top yang pernah dan masih ia tangani di Arsenal. Sulit memilih 11 saja tapi ini gambaran starting XI terbaiknya di Arsenal.
  • Messi dan Iniesta Sudah Punya 31 Trofi di Barca

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 10:55 WIB Dari awal Barcelona mulai mencuat lagi di Eropa, cuma tinggal Lionel Messi dan Andres Iniesta yang tersisa. Kini keduanya sudah punya total 31 trofi bersamaan.
  • Foto Sepakbola

    Keseruan Meyambut Piala Dunia di CFD

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 10:39 WIB Kurang dari dua bulan lagi Piala Dunia 2018 akan bergulir. Untuk menyambutnya, CT Corp menggelar acara sejumlah acara di Car Free Day.
  • Messi Kuasai Kota Madrid Semalam

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 10:18 WIB Lionel Messi memperlihatkan performa brilian ketika Barcelona menghajar Sevilla 5-0. Ia tampil tanpa cela dan memberikan gelar pertama Barca musim ini.
  • 20Detik

    Gol-gol MU saat Kandaskan Tottenham

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 10:15 WIB Manchester United sukses melaju ke babak final Piala FA usai mengalahkan Tottenham Hotspur di babak semifinal dengan skor akhir 2-1.
  • Suarez Selalu Moncer di Laga Final Bareng Barca

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 10:05 WIB Barcelona punya senjata rahasia selain Lionel Messi jika berlaga di partai final. Dia adalah Luis Suarez yang baru saja bikin catatan apik. Apa itu?
  • 20Detik

    Statistik Barcelona saat Menang Mudah atas Sevilla

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 09:44 WIB Barcelona dengan mudah meraih gelar juara Copa del Rey musim ini. Menghadapi Sevilla di final, Blaugrana menang telak 5-0 atas tim asuhan Vincenzo Montella itu.
  • Foto: Barcelona Angkat Trofi Copa del Rey

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 08:43 WIB Trofi Copa del Rey musim ini sudah berada dalam genggaman Barcelona. Blaugrana mendapatkannya dengan amat meyakinkan: mencukur Sevilla 5-0 di partai final.
  • Final yang Sempurna untuk Barcelona

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 08:43 WIB Barcelona menjuarai Copa del Rey usai menang telak atas Sevilla. Los Cules disebut menjalani laga final yang sempurna.
  • Sisa Musim Akan Terasa Pahit untuk Spurs

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 08:14 WIB Tottenham Hotspur kehilangan satu-satunya kans tersisa untuk meraih trofi musim ini. Harry Kane menyebut kekalahan dari Manchester United begitu menyakitkan.
  • Ditekuk Tim Juru Kunci, Performa Milan Memalukan

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 05:17 WIB AC Milan menelan kekalahan 0-1 saat menghadapi Benevento yang notabene tim juru kunci. Performa Rossoneri, terlebih di kandang sendiri, dinilai memalukan.
  • Jungkalkan Spurs, MU ke Final Piala FA

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:46 WIB Manchester United lolos ke final Piala FA usai mengalahkan Tottenham Hotspur. Sempat tertinggal, The Red Devils menang 2-1 atas The Lilywhites di Wembley.
  • Pochettino Akui MU Bertahan dengan Baik

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 05:00 WIB Tottenham Hotspur tersingkir dari ajang Piala FA 201/2018. Ditaklukkan Manchester United di semifinal, mereka mengakui kebebatan bek The Red Devils.
  • Mourinho: MU Memang Layak ke Final

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 03:50 WIB Manchester United melaju ke laga puncak final Piala FA 2018. Jose Mourinho menyebut bahwa The Red Devils memang layak lolos ke babak final.
  • Milan Dipermalukan Benevento di San Siro

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 03:44 WIB AC Milan harus mengakui ketangguhan Benevento di pekan ke-34 Liga Italia. Rossonerri kalah 0-1 atas tim promosi itu di San Siro
  • Alexis Sanchez Meledak di Waktu yang Tepat

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:09 WIB Alexis Sanchez tampil gemilang saat Manchester United memetik kemenangan atas Tottenham Hotspur di semifinal Piala FA. Dia seakan meledak di saat yang tepat.
  • Reus Dua Gol, Dortmund Hajar Leverkusen 4-0

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:06 WIB Borussia Dortmund memetik kemenangan telak saat menjamu Bayer Leverkusen. Die Borussen menang 4-0 dengan dua gol di antaranya dicetak Marco Reus.
  • Liverpool Tersandung di Markas WBA

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 22:15 WIB Liverpool meraih hasil imbang saat melawat ke markas West Bromwich Albion. Sempat memimpin dua gol, The Reds mengakhiri laga dengan skor 2-2.
  • Fokus dan Mentalitas Roma Dipuji

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 01:15 WIB Pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco memuji fokus dan mentalitas timnya usai mengatasi SPAL 3-0. Roma tak terpengaruh laga lawan Liverpool di tengah pekan.