sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Apr 2011 23:40 WIB

Leonardo: Kegagalan Bukan Berarti Perombakan Total

- detikSport
Milan - Kecil kemungkinan bagi Inter Milan untuk bisa mengulang prestasi musim lalu. Namun pelatih Inter Leonardo mengatakan bahwa kegagalan musim ini bukan berarti Nerazzuri harus melakukan perombakan total guna menghadapi musim berikutnya.

Musim ini Inter dipastikan gagal mengulang raihan treble musim lalu. Setelah sebelumnya kandas di Liga Champions, gelar juara Seri A musim ini kemungkinan besar bakal lepas dari tangan Nerazzuri. Pasalnya AC Milan sebagai pemimpin klasemen itu tinggal butuh empat poin lagi untuk meraih perisai scudetto.

Bila itu terjadi, maka ini untuk kali pertama juara Seri A diraih klub selain Inter Milan. I Biscione sendiri merupakan peraih scudetto dalam lima musim terakhir.

Pelatih Inter Leonardo mengatakan kegaaglan meraih juara Liga Italia musim ini bukan berarti dominasi La Beneamata berakhir.

"Saya tidak yakin bahwa siklus Inter sudah berakhir. Di waktu lalu, siklus Milan sepertinya sudah bakal berakhir. Dan sekarang mereka semakin dekat dengan scudetto dengan materi pemain yang hampir sama dengan empat tahun lalu," ujar pelatih asal Brasil itu seperti dikutip dari Football-Italia.

Suksesor Rafael Benitez itu menegaskan bahwa prestasi yang diraih Inter dalam beberapa waktu belakangan ini tidak bisa begitu saja dilupakan.

"Inter masih ada di posisi kedua klasemen sementara dan masih punya kesempatan di Coppa Italia setelah memenangi Piala Dunia Antarklub dan treble musim lalu. Hasil-hasil di waktu lalu tak begitu saja bisa dihapuskan."

Leonardo menambahkan bahwa kegagalan meraih gelar Seri A musim ini bukan berarti harus dilakukan revolusi total dalam tubuh tim. "Apakah itu berarti kami harus mengganti seluruh 25 pemain yang ada di skuad ini? Saya tidak yakin bahwa kami akan mengganti 15 hingga 25 pemain," jelas dia.

Kondisi Inter tidak jarang membuat posisi Leonardo di kursi pelatih dipersoalkan. Mengenai hal ini, mantan pelatih AC Milan itu berkata: "Untuk saya tidak ada yang berubah. Saya merasa lebih kuat dibanding sebelumnya. Memang, hal negatif bisa membuat Anda semakin lemah atau semakin kuat. Untuk saya, hal-hal itu membuat saya semakin kuat."







(nar/nar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com