DetikSepakbola
Rabu 05 April 2017, 03:00 WIB

Bayern Tumbang di Kandang Hoffenheim

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Bayern Tumbang di Kandang Hoffenheim Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Hoffenheim - Rentetan tidak terkalahkan Bayern Munich akhirnya berhenti. Bayern menyerah dengan skor akhir 0-1 saat melawat ke markas Hoffenheim dalam lanjutan Bundesliga.

Pada pertandingan di Rhein-Neckar Arena, Rabu (5/4/2017) dinihari WIB, Hoffenheim mendominasi babak pertama. Gol Andrej Kramaric di menit 21 menjadi penentu hasil pertandingan.

Dalam situasi tertinggal, Bayern bermain lebih baik di babak kedua. Sejumlah peluang bagus tercipta, tapi Bayern tidak mampu meruntuhkan pertahanan solid Hoffenheim yang didukung penampilan apik kiper Oliver Baumann.

Hasil ini menandai kekalahan kedua Bayern di liga setelah sebelumnya kalah di markas Borussia Dortmund dengan skor serupa November 2016 silam. Kekalahan ini turut menyudahi rentetan tidak terkalahkan Die Roten yang berjalan 15 pertandingan.

Meski begitu, Bayern masih nyaman di puncak klasemen dengan perolehan 65 poin, masih unggul 13 poin dari rival terdekatnya RB Leipzig yang baru akan bertanding Kamis (6/4) dinihari WIB. Sedangkan Hoffenheim tetap di urutan ketiga dengan 51 poin, tertinggal satu angka dari Leipzig dan unggul satu angka dari Dortmund di urutan empat.


Jalannya Pertandingan

Baru dua menit pertandingan berjalan, Hoffenheim menghadirkan ancaman. Dari serangan balik, Andrej Kramaric lolos dari perangkap offside dan berhasil menjangkau kotak penalti Bayern. Saat berhadapan dengan Sven Ulreich, Rafinha melakukan intersepsi untuk menghalau tembakan Kramaric.

Bayern masih sulit keluar dari tekanan Hoffenheim. Di menit kedelapan, Kramaric kembali mengancam gawang Bayern, setelah sepakan mendatarnya ke tiang jauh melebar tipis.

Hanya beberapa saat kemudian, Hoffenheim membuang peluang menciptakan gol. Kerem Demirbay dan Nadiem Amiri menembus pertahanan Bayern tapi saat tinggal berhadapan dengan Ulreich, sepakan Amiri bisa diselamatkan.

Bayern kesulitan membuat peluang. Arturo Vidal menemui umpan silang David Alaba di tiang jauh, meskipun bisa menjangkau bola tapi si gelandang tak mampu mengarahkannya ke sasaran.

Hoffenheim akhirnya mendapatkan golnya di menit 21. Kramaric menggiring bola di antara Vidal dan Renato Sanches, sebelum melepaskan tembakan voli keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Ulreich. Hoffenheim memimpin Bayern 1-0.

Hoffenheim memanfaatkan Bayern yang belum mendapatkan ritme permainannya. Lima menit menjelang waktu normal babak pertama habis, peluang tim tuan rumah kembali tercipta.

Amiri, Sebastian Rudy, dan Kramaric melahirkan kombinasi permainan apik di sisi kiri. Sodoran Kramaric diterima Demirbay di dalam kotak penalti yang diteruskan dengan sepakan ke tiang jauh. Ulreich berjibaku menepis bola.

Bayern akhirnya mendapatkan peluang emas pertamanya di menit 44. Akselerasi Kingsley Coman di sisi kiri diakhiri dengan sodoran pendek yang menemui Robert Lewandowski di depan gawang. Sayangnya, sontekan Lewandowski melambung lalu mengenai mistar gawang.

Bayern mengendalikan tempo permainan di awal babak kedua. Sebuah peluang tercipta di menit 55, setelah sodoran Robben kepada Lewandowski diteruskan dengan tembakan dari tepi kotak penalti Hoffenheim. Oliver Baumann masih bisa menghalaunya untuk menjadikan sepak pojok.

Lima menit kemudian, Baumann melakukan penyelamatan penting untuk meredam serangan Bayern. Lewandowski mengirim umpan terobosan yang diterima Coman. Dalam situasi satu lawan satu, Baumann maju untuk memaksa Coman melakukan tembakan lebih awal sehingga bola meleset.

Setelah cukup lama tertekan, Hoffenheim nyaris menciptakan gol keduanya di menit 67. Dari umpan silang di sisi kiri, bola jatuh di jalur Kramaric yang dikawal dua pemain Bayern. Namun, sepakannya dari jarak dekat malah melambung.

Masuknya Franck Ribery membuat serangan Bayern kian berbahaya. Mendapatkan bola liar di dalam kotak, sepakan Ribery ke sudut bawah gawang diselamatkan Baumann. Kemudian, sepak pojok Alaba disambut Mats Hummels dengan sundulan ke tiang jauh namun Rudy mampu menyapu bola di garis gawang.

Bayern mulai kehabisan waktu. Hoffenheim lebih banyak menumpuk pemainnya di lini belakang demi mempertahankan keunggulan sembari melakukan serangan balik.

Di masa injury time, kemelut di depan gawang Hoffenheim yang diakhiri dengan sepakan Juan Bernat. Bola membentur dinding hidup Hoffenheim, Xabi Alonso meneruskan dengan sepakan dari luar kotak yang melambung.

Tekanan terus dilancarkan Bayern. Umpan lambung Alonso diteruskan Hummels dengan sundulan yang jatuh di jalur Lewandowski. Striker Polandia itu meneruskannya dengan sepakan kaki kanan dan bola bergulir melenceng tipis dari gawang Hoffenheim setelah ditepis Baumann.

Waktu permainan habis. Hoffenheim berhak atas kemenangan 1-0 dari Bayern.



Susunan Pemain

HOFFENHEIM: Baumann, Huebner, Toljan, Suele, Rudy (Terrazzino 75'), Zuber, Vogt, Demirbay (Schwegler 62'), Amiri, Wagner (Szalai 62'), Kramaric

BAYERN MUNICH: Ulreich, Rafinha, Hummels, Alaba (Bernat 75'), Robben, Xabi Alonso, Javi Martinez, Vidal, Renato Sanches (Ribery 72'), Lewandowski, Coman
(rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Piala FA

    Spurs Ditahan Tim Divisi Tiga Liga Inggris

    Sepakbola | Senin 19 Februari 2018, 01:33 WIB Tottenham Hotspur gagal menang saat menjalani babak kelima ajang Piala FA 2018. The Lilywhites seri 2-2 saat melawan tim League One, Rochdale.
  • Atletico Tundukkan Bilbao 2-0

    Sepakbola | Senin 19 Februari 2018, 00:16 WIB Rangkaian kemenangan Atletico Madrid di La Liga 2017/18 berlanjut. Atletico berhasil meraup angka penuh setelah menumpas Athletic Bilbao dengan skor 2-0.
  • Starting XI Pesepakbola dengan Shio Anjing

    Sepakbola | Sabtu 17 Februari 2018, 11:57 WIB Memasuki tahun Anjing Tanah menurut penanggalan China, usai Imlek tanggal 16 Februari 2018, berikut starting XI pesepakbola yang juga lahir di tahun-tahun ayam.
  • Hazard Bosan dengan Rumor Madrid

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 23:10 WIB Bintang sepakbola Chelsea Eden Hazard terus dihubungkan dengan kepindahan ke Real Madrid. Hazard sampai bosan merespons rumor tersebut.
  • Reaksi Bagus Juve Setelah Seri Lawan Spurs

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 21:59 WIB Juventus memetik hasil bagus saat berduel dengan Torino di lanjutan Liga Italia. Hal itu disebut menjadi reaksi yang bagus usai seri melawan Tottenham Hotspur.
  • Ini Dia Lelucon Logo Baru Malang United

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 17:04 WIB Malang United membuat sayembara berhadiah Rp 1 juta untuk membuat logo baru. Namun klub Liga 3 itu malah mendapat ejekan netizen. Seperti apa?
  • Pemprov Jakarta Ikut Tanggung Jawab Kerusakan GBK

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 19:50 WIB Kemenangan Persija Jakarta dinodai dengan perusakkan fasilitas Stadion Gelora Bung Karno oleh suporter. Pemerintah DKI Jakarta bakal ikut bertanggung jawab.
  • Infografis

    Yang Terbaik di Piala Presiden 2018

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 19:32 WIB Piala Presiden 2018 sudah tuntas. Tim serta pemain terbaik pun sudah dipilih. Siapa saja?
  • Sudah 30 Gol, Salah Ingin Lebih Lagi

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 19:23 WIB Mohamed Salah tak puas hanya mencetak 30 gol. Pemain sayap Liverpool itu ingin membuat gol lebih banyak lagi sampai musim berakhir.
  • Jelang Liga Champions

    Conte Sudah Kantongi Kelemahan Barcelona

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 18:58 WIB Manajer Chelsea Antonio Conte sudah memperlajari kelemahan Barcelona jelang duel di Liga Champions. Conte pun akan meminta Chelsea untuk mengeksploitasinya.
  • Joko Driyono Jadi Plt Ketum PSSI

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 18:14 WIB PSSI sudah menunjuk pelaksana tugas harian Ketua Umum usai ditinggal Edy Rahmayadi yang cuti pilkada. Dia adalah Djoko Driyono.
  • Foto Sepakbola

    Aksi Jakmania Nyebur di Kolam Balai Kota

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 18:06 WIB Suporter Persija Jakarta The Jakmania memadati area depan Balai Kota Jakarta. Sebagian massa Jakmania ada yang nyebur di kolam air mancur Balai Kota.
  • Anies Ingin Wujudkan Stadion Baru untuk Persija

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 17:55 WIB Gubernur DKI Anies Baswedan menyambut Persija dan Jakmania. Di hadapan Jakmania, Anies berharap stadion untuk Persija segera terwujud agar bisa main di ibukota.
  • Foto Sepakbola

    Balai Kota Sambut Sang Juara Piala Presiden

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 17:31 WIB Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut para pemain Persija Jakarta di Balai Kota. Rombongan pemain Persija tiba usai konvoi dari GBK.
  • The Jakmania Menyelimuti Balaikota

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 16:34 WIB Ribuan pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, menyelimuti Balaikota DKI Jakarta. Mereka mendampingi tim kesayangannya yang mengarak trofi Piala Presiden 2018.
  • Medali Juara Piala Presiden Milik Bepe Hilang

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 15:37 WIB Ada cerita tak mengenakkan untuk penyerang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, usai final Piala Presiden semalam. Bepe kehilangan medali juaranya.
  • Jelang Derby Turin

    Bisakah Torino Memutus Dominasi Juventus?

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 15:37 WIB Derby della Mole atau Derby Turin akan tersaji di Serie A akhir pekan ini. Berikut adalah catatan head to head antara Torino dan Juventus.
  • Persija Yakin Bisa Gunakan GBK di Piala AFC

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 15:03 WIB Aksi perusakan SUGBK oleh The Jak Mania bisa mengancam peluang Persija Jakarta berkandang di sana saat Piala AFC. Tapi, kubu Persija tetap opmistis.
  • Sialnya Andrea Ranocchia (dan Inter Milan)

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 15:01 WIB Inter Milan tumbang 0-2 di markas Genoa. Inter sedang tak dinaungi Dewi Fortuna karena gawangnya bobol oleh gol bunuh diri Andrea Ranocchia.
  • Foto Sepakbola

    Potret 'Babak Belur' GBK Hari Ini

    Sepakbola | Minggu 18 Februari 2018, 13:40 WIB Semboyan 'Ayo Jaga GBK' seperti cuma jargon belaka usai perhelatan final Piala Presiden semalam. Berikut foto-foto penampakan 'babak belur' GBK hari ini.