DetikSepakbola
Rabu 05 April 2017, 03:00 WIB

Bayern Tumbang di Kandang Hoffenheim

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Bayern Tumbang di Kandang Hoffenheim Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Hoffenheim - Rentetan tidak terkalahkan Bayern Munich akhirnya berhenti. Bayern menyerah dengan skor akhir 0-1 saat melawat ke markas Hoffenheim dalam lanjutan Bundesliga.

Pada pertandingan di Rhein-Neckar Arena, Rabu (5/4/2017) dinihari WIB, Hoffenheim mendominasi babak pertama. Gol Andrej Kramaric di menit 21 menjadi penentu hasil pertandingan.

Dalam situasi tertinggal, Bayern bermain lebih baik di babak kedua. Sejumlah peluang bagus tercipta, tapi Bayern tidak mampu meruntuhkan pertahanan solid Hoffenheim yang didukung penampilan apik kiper Oliver Baumann.

Hasil ini menandai kekalahan kedua Bayern di liga setelah sebelumnya kalah di markas Borussia Dortmund dengan skor serupa November 2016 silam. Kekalahan ini turut menyudahi rentetan tidak terkalahkan Die Roten yang berjalan 15 pertandingan.

Meski begitu, Bayern masih nyaman di puncak klasemen dengan perolehan 65 poin, masih unggul 13 poin dari rival terdekatnya RB Leipzig yang baru akan bertanding Kamis (6/4) dinihari WIB. Sedangkan Hoffenheim tetap di urutan ketiga dengan 51 poin, tertinggal satu angka dari Leipzig dan unggul satu angka dari Dortmund di urutan empat.


Jalannya Pertandingan

Baru dua menit pertandingan berjalan, Hoffenheim menghadirkan ancaman. Dari serangan balik, Andrej Kramaric lolos dari perangkap offside dan berhasil menjangkau kotak penalti Bayern. Saat berhadapan dengan Sven Ulreich, Rafinha melakukan intersepsi untuk menghalau tembakan Kramaric.

Bayern masih sulit keluar dari tekanan Hoffenheim. Di menit kedelapan, Kramaric kembali mengancam gawang Bayern, setelah sepakan mendatarnya ke tiang jauh melebar tipis.

Hanya beberapa saat kemudian, Hoffenheim membuang peluang menciptakan gol. Kerem Demirbay dan Nadiem Amiri menembus pertahanan Bayern tapi saat tinggal berhadapan dengan Ulreich, sepakan Amiri bisa diselamatkan.

Bayern kesulitan membuat peluang. Arturo Vidal menemui umpan silang David Alaba di tiang jauh, meskipun bisa menjangkau bola tapi si gelandang tak mampu mengarahkannya ke sasaran.

Hoffenheim akhirnya mendapatkan golnya di menit 21. Kramaric menggiring bola di antara Vidal dan Renato Sanches, sebelum melepaskan tembakan voli keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Ulreich. Hoffenheim memimpin Bayern 1-0.

Hoffenheim memanfaatkan Bayern yang belum mendapatkan ritme permainannya. Lima menit menjelang waktu normal babak pertama habis, peluang tim tuan rumah kembali tercipta.

Amiri, Sebastian Rudy, dan Kramaric melahirkan kombinasi permainan apik di sisi kiri. Sodoran Kramaric diterima Demirbay di dalam kotak penalti yang diteruskan dengan sepakan ke tiang jauh. Ulreich berjibaku menepis bola.

Bayern akhirnya mendapatkan peluang emas pertamanya di menit 44. Akselerasi Kingsley Coman di sisi kiri diakhiri dengan sodoran pendek yang menemui Robert Lewandowski di depan gawang. Sayangnya, sontekan Lewandowski melambung lalu mengenai mistar gawang.

Bayern mengendalikan tempo permainan di awal babak kedua. Sebuah peluang tercipta di menit 55, setelah sodoran Robben kepada Lewandowski diteruskan dengan tembakan dari tepi kotak penalti Hoffenheim. Oliver Baumann masih bisa menghalaunya untuk menjadikan sepak pojok.

Lima menit kemudian, Baumann melakukan penyelamatan penting untuk meredam serangan Bayern. Lewandowski mengirim umpan terobosan yang diterima Coman. Dalam situasi satu lawan satu, Baumann maju untuk memaksa Coman melakukan tembakan lebih awal sehingga bola meleset.

Setelah cukup lama tertekan, Hoffenheim nyaris menciptakan gol keduanya di menit 67. Dari umpan silang di sisi kiri, bola jatuh di jalur Kramaric yang dikawal dua pemain Bayern. Namun, sepakannya dari jarak dekat malah melambung.

Masuknya Franck Ribery membuat serangan Bayern kian berbahaya. Mendapatkan bola liar di dalam kotak, sepakan Ribery ke sudut bawah gawang diselamatkan Baumann. Kemudian, sepak pojok Alaba disambut Mats Hummels dengan sundulan ke tiang jauh namun Rudy mampu menyapu bola di garis gawang.

Bayern mulai kehabisan waktu. Hoffenheim lebih banyak menumpuk pemainnya di lini belakang demi mempertahankan keunggulan sembari melakukan serangan balik.

Di masa injury time, kemelut di depan gawang Hoffenheim yang diakhiri dengan sepakan Juan Bernat. Bola membentur dinding hidup Hoffenheim, Xabi Alonso meneruskan dengan sepakan dari luar kotak yang melambung.

Tekanan terus dilancarkan Bayern. Umpan lambung Alonso diteruskan Hummels dengan sundulan yang jatuh di jalur Lewandowski. Striker Polandia itu meneruskannya dengan sepakan kaki kanan dan bola bergulir melenceng tipis dari gawang Hoffenheim setelah ditepis Baumann.

Waktu permainan habis. Hoffenheim berhak atas kemenangan 1-0 dari Bayern.



Susunan Pemain

HOFFENHEIM: Baumann, Huebner, Toljan, Suele, Rudy (Terrazzino 75'), Zuber, Vogt, Demirbay (Schwegler 62'), Amiri, Wagner (Szalai 62'), Kramaric

BAYERN MUNICH: Ulreich, Rafinha, Hummels, Alaba (Bernat 75'), Robben, Xabi Alonso, Javi Martinez, Vidal, Renato Sanches (Ribery 72'), Lewandowski, Coman
(rin/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Foto Bola

    Leroy Sane Unjuk Gigi, City Lolos ke Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 14:42 WIB Manchester City lolos ke babak keempat Piala Liga Inggris setelah menyingkirkan West Bromwich Albion dengan skor 2-1. Dua gol City diborong oleh Leroy Sane.
  • Magis Messi di Camp Nou

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 12:37 WIB Lionel Messi masih menyihir Camp Nou. Daya magis Messi membuatnya kini sudah mengoleksi 300 gol untuk Barcelona di kandangnya.
  • Foto Bola

    Setan Merah Melaju Mulus di Piala Liga Inggris

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 13:00 WIB Manchester United secara meyakinkan menghempaskan Burton Albion 4-1 di babak ketiga Piala Liga Inggris. Manajer MU Jose Mourinho puas dengan performa timnya.
  • Anak Baru di PSG, Neymar Harus Hormati Cavani

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 12:52 WIB Sebagai pendatang baru di Paris St-Germain, Neymar tidak perlu berebut penalti dengan Edinson Cavani. Neymar seharusnya menghormati Cavani.
  • Liverpool Langsung Tersingkir dari Piala Liga

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 09:39 WIB Liverpool tak bisa melaju jauh di Piala Liga Inggris musim ini. The Reds tersingkir di babak ketiga setelah dikalahkan Leicester City 0-2.
  • Musim Masih Panjang, Madrid Bisa Kejar Barca

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 12:05 WIB Real Madrid diminta tidak panik dengan ketertinggalannya dari Barcelona saat ini. Musim masih panjang dan El Real bisa bangkit mengejar rivalnya itu.
  • Ada Apa Denganmu, Higuain?

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 11:12 WIB Lima laga Serie A berlalu, Gonzalo Higuain masih saja sulit mencetak gol. Sebenarnya ada apa dengan penyerang Juventus tersebut?
  • Madrid Sedang Melempem di Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 10:19 WIB Real Madrid belum juga menang di Santiago Bernabeu di La Liga 2017/2018. Ini menjadi start terburuk Madrid di kandang dalam lebih dari 20 tahun.
  • Juventus Masih Sempurna di Serie A

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 09:26 WIB Juventus melanjutkan start sempurna mereka di Serie A musim ini. Bianconeri meraih kemenangan kelima setelah mengatasi perlawanan Fiorentina dengan skor 1-0.
  • Ronaldo Kembali, Madrid Kalah di Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 08:52 WIB Comeback Cristiano Ronaldo di kompetisi domestik berakhir pahit. Real Madrid dipermalukan Real Betis 0-1 di Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga.
  • Guardiola Akui West Brom Amat Menyulitkan

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 08:04 WIB Manajer Manchester City Pep Guardiola bisa bernapas lega setelah timnya mengalahkan West Brom. Guardiola mengakui cara main West Brom amat merepotkan.
  • Montella Sebut Milan Jalani Start Positif

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:53 WIB AC Milan mengantongi angka penuh setelah mengalahkan SPAL dalam lanjutan Serie A. Kemenangan itu menandakan Milan memiliki start positif di musim ini.
  • Juventus Langsung Alihkan Fokus ke Derby Turin

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:30 WIB Juventus tak punya banyak waktu untuk merayakan kemenangan atas Fiorentina. Bianconeri sudah ditunggu laga derby Turin pada akhir pekan ini.
  • Guendogan Cedera Lagi

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:11 WIB Malang nian nasib Ilkay Guendogan. Usai kembali ke starting XI Manchester City, Guendogan dibekap cedera lutut lagi meski diklaim tidak serius.
  • Hasil Liga Italia

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 06:27 WIB Juventus dan Napoli menjadi dua tim yang masih sempurna hingga pekan kelima. AS Roma dan AC Milan juga menang, sedangkan Inter Milan mendapatkan hasil imbang.
  • Roma Tampil Bagus, tapi Mentalitas Disoroti

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 06:39 WIB Penampilan AS Roma dinilai sudah cukup memuaskan saat melibas Benevento 4-0. Tapi ada situasi-situasi yang disebut Eusebio Di Francesco perlu diperbaiki.
  • Piala Liga Inggris

    Chelsea Jumpa Everton di Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:57 WIB Undian babak keempat Piala Liga Inggris mempertemukan Chelsea dan Everton. Sementara itu, Arsenal dan Man City akan mendapatkan lawan dari Divisi Championship.
  • Performa Setan Merah Puaskan Mourinho

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:57 WIB Manchester United secara meyakinkan menghempaskan Burton Albion 4-1 di babak ketiga Piala Liga Inggris. Manajer MU Jose Mourinho puas dengan performa timnya.
  • Setelah 512 Hari, Real Madrid Gagal Bikin Gol

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:43 WIB Sudah lama sejak Real Madrid tak bisa bikin gol dalam satu pertandingan. Real Betis baru saja membuat Los Blancos memulai lagi hitungannya.
  • Hasil Piala Liga Inggris

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:10 WIB Babak ketiga Piala Liga Inggris telah selesai digelar. Tim-tim besar sukses melewati babak ini, kecuali Liverpool yang langsung tersingkir.
  • Madrid Dijegal Betis di Santiago Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:04 WIB Real Madrid gagal melanjutkan momentumnya di Liga Spanyol. Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Los Blancos kalah dari Real Betis 0-1.
  • Piala Liga Inggris

    Dua Gol Sane Antarkan City ke Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:31 WIB Manchester City lolos ke babak keempat Piala Liga Inggris setelah menyingkirkan West Bromwich Albion dengan skor 2-1. Dua gol City diborong oleh Leroy Sane.
  • Piala Liga Inggris

    Gol Tunggal Walcott Loloskan Arsenal

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:31 WIB Arsenal berhasil lolos ke babak keempat. Menyusul kemenangan tipis atas tim divisi tiga Doncaster Rovers dengan skor 1-0, berkat gol tunggal Theo Walcott.
  • Dua Gol Penalti Menangkan Milan atas SPAL

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:14 WIB AC Milan harus susah payah menghadapi perlawanan SPAL. Butuh dua gol penalti untuk Rossoneri menang 2-0 dan membawa pulang tiga poin.
  • Mandzukic Menangkan Juventus

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:04 WIB Juventus mengatasi perlawanan Fiorentina di giornata 5 Serie A. Gol tunggal Mario Mandzukic memastikan Bianconeri menang 1-0 atas lawannya itu.
  • Piala Liga Inggris

    Hajar Burton 4-1, MU Lolos ke Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 03:54 WIB Juara bertahan Manchester United memulai misinya mempertahankan gelar Piala Liga Inggris secara meyakinkan. Menjamu Burton Albion, MU menang mudah 4-1.