sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 23 Sep 2008 13:14 WIB

Tak Ada Setengah-setengah Buat Bayern

- detikSport
Munich - Kapten Mark van Bommel mengungkapkan opininya tentang keadaan skuad Bayern Munich saat ini. Ia merasa penilaian tentang timnya tak pernah ada di tengah-tengah -- pilihannya hanya baik atau buruk.

Bayern diungkit-ungkit lagi kestabilannya setelah dipermalukan Werder Bremen 5-2 di Allianz Arena akhir pekan lalu. Presiden klub Franz Beckenbauer menyebut kekalahan di satu event tersebut telah membuat tim "kacau".

Van Bommel mengakui banyak hal yang salah pada hari itu. Namun kekhawatirannya tidak berlebihan. Ia memandang bahwa media massa kerap mendramatisir keadaan.

"Setelah seri dua kali di awal musim, media langsung menyebut ini sebagai sebuah bencana. Lalu kami menang tiga kali dan mereka mengatakan 'Bayern kembali ke jalurnya'. Kemarin kami kalah dan kali ini Bayern disebut 'naik-turun'," papar gelandang internasional Belanda itu dalam situs resmi klubnya.

"Pemberitaan tentang Bayern adalah yang paling ekstrem yang pernah saya alami. Tidak ada penilaian setengah-setengah: positif total atau negatif total."

Van Bommel tentu saja berharap performa Bayern bisa membaik dan lebih stabil. Mencari solusi atas kelemahan yang masih muncul mutlak harus dilakukan ia dan rekan-rekannya, plus pelatih Juergen Klinsmann, sehingga mereka tak perlu sering-sering lagi memberi penjelasan tentang sebuah pertandingan yang buruk.

Mantan pemain PSV Eindhoven dan Barcelona itu juga mengungkapkan bagaimana sebagai seorang kapten ia menghadapi "malam kelam" di Allianz Arena hari Sabtu lalu.

"Hal pertama adalah kami mengatasinya secara interen. Kritik tempatnya di dressing room. Di sana Anda boleh bicara apa saja, blak-blakan, tapi harus berhenti setelah keluar dari sana. Saya pikir moral tim tetap tinggi. Tak seorangpun mengatakan hal negatif pada publik."

(a2s/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com