Hannover Adakan Seremoni untuk Enke

- Sepakbola
Rabu, 10 Nov 2010 00:27 WIB
Hannover - Tanggal 10 November besok tepat setahun Robert Enke meninggal dunia. Demi menghormati jasa eks kipernya tersebut, Hannover 96 akan mengadakan sejumlah seremoni yang salah satunya mengadakan latihan tertutup.

Setahun lalu Enke merenggangkan nyawanya dengan menabrakan dirinya ke kereta api yang sedang melaju kencang. Disebutkan saat itu Enke tengah depresi berat akibat kematian putri kandungnya pada tahun 2006.

Sontak seantero Jerman khususnya timnas Jerman yang kala itu tengah melakukan persiapan menuju Piala Dunia terkejut. Tangisan serta rasa duka yang mendalam menyelimuti mereka bahkan hingga saat pemakaman Enke. Padahal saat itu Enke berstatus sebagai kiper utama Der Panser.

Kini Enke yang hanya bisa dikenang dengan segala tindak tanduknya di lapangan yang membuatnya dikenal sebagai salah satu kiper bersahaja. Enke pun kini akan diabadikan sebagai nama sebuah jalan di kota Hannover.

Sementara Hannover sendiri untuk mengenang setahun kematian Enke akan mengadakan sesi latihan tertutup, Rabu (10/11/2010) besok, tanpa kehadiran media satu pun. Hal ini dilakukan para pemain dan pelatih untuk menghormati kiper yang wafat di usia 32 tahun itu.

"Tidak pantas rasanya jika latihan kami pada hari (Rabu) itu diliput. Kami akan berlatih dengan tenang dan tanpa gangguan di dalam stadium serta jelas kami akan mengenang Robert. Itu akan jadi sebuah berkah bagi kami," ucap pelatih Hannover Mirko Slomka seperti dilansir Reuters.

Sejak Enke meninggal, istrinya Teresa mendirikan foundation untuk menolong orang-orang yang terkena depresi berat dan diberi nama Enke Foundation. Sementara para perayaan setahun kematian Enke, Presiden Asosiasi Sepakbola Jerman Theo Zwanzinger dan pelatih timnas Joachim Loew akan melayat ke makam Enke.

(mrp/nar)