sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 10 Des 2016 23:33 WIB

Gol Reus Selamatkan Dortmund dari Kekalahan

Doni Wahyudi - detikSport
Foto: AFP PHOTO / JAVIER SORIANO Foto: AFP PHOTO / JAVIER SORIANO
Cologne - Sebuah gol yang dibuat Marco Reus saat pertandingan masuk menit 90 menghindarkan Borussia Dortmund dari kekalahan saat bertamu ke Cologne.

Bertanding di RheinEnergieStadion, Sabtu (10/12/2016) malam WIB, Cologne unggul lebih dulu. Di menit 28 Artjoms Rudņevs membuat pendukung tuan rumah bersorak kegirangan dengan gol yang dia lesakkan.

Gol tersebut sepertinya akan menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan ini karena sampai jelang laga tuntas Dortmund tak bisa mencetak balasan. Namun di menit 90 Reus muncul sebagai penyelamat, gol yang dia buat membuat laga tuntas dengan skor 1-1.

Ini adalah kali kedua secara beruntun Reus menjadi penyelamat timnya di menit-menit akhir laga. Pada tengah pekan kemarin dia mencetak gol di menit 88 yang membuat Dortmund pulang membawa hasil imbang 2-2 dari lawatan ke Real Madrid, di mana El Real mampu unggul dulu 2-0.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi kedua klub di klasemen Bundesliga. Dortmund duduk di posisi enam dengan pojn 25, sementara Cologne ada di bawahnya dengan selisih dua angka.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah sudah menciptakan peluang emas saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Semua diawali saat Rudnevs berhasil mengecoh pemain lawan yang mengawalnya dan kemudian melepaskan crossing ke muka gawang yang menemui Salih Ozcan. Tapi sepakan Ozcan melayang di atas mistar gawang.

Di menit sembilan Dortmund mencetak gol melalui Aubameyang. Namun wasit langsung membatalkannya karena sang striker dianggap lebih dulu tertangkap offside saat menerima umpan dari Reus.

Enam menit berselang kerjasama Reus dengan Aubameyang kembali mengancam pertahanan Cologne. Kali ini Reus menusuk dari sisi kiri untuk kemudian melakukan cut in dan melepas umpan ke Aubameyang yang berada di belakang pemain bertahan Cologne. Tapi bola terlalu deras sehingga tak bisa dikejar Aubameyang.

Meski kedua tim bermain dalam tempo tinggi yang membuat laga berjalan menarik, gol dalam laga ini tidak tercipta melalui open play. Dari tendangan bebas yang dieksekusi Jonas Hector di separuh wilayah permainan Dortmund, bola yang masuk ke kotak penalti disambar Rudnevs dengan kepalanya ke arah sudut gawang dan berubah menjadi gol.

Peluang terbaik Dortmund di sisa babak pertama adalah saat Reus mengambil tendangan bebas setelah pelanggaran yang dilakukan Yuya Osako. Tapi kans tersebut kandas karena bola yang mengarah ke gawang diintersepsi Hector.

Di awal babak kedua Cologne lebih dulu menciptakan peluang matang melalui serangan balik cepat di menit 50. Menusuk cepat di sisi kanan, Anthony Modeste berhasil melewati pemain Dotmund yang mencoba menghalaunya. Tapi dia finishing-nya tak sempurna karena bola yang dia sepak hanya menyasar ke sisi luar jala gawang.

Sama seperti di babak pertama, Dortmund masih mendominasi penguasaan bola di paruh kedua ini. Namun mereka gagal memanfaatkannya untuk mengubah kedudukan, Dortmund malah beberapa kali kehilangan bola dengan mudah di sepertiga pertahanan lawan.

Di 10 menit terakhir pertandingan Dortmund semakin menggencarkan serangan. Salah satu peluang yang dipunya adalah ketika Aubameyang berhasil mengontrol bola dengan dadanya dan mencoba mengumpan pada Adrian Ramos yang siap melepaskan tembakan. Tapi skema itu gagal lantaran laju bola dipotong Dominique Heintz.

Saat tekanan demi tekanan yang dilancarkan tak kunjung menjadi gol dan rasa frustrasi mulai menyelimuti Dortmund, Reus muncul sebagai penyelamat. Dortmund mencetak gol penyama setelah Ramos menusuk di sisi kanan dan melepaskan umpan tarik yang disambar Reus dengan tembakan ke tiang dekat. Kiper Kessler tak mampu menghalaunya dan membuat kedudukan jadi berimbang 1-1.

Susunan Pemain

Cologne: Kessler; Olkowski, Sorensen, Mavraj, Heintz; Ozcan, Hoger, Hector; Osako; Modeste ('87 Sehrou Guirassy), Rudnevs ('76 Konstantin Rausch)

Dortmund: Weidenfeller; Piszczek ('27 Marc Bartra), Ginter, Sokratis ('75 Adrian Ramos), Schmelzer; Weigl, Castro ('53 Sebastian Rode), Durm; Dembele, Aubameyang, Reus. (din/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com