DetikSepakbola
Minggu 24 September 2017, 02:04 WIB

Aubameyang Hat-trick, Dortmund Gasak Gladbach 6-1

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Aubameyang Hat-trick, Dortmund Gasak Gladbach 6-1 Borussia Dortmund (Wolfgang Rattay/Reuters)
Dortmund - Pierre-Emerick Aubameyang mengukir hat-trick saat Borussia Dortmund menghadapi Borussia Moenchengladbach. Tiga gol Aubameyang itu mengantarkan Dortmund menang telak 6-1.

Dalam lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Sabtu (23/9/2017), Dortmund unggul 3-0 hingga turun minum melalui dua gol Maximilian Philipp dan satu gol Aubameyang.

Pada paruh kedua, Aubameyang dua kali menjebol gawang Gladbach untuk melengkapi hat-trick-nya, sementara gol pamungkas Dortmund tercatat atas nama Julian Weigl. Satu-satunya gol hiburan Gladbach dicetak oleh Lars Stindl.

Hasil ini mengokohkan posisi Dortmund di puncak klasemen sementara dengan perolehan 16 poin dari enam laga, unggul dua poin atas Hoffenheim yang berada di posisi kedua. Adapun Gladbach duduk di posisi kesembilan dengan delapan poin.

Philipp membuka keunggulan Dortmund pada menit ke-28. Dia menyambar umpan silang Aubameyang dengan sebuah tembakan voli jarak dekat untuk merobek gawang Gladbach.

Berselang sepuluh menit, Philipp kembali mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan kerasnya meneruskan operan Jeremy Toljan dari sisi kiri gagal dibendung kiper Gladbach, Tobias Sippel.

Aubameyang memperbesar keunggulan Dortmund menjadi 3-0 lewat gol di injury time babak pertama. Gol ini tak lepas dari kejelian Sokratis Papastathopoulos dalam mengirimkan umpan terobosan. Umpan dari Sokratis diterima oleh Phillip, yang kemudian mengoper kepada Aubameyang. Aubameyang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, Aubameyang mencetak gol keduanya. Diawali tendangan bebas Mario Goetze, sundulan Aubameyang memang cuma mengenai tiang gawang, tapi Aubameyang langsung menyambar bola muntah untuk membawa Dortmund unggul 4-0.

Aubameyang melengkapi hat-trick-nya pada menit ke-62. Sebuah kesalahan lini belakang Gladbach menjadi awal dari lahirnya gol ini. Salah oper yang dilakukan oleh Jannik Vestergaard dimanfaatkan oleh Mahmoud Dahoud untuk mengirimkan umpan terobosan kepada Aubameyang. Aubameyang kemudian sukses melewati Sippel dan mencetak gol dari sudut sempit.

Stindl memperkecil ketertinggalan Gladbach menjadi 1-5 empat menit kemudian. Dia memanfaatkan kesalahan Sokratis dalam menyapu bola untuk membobol gawang Dortmund.

Tapi, Dortmund menambah satu gol lagi di sisa waktu melalui Weigl pada menit ke-79. Tembakan voli Weigl memantapkan kemenangan tim tuan rumah menjadi 6-1.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: Buerki; Toprak, Piszczek (Zagadou 69'), Sokratis (Bartra 83'), Toljan; Dahoud, Weigl, Goetze; Philipp, Pulisic (Kagawa 64'), Aubameyang

Borussia Moenchengladbach: Sippel; Elvedi, Ginter, Vestergaard; Johnson (Herrmann 72'), Kramer (Hofmann 75'), Zakaria, Hazard; Stindl, Raffael (Cuisance 61')



(mfi/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed