DetikSepakbola
Selasa 10 Oktober 2017, 18:55 WIB

Menantikan Pemain Indonesia Merumput di Bundesliga

Yanu Arifin - detikSport
Menantikan Pemain Indonesia Merumput di Bundesliga Pemain Asia banyak yang sudah main di Jerman, kapan giliran pemain Indonesia? (Foto: Axel Schmidt/Reuters)
Jakarta - Pemain Asia banyak yang sudah merumput di Bundesliga. Kapan pesepakbola Indonesia bisa merasakan berkompetisi di sana.

Karl-Heinz Riedle mewakili Dortmund menyapa fans di Indonesia pada 7 hingga 11 Oktober 2017. Ia juga memamerkan trofi DFB Pokal 2016/2017 yang didapat Die Borussen usai menekuk Eintracht Frankfurt lewat adu penalti.

Riedle mengaku tak tahu banyak soal sepakbola Indonesia, kecuali soal sanksi yang pernah dijatuhkan FIFA. Mantan pesepakbola yang mengantar Dortmund menjuarai Liga Champions 1996/1997 itu mengingatkan Indonesia akan pentingnya pembinaan.

"Sejujurnya, sih, tidak familiar dengan sepakbola Indonesia, namun semua tahu ada banyak masalah di masa lalu seperti halnya hukuman (FIFA)," Riedle menjawab.

"Saya harap masa depannya bakal cerah. Kami di Federasi Sepakbola Jerman sangat mengandalkan akademi untuk mencetak pemain muda dan saya harap Indonesia bisa juga bisa menerapkannya."

"Saya juga dengar anda memiliki pelatih dari Spanyol, ya [Luis] Milla, orang yang bakal memberi pengaruh dari segi taktik yang tentu bakal berguna bagi negara anda," Riedle melanjutkan.

Riedle berharap ada satu atau dua pemain muda Indonesia yang bakal bermain di Liga Jerman. Peluang tersebut cukup terbuka, mengingat ada banyak pemain Asia yang sukses di Jerman seperti Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki.

"Yang terpenting adalah para pemain muda bisa berkembang dan mudah-mudahan ada satu-dua pemain Indonesia di Bundesliga nantinya," pria yang juga sempat membela Lazio dan Liverpool itu berharap.

Sudah banyak pemain Asia merumput di Jerman, termasuk Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki yang terbilang meraih sukses. Pesepakbola asal Kamboja, Iran, Filipina, dan bahkan Korea Utara pernah ada yang merumput di sana.



(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed