sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 12:16 WIB

Andai Dua Tahun Lalu Coutinho Dengarkan Pesan Klopp...

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Philippe Coutinho pernah diingatkan Juergen Klopp untuk tidak meninggalkan Liverpool (Dan Mullan/Getty Images) Philippe Coutinho pernah diingatkan Juergen Klopp untuk tidak meninggalkan Liverpool (Dan Mullan/Getty Images)
Jakarta - Juergen Klopp pernah bilang ke Philippe Coutinho bahwa ia hanya akan menjadi pemain pada umumnya di Barcelona. Sayangnya, Coutinho tak mendegarkan wejangan itu.

Coutinho meninggalkan Liverpool di bulan Januari 2018 usai menyetujui tawaran Barcelona seharga 142 juta pound sterling (sekitar Rp 2,4 triliun). Ia dikontrak La Blaugrana untuk durasi 5,5 tahun.

Saat itu ia adalah pemain berstatus bintang di Anfield. Coutinho sudah bermain sebanyak 201 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 54 gol selama lima tahun berseragam Liverpool.

Juergen Klopp berusaha keras mempertahankan pemain pujaan The Kop tersebut sejak 2017. Namun Coutinho bersikeras untuk dapat hengkang dari Anfield secepatnya.



"Bertahanlah di sini dan mereka akan membuatkan patung untuk penghormatanmu," ujar Klopp kepada Coutinho di kala isu transfer dirinya tengah menyeruak.

"Jika kau pergi ke tempat lain, ke Barcelona, Bayern Munich, atau Real Madrid, maka kamu hanya menjadi pemain pada umumnya. Di sini kamu bisa menjadi sesuatu yang lebih," tambah Klopp ketika itu.
Philippe Coutinho dan Juergen KloppPhilippe Coutinho dan Juergen Klopp Foto: Stu Forster/Getty Images

Pelatih asal Jerman itu terus meyakinkan Coutinho jika ia bakal menjadi legenda apabila tetap bertahan bersama Liverpool. Namun pemain asal Brasil itu mengabaikan saran dari sang pelatih dan menerima pinangan Barcelona.

Hanya satu setengah tahun berselang, ucapan Klopp menjadi kenyataan. Coutinho benar-benar menjadi pemain yang biasa-biasa saja sejak bergabung ke Barcelona. Permainannya bersama Lionel Messi dkk tidak segemilang kala ia berseragam The Reds, bahkan cenderung tidak konsisten.

Selama berseragam Barcelona, pemain 27 tahun ini hanya mencetak 21 gol dari 76 penampilan di semua kompetisi. Tak ayal ia pun masuk daftar pemain yang akan dilego Blaugrana, 1,5 tahun setelah ia direkrut dari Liverpool.

Selama bursa transfer musim ini, Coutinho santer dikaitkan dengan klub Perancis Paris Saint-Germain. Barcelona ingin menukar dirinya dengan pemain asal Brasil lainnya, Neymar Jr.

Coutinho juga diberitakan akan kembali bergabung dengan Liverpool. Namun tidak ada lagi peluang baginya berseragam The Reds kali ini.

"Itu terdengar aneh, tetapi kami tidak sanggup untuk membawanya kembali. Kami sudah cukup banyak membelanjakan pemain dari hasil penjualannya," ucap Klopp dikutip dari Metro.

Coutinho akhirnya benar-benar pindah dari Camp Nou musim panas ini. Bayern Munich resmi meminjamnya selama setahun dengan opsi pembelian sebesar 111 juta pound sterling.

Kini mantan bintang Liverpool itu akan mengarungi musim baru dengan seragam Die Roten, klub yang juga sempat disinggung oleh Klopp saat ingin mempertahankan dirinya di Anfield.
Andai Coutinho mau mengikuti saran Juergen Klopp untuk bertahan di Liverpool, bisa jadi saat ini ia ikut menikmati kesuksesan klub Merseyside itu sebagai kampiun Eropa. Namun nasi sudah menjadi bubur, yang bisa ia lakukan sekarang adalah membuktikan dirinya bukan pemain yang biasa-biasa saja di Bayern Munich.

Meski demikian, kali ini Klopp mendukung keputusan Coutinho untuk merumput di Allianz Arena. Baginya mantan anak asuhnya itu akan jauh lebih baik di Bundesliga.

"Dia adalah pemain yang bisa mengubah permainan secara positif. Kehadirannya mungkin tidak akan baik untuk (Borrusia) Dortmunf, tetapi itu adalah transfer yang hebat bagi Bayern (Munich) dan Bundesliga," kata mantan pelatih Borrusia Dortmund itu.

Simak Video "Gagal Bersinar di Barca, Coutinho Berharap Sukses di Bayern"
[Gambas:Video 20detik]
(din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com