sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 26 Mei 2020 19:10 WIB

Delapan Fakta Jelang Dortmund Vs Bayern

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Soccer Football - Bundesliga - Borussia Dortmund v Bayern Munich - Signal Iduna Park, Dortmund, Germany - November 10, 2018  Bayern Munichs Robert Lewandowski scores their second goal   REUTERS/Kai Pfaffenbach  DFL regulations prohibit any use of photographs as image sequences and/or quasi-video Berikut delapan fakta terkait duel Borussia Dortmund vs Bayern Munich (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbac)
Jakarta -

Borussia Dortmund akan bertemu Bayern Munich malam ini. Berikut delapan fakta terkait duel bertajuk Der Klassiker itu.

Dortmund menjadi tuan rumah di Signal-Iduna Park, Selasa (26/5/2020) malam WIB nanti. Rencananya duel ini disiarkan langsung Mola TV mulai pukul 23.30 WIB lewat link ini.

Tiga poin wajib diraih Dortmund jika tak ingin peluangnya jadi juara Bundesliga tamat karena Bayern saat ini unggul empat poin. Dengan liga menyisakan enam laga, setelah duel ini, akan sulit Dortmund mengejar jika berjarak tujuh poin.



Maka dari itu Dortmund akan berupaya keras untuk bisa membalas kekalahan 0-4 dari Bayern pada pertemuan. Berikut delapan fakta dari pertandingan tersebut dikutip dari Opta:

- Bayern mencetak sembilan gol tanpa balas dari dua pertemuan terakhir dengan Dortmund di Bundesliga (4-0 dan 5-0). Tapi, pada pertemuan terakhir di Signal Iduna Park, Dortmund menang 3-2 pada pekan ke-11 musim lalu. Dortmund cuma kalah sekali dari empat pertandingan Der Klassiker terakhir di kandang (2 menang 1 imbang 1 kalah).

- Dortmund juga meraih kemenangan di Piala Super Jerman pada Agustus lalu di tempat yang sama. Itu artinya Lucien Favre punya rekor kandang 100 persen menghadapi Bayern dari dua kali bertemu di kandang.

- Erling Haaland mencetak 10 gol untuk Borussia Dortmund di Bundesliga. Dortmund jadi satu-satunya tim Bundesliga yang punya tiga pemain dengan dobel digit gol: Haaland (10), Reus (11), dan Sancho (14).

- Robert Lewandowski adalah top skorer liga musim ini dengan 27 gol, rasio satu gol per 82 menit. Haaland yang gabung Januari mencetak 10 gol, rasio satu gol per 69 menit.



- Lewandowski juga jadi top scorer di Der Klassiker dengan 17 gol, 16 gol untuk Bayern dan satu gol untuk Dortmund. Dari enam Der Klassiker terakhir, Lewandowski punya 12 gol - selalu mencetak gol di setiap pertemuan. Dia juga mencetak setidaknya dua gol dari empat laga liga terakhir menghadapi Dortmund, itu termasuk saat mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-0 atas Dortmund 31 Maret 2018.

- Lewandowski adalah salah satu dari empat pemain yang pernah bermain untuk kedua tim. Selain itu ada Mats Hummels, Ivan Perisic, dan Mario Goetze.

- Dortmund kalah lima kali dari enam pertemuan terakhir dengan Bayern di Bundesliga (1 menang), dan kebobolan 24 gol selama periode itu.

- BVB memenangi dua partai kandang kompetisi terakhir kontra Bayern - mereka cuma sekali menang tiga laga beruntun atas Bayern tahun 1966 hingga 1967 (tiga pertemuan pertama Bayern dan Dortmund).



Simak Video "Gol Ala Tsubasa dari Kimmich Saat Bayern Tundukkan Dortmund"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com