sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 01 Jun 2020 09:55 WIB

Terkait George Floyd, Sancho Ingin Semua Perjuangkan Keadilan

Yanu Arifin - detikSport
PADERBORN, GERMANY - MAY 31: Jadon Sancho of Dortmund celebrates after scoring his teams second goal  with a Justice for George Floyd shirt during the Bundesliga match between SC Paderborn 07 and Borussia Dortmund at Benteler Arena on May 31, 2020 in Paderborn, Germany. (Photo by Lars Baron/Getty Images) Jadon Sancho merayakan golnya dengan memperlihatkan dukungan untuk George Floyd. (Foto: Lars Baron/Getty Images)
Paderborn -

Jadon Sancho membuat perayaan gol untuk mendukung mendiang George Floyd. Winger Borussia Dortmund itu meminta semua pihak turut memperjuangkan keadilan.

Sancho menjadi bintang saat Dortmund melumat Paderborn 6-1 di Benteler-Arena, Minggu (31/6/2020). Pemain berusia 20 tahun itu membuat hat-trick, dengan tiga gol lainnya dicetak Thorgan Hazard, Achraf Hakimi, dan Marcel Schmelzer.

Khusus untuk Sancho, bukan hanya torehan tiga golnya yang menjadi perhatian. Perayaan golnya pun menjadi perbincangan, bahkan pujian.

Sancho merayakan gol dengan memperlihatkan kaus bertuliskan Justice for George Floyd, atau 'Keadilan untuk George Floyd'. Hal itu dilakukan sebagai sikap protesnya.

George Floyd adalah warga Amerika Serikat yang meninggal dunia akibat tercekik saat diamankan kepolisian di Minneapolis. Leher pria 46 tahun itu ditekan ke aspal dengan lutut petugas kepolisian hingga kesulitan bernapas.

Meninggalnya pria kelahiran Carolina Utara itu membuat masyarakat turun ke jalan untuk memprotes. Masyarakat mendesak kepolisian menghentikan aksi kekerasan kepada warga sipil. Selain itu, masyarakat juga mendesak agar kasus rasisme di AS juga dihentikan. George Floyd sendiri merupakan warga kulit hitam di AS.

Dan Sancho juga ikutan melayangkan protes dari lapangan hijau. Pemain Inggris itu kemudian menjelaskan, bahwa dirinya ingin agar semua orang ikut serta dalam memperjuangkan keadilan.

"Saat yang pahit secara pribadi, karena ada banyak hal penting yang terjadi di dunia saat ini yang harus kita tangani dan bantu agar tercipta perubahan. Kita harus bersatu & memperjuangkan keadilan. Kita lebih kuat jika bersama! ❤️" cuit Sancho.



Selain Sancho, Hakimi juga merayakan golnya dengan cara yang sama. Adapun Marcus Thuram, striker Borussia Moenchengladbach yang juga anak Lilian Thuram, menyuarakan solidaritas untuk George Floyd dengan cara berlutut.



Simak Video "Jadon Sancho Anggap Sanksi Gegara Potong Rambut Konyol"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com