sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 23 Agu 2020 20:20 WIB

Ritual Unik Robert Lewandowski: Makanan, Sepatu, Sampai Urusan Tidur

Kris Fathoni W - detikSport
MUNICH, GERMANY - AUGUST 08: Robert Lewandowski of Bayern Munich celebrates after he scores his sides first goal from the penalty spot during the UEFA Champions League round of 16 second leg match between FC Bayern Muenchen and Chelsea FC at Allianz Arena on August 08, 2020 in Munich, Germany. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images) Ritual Unik Robert Lewandowski: Makanan, Sepatu, Sampai Urusan Tidur. (Foto: Getty Images/Matthias Hangst)
Jakarta -

Robert Lewandowski, striker andalan Bayern Munich, punya sejumlah ritual unik bahkan di antara para pesepakbola. Mulai dari makan pencuci mulut duluan sebelum hidangan utama, sampai tidur di sisi tubuh sebelah kiri!

Konon serangkaian ritual dari penyerang 32 tahun asal Polandia itu sempat bikin rekan-rekannya di Bayern mengernyitkan kening. Tapi tak ada yang menggugat karena hasil yang diperlihatkan Lewandowski benar-benar nyata.

Artikel Jonathan Liew di The Guardian mengungkap sejumlah ritual tersebut. Yang pertama adalah bahwa Robert Lewandowski ternyata lebih dulu mengudap makanan pencuci mulut lebih dulu sebelum makanan utama ketika bersantap.

Yang menarik, ini bukanlah terkait urusan takhayul. Ritual Robert Lewandowski itu turut bersumber dari dasar keilmuan karena istrinya, Anna, merupakan seorang pakar nutrisi.

"Makanan manis, menurut teori, dicerna lebih cepat dan dengan mengonsumsinya lebih dulu Lewandowski menghindarinya bercampur di perut dengan protein dan karbohidrat yang menyusul setelah itu," sebut artikel di Guardian tersebut.

Selain itu, terungkap pula bahwa Robert Lewandowski cuma tidur pada sisi tubuh sebelah kirinya. Lagi-lagi ada keyakinan tersendiri di balik kebiasaan ini, yakni demi menjaga kaki kanannya yang lebih dominan.

Bahkan urusan yang berbau takhayul, sebagaimana juga lazim dilakukan atlet termasuk pesepakbola, juga dilakukan Robert Lewandowski dengan argumentasi ilmiah. Ia, misalnya, biasa memakai sepatu kiri terlebih dulu setelah berdiskusi dengan seorang psikolog yang menganjurkannya untuk menanamkan rutinitas pra-pertandingan ke dalam rangkaian naluriah dirinya.

Sejauh ini rangkaian ritual itu terbukti berimbas positif pada performa Robert Lewandowski di atas lapangan, setelah mencetak 55 gol dari 46 laga yang ia lakoni sepanjang musim ini. Bahkan sejak mulai merumput di Bundesliga lebih dari satu dekade lalu, Guardian menyebut ia tak pernah absen lebih dari tiga laga secara berturut-turut.

Robert Lewandowski kini akan berusaha unjuk gigi lagi di atas lapangan dalam final Liga Champions 2020, saat Bayern Munich berhadapan dengan Paris Saint-Germain, Senin (24/8) dini hari WIB.

(krs/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com