sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Sep 2020 22:10 WIB

Bundesliga Keras Betul: Baru Dua Pekan, 2 Pelatih Dipecat!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Schalkes head coach David Wagner reacts during the German Bundesliga soccer match between FC Schalke 04 and Werder Bremen in Gelsenkirchen, Germany, Saturday, Sept. 26, 2020. Schalke dismissed Wagner today after a series of 18 consecutive winless matches. (AP Photo/Martin Meissner) David Wagner, salah satu dari dua pelatih yang dipecat di pekan awal Bundesliga (AP/Martin Meissner)
Gelsenkirchen -

Bundesliga 2020/2021 memang baru jalan dua pekan. Tapi, kerasnya persaingan sudah membawa korban dua pelatih yang dipecat. Siapa saja?

Pelatih yang pertama dipecat adalah David Wagner. Mantan manajer Huddersfield Town itu diberhentikan dari pekerjaannya usai Schalke 04 kalah 1-3 di kandang sendiri, Veltins Arena, dari Werder Bremen.

Kekalahan ini menempatkan Schalke di posisi juru kunci karena di pekan pertama, mereka dicukur habis 0-8 oleh Bayern Munich. Dua kekalahan beruntun di awal musim ini menandakan puasa kemenangan Schalke diperpanjang menjadi 18 pertandingan beruntun.

Kali terakhir mereka menang adalah 17 Januari 2020 dan itu membuat mereka turun jauh dari posisi lima besar menjadi finis posisi ke-12. Alhasil, mereka kembali gagal lolos ke kompetisi Eropa dan berdampak buruk untuk finansial klub di tengah pandemi virus corona.

"Kami berharap bisa bangkit bersama David. Sayangnya performa tim dalam dua partai awal musim ini tidaklah memuaskan, demikian juga dengan hasilnya. Kami berterima kasih atas kerja David dan stafnya untuk membawa Schalke kembali bangkit," ujar Direktur Olahraga Schalke Jochen Schneider seperti dikutip situs resmi Bundesliga.

Wagner pun cuma bertahan semusim di Schalke setelah dikontrak sedari awal musim 2019/2020. Senasib dengan Wagner adalah pelatih Mainz 05 Achim Beierlorzer yang dipecat usai timnya dua kali kalah, 1-3 dari RB Leipzig dan 1-4 oleh tim promosi VFB Stuttgart akhir pekan kemarin.

Padahal Beierlorzer membawa Mainz musim lalu bertahan di Bundesliga usai finis ke-13 dengan unggul enam poin dari zona playoff. Tapi, manajemen tidak puas dengan hasil di dua partai awal Bundesliga dan sementara posisi Beierlorzer diisi asisten pelatih Jan-Moritz Lichte.

MAINZ, GERMANY - SEPTEMBER 26: Achim Beierlorzer, Head coach of 1.FSV Mainz 05 looks on prior to the Bundesliga match between 1. FSV Mainz 05 and VfB Stuttgart at Opel Arena on September 26, 2020 in Mainz, Germany. (Photo by Christian Kaspar-Bartke/Getty Images)Pelatih Mainz Achim Beierlorzer dipecat (Getty Images) Foto: Getty Images/Christian Kaspar-Bartke

"Kami memang sukses lolos dari degradasi, bekerja bareng di masa-masa sulit. Achim Beierlorzer pantas dihormati atas usahanya. Tapi kami sudah duduk bersama dan melihat bagaimana cara untuk menyelamatkan tim dalam jangka pendek dan juga panjang," ujar direktur olahraga Rouven Schroeder.

Kira-kira, siapa lagi pelatih Bundesliga yang bakal jadi korban?

(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com