DetikSepakbola
Jumat 06 Jan 2017, 07:12 WIB

Barcelona Kewalahan Ladeni Pressing Bilbao

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Barcelona Kewalahan Ladeni Pressing Bilbao Foto: Getty Images/Juan Manuel Serrano Arce
Bilbao - Barcelona dikalahkan Athletic Bilbao di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Luis Enrique mengakui Barca kesulitan menghadapi Bilbao yang terus menekan.

Dalam pertandingan di San Mames, Jumat (6/1/2017) dinihari WIB, Barca takluk 1-2 di tangan Bilbao. Kebobolan dua gol di babak pertama, Barca baru bisa membalas di paruh kedua.

Bilbao memang langsung menekan Barca sejak awal pertandingan. Pressing ketat yang mereka terapkan itu berbuah dua gol di babak pertama.

Gol pertama yang diciptakan Aritz Aduriz di menit ke-24 berawal dari operan Andres Iniesta yang dipotong pemain Bilbao di tengah lapangan. Aduriz yang mendapat bola kemudian mengopernya kepada Raul Garcia. Dari sisi kanan, umpan Garcia dituntaskan oleh Aduriz dengan sundulan.

Hanya selisih empat menit, Bilbao menggandakan keunggulannya. Pressing yang diterapkan para pemain Bilbao hingga ke sepertiga akhir lapangan berbuah gol Inaki Williams.

Upaya Jordi Alba untuk membuang bola justru mengarah ke pemain Bilbao. Bola yang langsung diarahkan ke kotak penalti kemudian dibelokkan oleh Aduriz dan dituntaskan Williams dengan tendangan voli first-time.

Barca kemudian baru bisa mencetak gol di menit ke-52 lewat tendangan bebas Lionel Messi. Meski terus menekan di sisa waktu dan juga unggul jumlah pemain menyusul kartu merah untuk Raul Garcia dan Ander Iturraspe, Barca tetap tak mampu mencetak gol penyama.

[Baca juga: Barca Takluk dari Bilbao di San Mames]

"Pressing Bilbao membuat kami tertekan di awal pertandingan. Mereka mengambil keuntungan dari kejadian di mana permainan kami saat membangun serangan tidak cukup bagus dan mereka unggul lebih dulu," ujar Enrique seperti dikutip dari Marca.

"Kami tahu mereka akan lebih lelah di babak kedua, tapi memang akhirnya tidak terjadi (gol penyeimbang)."

Barca akan gantian menjadi tuan rumah di leg kedua yang akan digelar pada hari Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Punya bekal gol tandang, Barca bisa lolos dengan kemenangan 1-0 di leg kedua.

"Gol Lionel Messi itu penting, tapi kami tahu Bilbao bisa bermain di level tinggi. Kami pulang dengan harapan lolos di akhir leg kedua," ucap Enrique.


(nds/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed