DetikSepakbola
Senin 13 Maret 2017, 00:17 WIB

Barcelona Tumbang di Tangan Deportivo

Doni Wahyudi - detikSport
Barcelona Tumbang di Tangan Deportivo Foto: REUTERS/Miguel Vidal
Jakarta - Usai melakukan comeback gemilang di Liga Champions, Barcelona justru dapat pukulan di La Liga. Blaugrana kalah 1-2 saat melawat ke Deportivo La Coruna.

Kamis (9/3/2017) dinihari WIB Barcelona disebut-sebut melalukan comeback paling hebat di sepanjang sejarah sepakbola. Kalah 0-4 di pertandingan pertama, mereka membalikkan keadaan setelah menang 6-1 atas Paris Saint Germain. Separuh gol dari kemenangan itu datang di tujuh menit terakhir pertandingan.

Hanya tiga hari kemudian, Minggu (12/3/2017) malam WIB, Barcelona dipaksa menelan pil pahit. Melawat ke Stadion Riazor, kandang Deportivo La Coruna, Lionel Messi dkk kalah 1-2.

Joselu membuat Deportivo unggul lebih dulu memalui golnya di menit 40, yang langsung dibalas dengan gol Luis Suarez pada menit pertama babak kedua. Alejandro Bergantinos membawa tuan rumah kembali unggul di menit 74, yang kali ini gagal disamakan kembali oleh tim tamu.

Barcelona tampil dominan dalam penguasaan bola (71% : 29%), namun kalah agresif dalam melepaskan tembakan. Deportivo tercatat melepaskan 12 shot (9 on target), sementara Barca punya 11 shot (5 on target).

Barcelona masih berdiri di puncak klasemen dengan 60 poin dipunya setelah melalui 27 pertandingan. Namun Real Madrid hanya terpaut satu angka di belakangnya dan baru bermain 25 kali.

Jalannya Pertandingan

Barcelona melawat ke Deportivo tanpa Neymar, pemain yang paling bersinar saat menjungkalkan PSG. Juga absen dalam laga itu Rafinha, perubahan lain yang dilakukan Luis Enrique dibanding starting line up di liga Champions adalah Sergi Roberto, Jordi Alba, Andre Gomes dan Arda Turan — alih-alih Samuel Umtiti, Rafinha, Ivan Rakitic dan Andres Iniesta.

Peluang matang pertama dalam laga ini tercipta untuk tuan rumah di menit sembilan. Bruno Gama dapat bola di wilayah permainan Barcelona dan langsung menusuk ke sepertiga pertahanan untuk kemudian melewati Gerard Pique. Dia lantas mengirim bola pada Joselu, yang menyambutnya dengan tendangan rendah namun bisa ditangkap Marc-Andre ter Stegen.

Di beberapa menit selanjutnya Deportivo menunjukkan kalau mereka bisa mengimbangi Barcelona. Salah satu peluang yang tercipta adalah saat eksekusi tendangan bebas dari muka kotak penalti masih bisa dihalau Ter Stegen.

Pada menit 22 Lionel Messi dan Luis Suarez melakukan kerjasama satu-dua untuk membongkar pertahanan rapat Deportivo. Upaya tersebut berakhir dengan tendangan voli Messi yang diblok Celso Borges.

Peluang terbaik Barcelona datang di menit 28 saat Suarez dengan leluasan menanduk bola di muka gawang, namun upaya tersebut tak membuahkan hasil karena arahnya tepat ke kiper.

Penyelamatan gemilang ter Stegen. Joselu menyambar umpan crossing yang datang padanya dengan sebuah tendangan rendah. Bola sepertinya akan masuk ke gawang melalui sudut bawah, tapi Ter Stegen dengan sigap menghalaunya dan hanya memaksa Deportivo dapat tendangan sudut.

Hanya semenit setelah membuat penyelamatan gemilang, Ter Stegen malah membuat kesalahan yang berujung jebolnya gawang Barca. Dia tak sempurna menghalau bola yang mengarah ke gawang dan membuat si kulit budar malah jatuh ke Joselu, yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang dari jarak dekat. Gol di menit 40 itu menjadi satu-satunya yang tercipta pada babak pertama.

Barcelona tak menunggu lama di babak kedua untuk bisa menyamakan kedudukan. Laga baru berjalan satu menit, tim tamu berhasil menjebol gawang tuan rumah melalui Suarez. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, menyambar bola sapuan bek Deportivo, mengoyak gawang tuan rumah dan mengubah kedudukan jadi 1-1.

Tak banyak bisa berbuat di babak pertama, Messi menciptakan peluang pertamanya di 10 menit babak kedua. Tembakan yang dia lepaskan dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi luar gawang.

Joselu kembali mengancam gawang Barcelona saat laga masuk menit 64. Menerima umpan dari Gama, sepakan Joselu kembali mentah di tangan Ter Stegen.

Gol Deportivo! Di menit 74 tuan rumah kembali dalam posisi unggul. Alejandro Bergantinos Garcia mengubah kedudukan jadi 2-1 setelah dia menanduk bola hasil tendangan sudut ke dalam gawang.

Kembali tertinggal sementara waktu semakin tipis membuat Barcelona menggencarkan serangan. Peluang terbaik tim tamu untuk kembali menyamakan kedudukan adalah saat Suarez gagal mencetak gol saat menyambar umpan dari sisi kanan, padahal striker asal Uruguay itu berdiri di dekat gawang. Sontekannya dihalau dengan gemilang oleh kiper.

Di menit kedua oinjury time Messi punya peluang terakhir menyelamatkan Barcelona dari kekalahan. Namun tendangan bebas yang dia ambil dari depan kotak penalti gagal dituntaskan jadi gol. Bola yang dia sepak melayang terlalu tinggi.

Lewat sebuah serangan balik Deportivo nyaris memperbesar skor jadi 3-1. Namun Faycal Fajr gagal melewati ter Stegen dalam posisi satu lawan satu. Laga berakhir dengan skor 2-1 untuk Deportivo La Coruna.
(din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Milan Dihajar Verona, Gattuso: Ini Memalukan

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 22:30 WIB AC Milan kalah telak 0-3 saat bertandang ke Hellas Verona. Pelatih Rossoneri Gennaro Gattuso mengakui hasil ini memalukan untuk timnya.
  • Verona Bungkam Milan 3-0

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 20:31 WIB AC Milan tak berkutik di hadapan tim zona degradasi Hellas Verona. Begitu 90 menit laga tuntas, Rossoneri takluk tiga gol tanpa balas.
  • Foto: Trofi-trofi Madrid di Tahun 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 12:09 WIB Piala Dunia Antarklub menambah koleksi trofi yang direngkuh Real Madrid di tahun kalender 2017. Ada lima piala yang diraih Madrid sepanjang tahun ini.
  • Masa Depan Sepakbola Ada di Kaki Ronaldo

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 19:19 WIB Florentino Perez memastikan Cristiano Ronaldo akan bertahan selamanya di Real Madrid. Ronaldo akan melegenda seperti halnya Alfredo Di Stefano.
  • Tottenham Korban Terakhir Keganasan City

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 08:30 WIB Manchester City belum juga terkalahkan di Premier League musim ini. Tottenham Hotspur baru saja merasakan keganasan City lewat kekalahan dengan skor 1-4.
  • Si Ular Besar Akhirnya Tumbang Juga

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:58 WIB Segala sesuatu ada waktunya termasuk Inter Milan yang akhirnya tumbang juga musim ini. Ini setelah Si Ular Besar takluk 1-3 dari Udinese.
  • Klopp Sulit Mengistirahatkan Salah

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:08 WIB Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer Liverpool Juegen Klopp.
  • Benteke Bikin Gol Lagi Setelah Seribu Menit Lebih

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 13:55 WIB Kemenangan Crystal Palace atas Leicester City bermakna istimewa buat Christian Benteke. Di laga ini ia mampu bikin gol lagi setelah puasa seribu menit lebih.
  • Guardiola Kian Dekat ke Rekor Pribadi

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 10:45 WIB Keberhasilan Manchester City memperpanjang rentetan kemenangan sekaligus kian mendekatkan Pep Guardiola, manajernya, ke sebuah rekor pribadinya.
  • Mau Terus Pakai Empat Bek, Wenger?

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 06:39 WIB Arsenal mencatatkan dua clean sheet setelah kembali ke format empat bek. Manajer Arsene Wenger tak menutup kemungkinan untuk memasang empat bek lagi.
  • Icardi: Cepatlah Bangkit, Inter

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:59 WIB Laju Inter Milan tanpa kekalahan musim ini dihentikan Udinese. Mauro Icardi berharap Nerazzurri segera bangkit dari kekecewaan.
  • Ronaldo Belum Habis

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 07:02 WIB Cristiano Ronaldo baru saja mengantarkan Real Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub 2017. CR7 seakan menegaskan bahwa dirinya belum habis.
  • Hamsik Samai Rekor Gol Maradona

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:19 WIB Sebuah pencapaian istimewa diukir gelandang sekaligus kapten Napoli Marek Hamsik. Hamsik berhasil menyamai rekor gol legenda Napoli, Diego Maradona.
  • Roma Menang Dramatis atas Cagliari

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 04:26 WIB AS Roma sukses mengalahkan Cagliari 1-0 secara dramatis. Federico Fazio mencetak gol kemenangan Roma di akhir masa injury time.
  • SuperCity Sudah Memangsa Tim-Tim Enam besar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 03:43 WIB Manchester City betul-betul superior. City tak sekadar menciptakan rentetan kemenangan, melainkan sekaligus mengalahkan rival-rivalnya dalam perburuan gelar.