DetikSepakbola
Minggu 07 Januari 2018, 02:20 WIB

Liverpool Resmi Lepas Coutinho ke Barcelona

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Liverpool Resmi Lepas Coutinho ke Barcelona Foto: Jason Cairnduff /Action Images via Reuters
Barcelona - Kepindahan Philippe Coutinho ke Barcelona akhirnya terjadi. Liverpool telah sepakat melepas Coutinho dengan transfer yang disebut-sebut mencapai 160 juta euro (sekitar Rp 2,58 triliun).

Barcelona mengumumkan bahwa Coutinho akan dikontrak selama lima setengah musim ke depan dengan klausul pelepasan sebesar 400 juta euro.

Media-media Inggris meyakini, kesepakatan transfer gelandang Brasil itu meliputi 120 juta euro tawaran awal plus 40 juta euro sebagai tambahan. Banderol itu akan menjadikan Coutinho sebagai pemain termahal kedua setelah kompatriotnya, Neymar, dilepas Barca ke Paris St. Germain senilai 222 juta euro (Rp 3,5 triliun) pada musim panas.

Video 20Detik: Digoda Terus! Coutinho Akhirnya ke Barcelona

[Gambas:Video 20detik]


"Klub sepakbola Liverpool bisa memastikan bahwa Philippe Coutinho akan meninggalkan klub setelah sebuah kesepakatan transfer dicapai dengan klub sepakbola Barcelona, bergantung pada tes medis dan kesepakatan pribadi."

"Si pemain diizinkan melengkapi formalitas untuk menuntaskan kepindahannya secepatnya," demikian pernyataan di situs resmi Liverpool.

Liverpool akhirnya menerima tawaran Barcelona, setelah tiga kali menolak di bursa yang lalu. Tawaran Barca terakhir diyakini mencapai 133 juta euro.

Coutinho tidak berangkat ke Dubai bersama skuat the Reds untuk melakukan pemusatan latihan. Dia juga tidak memperkuat Liverpool sejak bursa Januari dibuka karena cedera paha ringan.

Coutinho saat ini sedang dalam perjalanan menuju Barcelona untuk menuntaskan kepindahannya. Pesepakbola berusia 25 tahun itu diyakini akan menyaksikan pertandingan kandang Los Cules melawan Levante pada Minggu (7/1) dan akan menjalani tes medis sehari berikutnya.

Liverpool akan untung besar dengan penjualan Coutinho, yang dibeli dari Inter Milan hanya seharga 8,5 juta pound sterling di 2013. Namun, kepergian Coutinho sekaligus akan cukup memukul Liverpool, yang sedang berjuang untuk finis empat besar di Premier League dan akan melakoni laga babak 16 besar Liga Champions.


(rin/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed