DetikSepakbola
Minggu 14 Januari 2018, 00:14 WIB

Real Madrid Ditenggelamkan Villarreal di Bernabeu

Doni Wahyudi - detikSport
Real Madrid Ditenggelamkan Villarreal di Bernabeu Real Madrid dikalahkan Villarreal di Santiago Bernabeu (REUTERS/Javier Barbancho)
Madrid - Real Madrid dapat hasil mengejutkan saat menjamu Villarreal. Mendominasi permainan dan punya banyak peluang, El Real menyudahi laga dengan kekalahan 0-1.

Bermain di Santiago Bernabeu, Sabtu (13/1/2017) malam WIB, Real Madrid menciptakan banyak peluang di sepanjang 90 menit pertandingan. Tapi semua upaya serangan yang dilancarkan El Real, total membuat 8 shot on target, tak ada yang membuahkan hasil.

Saat tekanan yang dilancarkan selalu bisa dipatahkan barisan belakang Villarreal, Madrid malah dipukul oleh sebuah serangan balik. Hanya sekitar tiga menit sebelum laga tuntas gawang Madrid dijebol Pablo Fornals.

El Real gagal mencetak gol balasan di sisa waktu permainan dan tambahan waktu tiga menit yang diberikan wasit.

[Gambas:Sportradar]

Kekalahan ini menambah catatan buruk Madrid karena mereka gagal menang di tiga pertandingan terakhir La Liga. Rentetan ini berawal dari ketika Madrid dipermalukan Barcelona pada 23 Desember, dan dilanjutkan dengan hasil imbang 2-2 ketika bertamu ke Celta Vigo.

Ini menjadi kekalahan nomor empat yang diderita Madrid musim ini, yang tentunya membuat mereka makin tertinggal dari Barcelona di puncak klasemen. El Real masih bertengger di posisi empat dengan poin 32, sementara Barca ada di urutan teratas dengan poin 48.

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung memberikan tekanan ke Villarreal begitu pertandingan dimulai. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan membuahkan hasil saat Gareth Bale menanduk bola dari jarak dekat pada menit 14. Namun wasit langsung membatalkan gol itu karena Bale tertangkap offside saat menyambar bola yang dilepaskan Cristiano Ronaldo.

Tak sampai lima menit kemudian, peluang lain dipunya tuan rumah. Kali ini melalui Marcelo yang sepakannya berhasil diblok kiper Sergio Asenjo.

Ronaldo! Nyaris si pemain terbaik dunia memecah kebuntuan. Tendangan bebas yang dia lepaskan dari jarak sekitar 20 meter mental ke luar lapangan setelah membentur mistar gawang.

Peluang emas lain dipunya Ronaldo pada menit 30. Umpan yang dilepaskan Luka Modric membelah pertahanan Villarreal dan sampai di kaki Ronaldo. Ronaldo lantas menggiring ke kotak penalti dan berhadapan dengan kiper. Duel satu lawan satu itu tak membuahkan gol karena bola yang coba dicungkil Ronaldo melebar di tiang jauh. Ronaldo terlihat sangat kecewa dengan apa yang baru saja terjadi.

Semenit kemudian Ronaldo kembali membuang peluang, kali ini sepakan yang dia lepaskan cuma menyasar ke sisi luar jalan gawang.

Madrid mengkalim penalti di menit 35 saat Gonzalez terlihat menyentuh bola menggunakan tangannya ketika mencoba menghalau bola hasil crossing. Namun wasit tidak menunjuk titik putih dan memutuskan permainan dilanjutkan.

Sebelum babak pertama tuntas, Madrid kembali punya peluang bersih dari Ronaldo. Kans ini diawali umpan tarik yang dilepaskan Isco ke arah tiang jauh. Ronaldo yang berada di sana berhasil membelokkan bola ke gawang. Tapi sekali lagi gol tidak tercipta karena Asenjo melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalaunya.

Villareral mencoba bangkit di awal babak kedua. Setidaknya ada dua tembakan mereka lepaskan dalam kurun empat menit, yang pertama melalui Pablo Fornals dan dilanjutkan oleh Denis Cheryshev. Tapi tak ada yang benar-benar membahayakan gawang Keylor Navas.

Tak kunjung bisa menjebol gawang Villarreal, pemain Madrid terlihat mulai frustrasi. Ini berujung pada kartu kuning yang diterima Carvajal di menit 58.

Perubahan taktikal coba dilakukan Zinedine Zidane saat memasukkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio untuk menggantikan Isco serta gareth Bale.

Namun upaya tersebut tak juga membuahkan hasil. Permainan rapat Villarreal, yang menumpuk pemain di kotak penalti, membuat upaya-upaya Madrid gagal.

Petaka untuk El Real datang di menit 86 saat mereka mendapat tendangan sudut. Dari momen itulah Villarreal melakukan serangan balik yang berujung gol.

Menyisir lapangan sambil membawa bola di sisi kiri lapangan, Cherysev lantas mengirim bola pada Unal yang menusuk dari tengah. Tembakan Unals bisa dihalau Navas, tapi bola mental dari momen itu jatuh ke kaki Fornals. Jeli melihat Navas sudah tidak berada di posisi yang tepat, Fornals melob bola melewati Navas dan masuk ke gawang.

Di sisa waktu permainan Madrid gagal mencetak gol penyama. Laga pun tuntas dengan skor 0-1 untuk Villarreal.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Nacho, Marcelo; Kroos, Casemiro, Modric; Bale ('70 Asensio), Isco ('70 Vazquez), Ronaldo.

Villarreal: Asenjo; Gaspar, Gonzalez, Bonera, Costa; Castillejo ('83 Rukavina), Rodri, Trigueros; Raba ('46 Cheryshev), Fornals, Bacca ('76 Unal).
(din/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Yerry Mina Merapat ke Everton

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 18:06 WIB Yerry Mina tengah menuju pintu keluar dari Barcelona. Bek berusia 23 tahun itu kabarnya merapat ke Everton.
  • 10 Pembelian Termahal Liverpool

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 15:25 WIB Liverpool baru mendatangkan Alisson Becker dengan harga tinggi. Bukan yang paling mahal, tapi tetap masuk jajaran atas pembelian termahal The Reds.
  • 20Detik

    Sarri Tak Mau Pusing Urusan Transfer Chelsea

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 17:00 WIB Duo Chelsea Eden Hazard dan Thibaut Courtois tengah dikait-kaitkan dengan Real Madrid. Manajer anyar Chelsea Maurizio Sarri tak mau ambil pusing akan hal itu.
  • Persija Tambah Stok Kiper

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 15:42 WIB Menjelang putaran kedua Liga 1 2018, Persija Jakarta kembali menambah pemain baru. Yang teranyar adalah Shahar Ginanjar, seorang kiper.
  • Barcelona Serius Kejar Willian

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 15:24 WIB Willian jadi buruan utama Barcelona di musim panas ini. The Catalans sudah mengirim beberapa penawaran pada winger kribo itu untuk mengangkutnya dari Chelsea.
  • 20Detik

    Sarri Ingin Bersenang-senang di Chelsea

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 15:15 WIB Maurizio Sarri telah resmi menjadi manager Chelsea. Eks pelatih Napoli tersebut menjanjikan permainan menghibur dan membuat para pemainnya bersenang-senang.
  • Bisa Bahasa Inggris, Sarri?

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 13:54 WIB Maurizio Sarri resmi menjadi manajer Chelsea, tapi disebut-sebut bermasalah dengan bahasa Inggris. Lantas bagaimana ia melatih Eden Hazard dkk?
  • 'Sarri Mirip dengan Guardiola'

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:59 WIB Pemain Chelsea, Pedro, sudah bisa memberikan penilaian mengenai Maurizio Sarri kendati belum lama dilatih. Italiano itu disebut mirip dengan Josep Guardiola.
  • 20Detik

    Neymar Fokus ke PSG, Bukan Real Madrid

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 12:20 WIB Neymar mengungkapkan komitmennya bersama PSG. Hal ini menepis isu transfer bahwa dirinya dikaitkan dengan Real Madrid.
  • Karius Dibela Casillas

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:48 WIB Kiper legendaris Spanyol Iker Casillas membela Loris Karius yang terus-terusan dihujat belakangan ini. Casillas mengingatkan bahwa Karius juga manusia biasa.
  • 20Detik

    Video: Mengulik Kehebatan Vinicius Junior

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 12:11 WIB Vinicius Junior telah diperkenalkan resmi sebagai pemain Real Madrid setelah ditransfer dari Flamengo. Seperti apa sih permainannya?
  • Foto Sepakbola

    10 Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:38 WIB Piala Dunia 2018 memang sudah usai. Namun, berbagai momen terbaik yang tak terlupakan di Piala Dunia 2018 selalu menarik untuk dikenang.
  • Andreas Pereira Mulai Ambil Hati Mourinho

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:14 WIB Manajer Manchester United, Jose Mourinho, cukup senang dengan penampilan Andres Pereira. Tapi, pemain berdarah Brasil itu diminta untuk bermain lebih simpel.
  • Pesan Karius untuk Mereka yang Menertawakannya

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:18 WIB Loris Karius masih jadi bahan tertawaan lantaran blunder-blundernya bersama Liverpool. Karius punya pesan untuk mereka yang terus mengolok-oloknya.
  • 20Detik

    Vinicius Junior: Saya seperti Neymar, Bukan Ronaldo

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 11:41 WIB Vinicius Junior telah resmi sebagai pemain Real Madrid usai didatangkan dari klub Brasil, Flamengo. Dirinya menyebut punya kemiripan gaya bermain dengan Neymar.
  • 20Detik

    Video: Duh.. Karius Lagi-lagi Blunder

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 10:23 WIB Loris Karius kembali melakukan blunder fatal saat Liverpool kalah 1-3 dari Borussia Dortmund pada laga pramusim International Champions Cup.
  • Martial Ingin Hengkang, Mourinho Tak Mau Melepas

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 08:46 WIB Anthony Martial sudah mengungkapkan keinginannya meninggalkan Manchester United. Namun, manajer MU Jose Mourinho menegaskan, tidak ada rencana melepas Martial.
  • Liverpool Dilibas Dortmund di ICC

    Sepakbola | Senin 23 Juli 2018, 07:37 WIB Liverpool menelan kekalahan dalam laga pertamanya di International Champions Cup 2018. The Reds kalah 1-3 dari Borussia Dortmund setelah sempat unggul duluan.