DetikSepakbola
Jumat 09 Februari 2018, 05:29 WIB

Singkirkan Valencia, Barca Tantang Sevilla di Final Copa del Rey

Randy Prasatya - detikSport
Singkirkan Valencia, Barca Tantang Sevilla di Final Copa del Rey Foto: Heino Kalis/Reuters
Valencia - Barcelona berhasil mengalahkan Valencia 2-0 di leg kedua semifinal Copa del Rey. Kemenangan itu mengantarkan Barca ke babak final dengan agregat 3-0. Mereka akan berduel melawan Seviilla di laga puncak.

Barcelona mendominasi jalannya pertandingan di Mestalla, Jumat (9/2/2018) dinihari WIB. Akan tetapi, sepanjang babak pertama Barca tak mampu menciptakan gol ke gawang Valencia.

Kebuntuan baru terpecahkan di babak kedua. Barca bisa menjebol gawang Valencia dua kali lewat gol Philippe Coutinho di menit ke-49 dan Ivan Rakitic di menit ke-82. Skor 2-0 pun bertahan hingga laga usai.

Barca berhasil melangkah ke babak final Copa del Rey dengan kemenangan agregat 3-0. Blaugrana akan bertemu dengan Los Rojiblancos di laga puncak.

Jalannya Pertandingan

Valencia yang tertinggal agregat 0-1 tampil agresif di awal babak pertama. Tiga pemain Los Che dengan cepat berusaha mengurung pemain Barca yang dalam posisi menguasai bola.

Situasi itu membuat El Barca sedikit kesulitan melewati sepertiga pertahanan Valencia. Peluang pertama Barca baru bisa tercipta lewat tendangan bebas langsung yang dieksekusi Lionel Messi di menit kesembilan. Jaume Domenech dengan susah payah menepis bola yang mengarah ke sisi kiri atas gawang.

Valencia gantian memberi ancaman. Rodrigo membuat kubu tim tamu was-was setelah bola hasil sundulannya yang memanfaatkan umpan silang Daniel Parejo membentur mistar.

Setengah jam laga berjalan, Valencia nyaris dipaksa untuk bertahan lebih dalam. Dalam posisi ini Barca sulit mengalirkan bola ke jantung pertahanan tim tuan rumah.

Suarez sempat berupaya melepaskan tembakan di menit ke-44. Namun, tendangannya terlalu lemah dan bola bisa diamankan Domenech. Hingga turun minum skor 0-0 tak berubah.

Di babak kedua Barca lebih meningkatkan intensitas serangan. Di menit ke-49, tim besutan Ernesto Valverde itupun bisa memecah kebuntuan lewat gol Coutinho, yang baru masuk menggantikan Andre Gomes di awal babak kedua.

Gol tersebut lahir lewat penetrasi Suarez dari sisi kiri. Pemain asal Uruguay tersebut berhasil mengecoh gerak Ezequiel Garay untuk kemudian melepaskan umpan silang. Coutinho pun menyambar bola sambil menjatuhkan badannya.

Unggul 1-0 bikin Barca tampak lebih percaya diri dalam melakukan serangan. Beberapa kali mereka berhasil membuat lawan ketar-ketir dengan tembakan yang dilepaskan Messi, Jordi Alba, dan Coutinho selama menit ke-60 sampai ke-65.

Valencia berusaha balik menyerang. Peluang emas pun didapat pada menit ke-74 setelah Jose Gaya melepas umpan silang dari sisi kiri. Bola berhasil disambar rekan satu timnya yang berada di kotak penalti, namun Jasper Cillessen berdiri di posisi yang tepat untuk memudahkan menepis bola.

Alih-alih menyamakan skor, Valencia malah harus kembali kebobolan di menit ke-82. Suarez berhasil memotong bola dari hasil umpan Gabriel Paulista, yang kemudian melepaskan umpan ke Rakitic. Gelandang asal Kroasia itupun tak menunggul lama untuk melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti.

Gol tersebut menjadi yang terakhir tercipta di laga ini. Barca berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Valencia: Jaume Domenech, Ezequiel Garay (Ruben Vez0 71'), Gabriel Paulista, Martin Montoya, Jose Gaya, Dani Parejo, Francis Coquelin (Goncalo Guedes 57'), Geoffrey Kondogbia, Simone Zaza, Rodrigo Moreno (Carlos Soler 55'), Luciano Vietto.

Barcelona: Jasper Cillessen, Gerard Pique (Yerry Mina 83'), Jordi Alba, Samuel Umtiti, Andres Iniesta (Paulinho 66'), Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Sergi Roberto, Andre Gomes (Philippe Coutinho 46'), Lionel Messi, Luis Suarez.

[Gambas:Video 20detik]


(ran/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed