DetikSepakbola
Sabtu 07 April 2018, 19:56 WIB

Madrid Tak Sudi Lakukan Guard of Honor untuk Barcelona

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Madrid Tak Sudi Lakukan Guard of Honor untuk Barcelona Foto: Massimo Pinca/Reuters
Madrid - Real Madrid berpotensi menghadapi situasi buruk: harus melakukan guard of honor untuk Barcelona. Tapi Zinedine Zidane memastikan timnya takkan melakukannya.

Skenario buruk memang menghantui Madrid di penghujung musim ini. Barcelona tak cuma dalam posisi terdepan untuk juara, namun juga bisa memunculkan situasi tak enak untuk Madrid saat El Clasico jilid kedua di La Liga musim ini.


Barcelona kini memimpin dengan nilai 76, sembilan poin di depan Atletico Madrid di posisi dua. Madrid sendiri ada di tempat ketiga dengan 63 poin. Hitung-hitungannya saat ini membuat Madrid menatap laga derby kontra Atletico, Minggu (8/4/2018) malam dengan kondisi rumit.

Mereka butuh kemenangan di derby demi kans finis runner-up, namun itu juga akan membantu Barcelona juara lebih cepat. Lebih dari itu, Barcelona bisa juara dengan empat pekan tersisa alias tepat sebelum El Clasico di Camp Nou pada 6 Mei mendatang.

Jika Madrid menang atas Atletico, Barcelona unggul 12 poin di puncak klasemen. Lantas kalau selisih itu terjaga sampai pekan ke-34, maka Barcelona sudah mengunci juara setelah menaklukkan Deportivo La Coruna, sepekan sebelum lawan Madrid.

Artinya, tradisi bisa memaksa Madrid melakukan guard of honor untuk Barcelona di Camp Nou. Namun Zidane memastikan andaipun skenario itu berjalan sempurna, Madrid takkan melakukan guard of honor.


Dia menyebut Barcelona sudah merusak tradisi saat enggan melakukan guard of honor untuk Madrid usai memenangi Piala Dunia Antarklub 2017 lalu.

"Saya tak tahu seberapa sering kalian akan menanyai saya soal itu, tapi jawaban saya sangat jelas. Ini keputusan saya dan titik," kata Zidane dikutip Marca.

"Saya tak paham dengan guard of honour dan itu takkan terjadi, meskipun kami masih jauh dari akhir musim. Barcelona dulu merusak tradisi itu," imbuhnya.

Namun patut diketahui, tradisi guard of honor punya normanya sendiri. Umumnya ini dilakukan untuk mereka yang bertarung di kompetisi yang sama. Dalam kasus Madrid juara Piala Dunia Antarklub, seperti diketahui Barcelona tak tampil di kejuaraan tersebut.
(raw/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed