DetikSepakbola
Senin 12 November 2018, 00:10 WIB

Messi Comeback, Barcelona Dikalahkan Real Betis di Camp Nou

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Messi Comeback, Barcelona Dikalahkan Real Betis di Camp Nou Lionel Messi kembali, Barcelona dikalahkan Real Betis di Camp Nou 3-4. (Foto: Albert Gea/Reuters)
Barcelona - Kembalinya Lionel Messi tak bisa menyelamatkan Barcelona. Barca dipaksa mengakui keunggulan tim tamu, Real Betis dengan skor 3-4 dalam lanjutan Liga Spanyol.

Bermain di Camp Nou, Minggu (11/11/2018), Messi akhirnya kembali setelah absen selama tiga pekan akibat cedera tangan. Sang superstar tampil apik di pertandingan ini dengan menyumbang sepasang gol, salah satunya dari titik putih.

Meski begitu, Barca memulai laga dengan lambat. Betis berhasil unggul dua gol di babak pertama lewat gol-gol Junior Firpo dan Joaquin.

Barca meningatkan intensitasnya dan berhasil menciptakan gol balasan dari penalti Messi. Namun, tak berselang lama Betis mencetak gol ketiganya dari Giovani Lo Celso usai blunder Marc-Andre ter Stegen.

Asa Barcelona hidup lagi usai pemain pengganti Arturo Vidal menciptakan gol. Akan tetapi, Betis memupuskan harapan Barca usai membuat gol keempat dari Sergio Canales sebelum Messi mencetak gol hiburan di injury time.

Meski kalah, posisi Barca di puncak klasemen masih aman. Mengoleksi 24 poin, Los Cules mengungguli rival terdekatnya Atletico Madrid (23 poin), dan tujuh poin dari Real Madrid yang baru akan bertanding beberapa saat lagi.


Jalannya Pertandingan

Betis membungkam publik tuan rumah di menit ke-20. Sebuah umpan terobosan dari lini tengah membelah pertahanan Barcelna, lalu diterima Junior Firpo. Dia melewati Sergi Roberto sebelum melepaskan sepakan yang menembus jala gawang Barca. Betis mengungguli Barca 1-0.

Lima menit kemudian, kiper Betis Pau Lopez mesti membuat penyelamatan gemilang. Dari tendangan bebas Lionel Messi, Clement Lenglet meneruskan dengan tembakan voli ke arah tiang gawang yang ditepis Loprez.

Serangan-serangan balik Betis membuat Barca ketar-ketir. Di menit ke-31, Betis hampir menambah keunggulannya namun sepakan first-time Loren Moron melebar tipis.

Gol kedua Betis akhirnya tercipta tiga menit kemudian. Kembali dari serangan balik, umpan silang Cristian Tello diterima Joaquin di tengah kotak penalti. Tanpa kawalan, Joaquin melakukan sontekan untuk menaklukkan penjagaan Marc-Andre ter Stegen sekaligus mengubah skor menjadi 2-0.

Di menit ke-40, Loren membuang peluang untuk menambah luka Barca. Serangan balik Betis membebaskan Loren, tapi penyelesaiannya ke arah bawah gawang masih melenceng tipis.

Jelang turun minum, Betis kembali mengancam. Melalui sepak pojok, sundulan Carvalho hanya bersarang di sisi luar jala gawang Barca. Skor 2-0 untuk keunggulan Betis tetap bertahan sampai jeda.


Arturo Vidal, yang baru masuk ke lapangan langsung menebar ancaman. Gelandang Chile itu melepaskan sepakan keras ke arah gawang meski bisa diselamatkan Lopez.

Barca terus meningkatkan agresivitasnya. Messi melewati dua pemain Betis sebelum melakukan tendangan dari luar kotak, yang melebar tipis dari gawang Betis.

Ancaman lain dari Barcelona. Bekerjasama dengan Messi, Luis Suarez melakukan tembakan keras tapi usahanya belum membuahkan hasil setelah bola cuma menyentuh sisi luar gawang Betis.

Keluar dari tekanan Barca, Betis menciptakan serangan balik berbahaya lagi. Tendangan Tello dari sisi kanan kotak penalti melenceng tipis saja dari gawang Barca untuk menghasilkan sepak pojok.

Pelanggaran terhadap Jordi Alba memaksa wasit menunjuk titik putih. Messi maju sebagai algojo dan sukses menjaringkan bola ke sudut atas gawang untuk mengubah skor menjadi 1-2 di menit ke-68.

Hanya tiga menit berselang, Betis berhasil mengembalikan keunggulan dua gol. Ter Stegen melakukan blunder saat menepis sepakan Giovani Lo Celso, sehingga bola dengan gampang masuk ke gawang. Kedudukan 1-3.

Barca belum habis. Vidal mencetak gol kedua sehingga skor kini 2-3 di menit ke-79. Operan terobosan Messi menembus pertahanan Betis untuk diterima Munir El Haddadi. Tidak egosis, Munir mengoper kepada Vidal untuk diselesaikan dengan tembakan dari dalam kotak.

Bencana untuk Barca setelah Ivan Rakitic menerima kartu kuning kedua di menit 81. Keunggulan pemain langsung dimaksimalkan tim tamu untuk menciptakan gol keempat dua menit berselang.

Dari sisi kanan pertahanan Barca, Firpo mengirim umpan silang yang diterima pemain pengganti Sergio Canales untuk diselesaikan dengan sontekan dari jarak dekat. Skor 4-2 untuk Betis.

Memasuki tiga menit terakhir waktu normal, Barca membuang peluang emas. Sepak pojok Messi menemui Suarez di sisi kanan kotak penalti sebelum melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Pique menyambut dengan sundulan dari jarak dekat, tapi bola melambung.

Di masa injury time, Messi berhasil mencetak gol ketiga Barca setelah meneruskan umpan mendatar Vidal. Gol sempat diperdebatkan, namun hasil pemeriksaan lewat VAR memastikan sah. Skor kini 3-4 dan bertahan sampai pertandingan bubar.


Susunan Pemain

BARCELONA: Ter Stegen, Pique, Jordi Alba, Sergi Roberto, Lenglet, Rakitic, Busquets (Alena 69'), Arthur (Vidal 46'), Messi, Malcom (Munir 57')

REAL BETIS: Pau Lopez, Sidnei, Mandi, Bartra, Junior Firpo, Joaquin (Canales 61'), Guardado, Carvalho, Lo Celso (Iniu, Tello, Moron (Sergio Leon 76')


(rin/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed