ADVERTISEMENT

Madrid Takluk di Santiago Bernabeu

- Sepakbola
Minggu, 03 Apr 2011 00:56 WIB
Madrid - Real Madrid mendapat pukulan telak dalam upaya mengejar Barcelona di puncak klasemen. Menjamu tim papan bawah Sporting Gijon, Los Merengues menelan kekalahan kandang pertamanya dengan skor 0-1.

Bermain di Santiago Bernabeu, Minggu (3/4/2011) dinihari WIB, Madrid tunduk melalui gol tunggal yang dilesakkan de las Cuevas Miguel saat laga masuk menit 79. Meski kemudian melancarkan serangan gencar, skuad besutan Jose Mourinho gagal mencetak gol penyama di sisa waktu.

Ini menjadi kekalahan kandang pertama Madrid sepanjang musim ini di semua kompetisi. Buat Jose Mourinho rekor tak terkalahkan di laga kandang yang sudah bertahan selama sembilan tahun juga terpaksa putus.

Hasil ini membuat upaya Madrid merapatkan jarak dengan Barcelona di puncak klasemen makin sulit. Masih ada lima poin yang menjadi jarak Madrid ke Barcelona, dengan The Catalans baru akan bertanding beberapa jam ke depan menghadapi Villarreal.

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung menyerang saat laga dimulai. Hasilnya adalah sebuah gol di menit kedua hasil tendangan bebas Angel di Maria, namun gol tersebut langsung dibatalkan wasit karena Ricardo Carvalho dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain tamu.

Di menit delapan kiper Juan Pablo membuat penyelamatan gemilang saat dia menghalau sepakan Di Maria yang menusuk dari sisi kiri. Selanjutnya Madrid mampu mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan Gijon.

Lebih banyak bertahan dan hanya mengandalkan seranan balik, Gijon akhirnya mendapat peluang saat laga masuk menit 24. Sepakan Andre Castro dari luar kotak penalti usai dapat umpan dari Miguel de las Cuevas masih melenceng dari sasaran.

Selanjutnya Madrid mampu mengkreasikan dua peluang lainnya, yang kembali tak membuahkan hasil yang diinginkan. Setelah tandukan Emmanuel Adebayor dari tengah kotak penalti gagal menjebol gawang Gijon, sepakan Di Maria dari luar kotak penalti arahnya melenceng.

Lima menit sebelum turun minum gawang Iker Casillas malah nyaris jebol. Kiper nomor satu Spanyol itu salah mengantisipasi bola, yang membuat gawangnya dalam posisi terancam karena Nacho Novo berhasil menguasai si kulit bundar. Madrid beruntung Novo kehilangan keseimbangan sehingga gagal melepaskan tembakan.

Di awal babak kedua inisiatif serangan masih menjadi milik Madrid. Namun tetap saja upaya menjebol gawang Gijon tetap tak kunjung mampu diwujudkan. Setelah sepakan Adebayor dan Sergio Ramos gagal menemui sasaran, tembakan kaki kiri Mesut Oezil berhasil dihadang kiper tim tamu.

Untuk menambah daya serangnya Jose Mourinho memasukkan Gonzalo Higuain dan menarik Granero di menit 58. Striker asal Argentina itu langsung menebar ancaman di menit 60 saat tendangannya usai membalikkan badan masih bisa ditepis Juan Pablo.

Tanpa Cristiano Ronaldo yang masih dibekap cedera 'Si Putih' kesulitan menembus pertahanan Gijon, yang sebelum laga duduk di posisi 15 klasemen. Dominasi penguasaan bola tuan rumah gagal dituntaskan menjadi gol.

Bencana justru datang buat Madrid saat laga tersisa 11 menit. Melakukan kerjasama dengan Angel di sisi kiri, Miguel De las Cuevas melepaskan tendangan rendah melewati Casillas. Bola sempat membentur dasar tiang gawang sebelum memantul ke arah dalam. 1-0 Gijon unggul.

Madrid kemudian melancarkan serangan bertubi ke pertahanan Gijon. Di menit 81 Adebayor memaksa Juan Pablo berjibaku mengamankan gawangnya. Bola liar dari kejadian tersebut berhasil dipungut Sami Khedira di sisi kanan gawang, sepakan gelandang asal Jerman itu sepertinya akan menyamakan kedudukan sampai tiba-tiba Juan Pablo melakukan penyelamatan lainnya sambil melayang tepat di garis gawang.

Di menit pertama masa injury time Adebayor membuang peluang saat sepakannya dari muka gawang justru tepat mengarah ke arah kiper. Di menit akhir laga kembali sepakan Khedira dimentahkan bek Gijon tepat di garis gawang, sebuah momen yang membuat Jose Mourinho tersenyum di pinggir lapangan

Madrid gagal mencetak gol penyama hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Madrid: Iker Casillas, Ricardo Carvalho, Raul Albiol, Alvaro Arbeloa (Pepe '71), Sergio Ramos, Sami Khedira, Lassana Diarra, Esteban Granero (Gonzalo Higuain '57), Angel Di Maria (Sergio Canales Madrazo '71), Emmanuel Adebayor, Mesut Oezil

Gijon: Juan Pablo Colinas, Ivan Soto, Alberto Botía,Roberto Canella (Jose Angel '6), Alberto Ramos, Nacho Cases, Alberto Rivera, Miguel de las Cuevas, Nacho Novo, David Barral (Gaston Sangoy '76), Andre Castro (Sebastian Eguren '59)


(din/mfi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT