sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2012 05:27 WIB

Cruyff: Messi Spektakuler, tapi Xavi Terbaik

- detikSport
Getty Images/David Ramos Getty Images/David Ramos
Guadalajara - Lionel Messi disebut Johan Cruyff adalah pesepakbola paling spektakuler saat ini. Tapi untuk urusan yang terbaik, Xavi Hernandez lah yang dipilih oleh legenda Barcelona itu.

Dalam tiga tahun terakhir memang selalu jadi perdebatan siapa yang paling pantas disematkan gelar pemain terbaik dunia. Okelah Messi dengan segala aksinya di lapangan sudah membuktikan dengan mempertahankan Ballon d'Or sejak tahun 2009 hingga 2011.

Tapi di satu sisi Xavi juga disebut pantas menyandang gelar itu melihat kontribusinya untuk Barca dan juga timnas Spanyol. Ya, gelar di level internasional lah yang acap membuat Messi diragukan sebagai pemain terbaik dunia.

Beda dengan Xavi yang relatif stabil performanya di klub maupun negara, Messi cenderung naik turun bersama Abiceleste. Tapi permainan Xavi boleh jadi tak seaktraktif Messi dan itulah yang jadi nilai lebih pesepakbola berusia 24 tahun itu.

Jika hal tersebut ditanyakan kepada Cruyff yang kini menangani klub Meksiko, Chivas Guadalajara, pria asal Belanda itu punya jawaban diplomatis soal siapa yang terbaik di antara Messi dan Xavi.

"Pemain terbaik di dunia tidak akan ada karena banyak posisi yang berbeda-beda," tutur Cruyff kepada ESPN.

"Ada banyak pemain spektakuler seperti Messi. Tapi jika Anda melihat pemain seperti Xavi, yang mampu mengontrol bola dan mengatur laju pertandingan, dia juga adalah pemain hebat. Tapi sangat berbeda dengan Messi," sambungnya.

"Sangat sulit untuk mengatakan siapa yang terbaik. (Dalam pandanganku), Messi adalah pemain paling spektakuler, tapi Xavi yang terbaik," lugas Cruyff.



(mrp/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed