Zidane Langsung Buat Sejarah di Madrid

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 05 Jan 2016 10:43 WIB
Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno
Madrid - Zinedine Zidane mengawali kiprahnya sebagai pelatih Real Madrid langsung dengan menorehkan sejarah. Ia jadi pelatih asal Prancis pertama di Madrid.

Dalam sejarah Madrid, menurut AS, sudah ada 24 figur asing non-Spanyol yang masuk sebagai entrenador first team. Tapi belum pernah ada yang berkebangsaan Prancis.

Maka, seperti juga ditegaskan Opta, penunjukan Zidane untuk mengisi posisi yang sebelumnya ditempati oleh Rafael Benitez pun membuatnya sebagai pelatih Prancis pertama dalam sejarah El Real.

Dalam rincian AS tentang entrenador asing Madrid, sejauh ini klub itu sudah ditangani oleh tiga orang dari Argentina (Luis Carniglia, Alfredo Di Stéfano, dan Jorge Valdano), tiga orang Inggris (Arthur Johnson, Robert Firth, dan Michael Keeping), dua orang Jerman (Juup Heynckes dan Bernd Schuster), dua dari Belanda (Leo Beenhakker dan Guus Hiddink), dua orang Serbia (Vujadin Boškov dan Radomir Antić), dua orang Uruguay (Enrique Fernández dan Héctor Scarone), dua pelatih Portugal (Carlos Queiroz dan Jose Mourinho), dua peracik taktik Italia (Fabio Capello dan Carlo Ancelotti), satu orang Brasil (Vanderlei Luxemburgo), satu orang Chile (Manuel Pellegrini), satu dari Hongaria (Lippo Hertzka), satu dari Makedonia (Miljan Miljanić), seorang dari Wales (John Toshack), dan seorang dari Paraguay (Manuel Fleitas).

Selain pelatih-pelatih asing itu, Madrid juga sudah memiliki 22 sosok peracik taktik tim inti yang berasal dari Spanyol sendiri.

Fakta bahwa Zidane pernah bermain untuk Madrid turut membuatnya mengikuti jejak Mariano García Remón, José Antonio Camacho, Vicente Del Bosque, Valdano, Di Stéfano, Luis Molowny, Amancio Amaro, Miguel Muñoz, yang melatih Los Blancos setelah sebelumnya juga pernah menjadi pemain dari klub tersebut.

(krs/fem)