Madrid Menang Tipis 2-1 atas Granada

Rossi Finza Noor - Sepakbola
Senin, 08 Feb 2016 04:36 WIB
Reuters/Marcelo del Pozo
Madrid -

Real Madrid meraih kemenangan tipis 2-1 atas Granada pada jornada ke-23 La Liga. Kendati menang, Madrid sempat direpotkan oleh sang tuan rumah.

Gol kemenangan Madrid pada laga tersebut dicetak oleh Luka Modric pada menit ke-85. Sebelumnya, Karim Benzema membawa Madrid unggul 1-0 di menit ke-30, sebelum Youssef El Arabi menyamakan kedudukan di menit ke-60.

Dengan kemenangan tersebut, Madrid kini mengoleksi nilai 50 dan berada di posisi ketiga klasemen sementara. Mereka tertinggal empat angka dari Barcelona dan satu angka dari Atletico Madrid.

Sementara itu, Granada masih terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara dengan nilai 20. Ini adalah kekalahan ke-13 tim besutan José Ramón Sandoval tersebut di La Liga musim ini.

Squawka mencatat, Madrid dominan dalam hal penguasaan bola, yakni 57:43. Namun, catatan lain memperlihatkan bagaimana Granada mampu mengimbangi permainan Los Blancos.

El Graná membuat 14 attempts, sama dengan jumlah yang dimiliki Madrid, kendati Madrid lebih banyak mendapatkan attempts on target: 4 berbanding 2. Akurasi operan Granada juga tidak berbeda jauh dengan Madrid: 74%:85%.

Granada bahkan menekan di 10 menit pertama pertandingan. Satu kali mereka mendapatkan peluang bagus, yakni via David Barral di menit ke-10. Namun, tendangannya dari jarak jauh masih menyamping.

Berulang kali pula, umpan terobosan yang dibuat pemain-pemain Granada tidak menemui hasil lantaran pemain mereka terperangkap offside.

Cristiano Ronaldo mendapatkan peluang pada menit ke-15. Setelah menerima bola dari James Rodriguez, bintang asal Portugal itu melepaskan tendangan kaki kiri dari sisi kiri. Namun, tendangannya masih melebar.

Tiga menit kemudian, kembali Barral yang mendapatkan peluang. Tetapi, lagi-lagi gagal. Kali ini, tendangannya diblok.

Setengah jam pertandingan berjalan, Madrid akhirnya memecah kebuntuan. Sebuah umpan terobosan dari tengah diterima oleh Daniel Carvajal yang berada di sisi kanan. Carvajal kemudian melepaskan operan datar ke depan gawang Granada, yang langsung disambar Benzema dengan sepakan kaki kanan.

Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama selesai. Pada menit ke-58, Sandoval memutuskan untuk memasukkan El Arabi. Keputusan tersebut terbukti tepat karena El Arabi sukses mencetak gol dua menit kemudian.

Proses gol El Arabi diawali oleh sebuah umpan terobosan yang dilepaskan oleh Rubén Rochina. El Arabi, yang menusuk dari kanan, kemudian melepaskan sepakan kaki kanan datar. Skor berubah menjadi 1-1.

Dalam keadaan 1-1, Granada sempat membobol gawang Madrid lagi via El Arabi. Namun, gol El Arabi dianulir lantaran dirinya berada dalam posisi offside.

Justru Madrid yang akhirnya bisa memanfaatkan peluang yang didapat. Lima menit menjelang pertandingan berakhir, Modric menerima operan dari Mateo Kovacic di depan kotak penalti Granada. Setelah menahan bola sejenak, gelandang asal Kroasia itu melepaskan sepakan kaki kanan keras. Bola sepakannya melesak ke sudut atas gawang Granada.

Di sisa menit pertandingan, tak ada lagi peluang tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Madrid pun tetap bertahan.

Susunan Pemain

Granada: Fernandez, Lomban, Lopes, Foulquier, Costa, Rico (Krhin 77), Success, Perez, Rochina, Peñaranda (Docoure 81), Barral (El Arabi 58).

Real Madrid: Navas, Carvajal (Nacho 86), Ramos, Varane, Marcelo, Kroos, Modric, Isco (Kovacic 78), James (Jese 62), Ronaldo, Benzema.



(roz/raw)