Kalahkan Gijon 3-1, Barca Mantap di Puncak Klasemen

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 18 Feb 2016 02:42 WIB
Getty Images/Denis Doyle
Barcelona -

Barcelona mengokohkan posisinya di puncak klasemen La Liga. Ini setelah Los Cules menang 3-1 atas Sporting Gijon.

Pada laga tunda yang dihelat di El Molinon, Kamis (18/2/2016) dinihari WIB, Lionel Messi tampil sebagai bintang Barca lewat sumbangan dua gol yang membuatnya sudah mengoleksi 301 gol di liga.

Satu gol lain dibuat Luis Suarez. Sementara Gijon sempat menyamakan skor lewat Carlos Castro.

Tambahan tiga poin ini membuat Blaugrana mantap di puncak klasemen dengan 60 poin dari 24 pekan berlalu, unggul enam angka dari Atletico Madrid dan tujuh angka dari Real Madrid.

Gijon sendiri ada di posisi ke-16 dengan 23 poin.

Jalannya Pertandingan

Gijon memberi ancaman pertamanya di laga ini pada menit ke-11. Allen Halilovic melakukan solo run melewati tiga penjaganya, sebelum melepaskan tembakan keras yang masih melebar.

Pada menit ke-21 Suarez mendapat peluang emas membawa Barca unggul. Sayangnya, saat berhadapan dengan kiper, sepakan Suarez masih bisa ditepis Ivan Cuellar.

Pertandingan memasuki menit ke-25, Messi membawa Barca memimpin 1-0 sekaligus mencetak gol ke-300 di La Liga. Mendapat ruang tembak di depan kotak penalti usai menerima umpan Suarez, Messi melepaskan sepakan kaki kiri ke pojok kanan gawang Cuellar.

Dua menit kemudian skor menjadi 1-1 setelah Carlos Castro dari sebuah serangan balik mampu menuntaskannya jadi gol. Sepakannya dari jarak meneruskan umpan Alejandro Menendez mampu menaklukkan Claudio Bravo.

Tapi kedudukan imbang itu tak berlangsung lama karena gol kedua Messi membawa Barca kembali memimpin 2-1 di menit ke-31. Lagi-lagi Suarez jadi arsitek gol Messi yang juga jadi assist ke-10 di liga.

Menghindari kawalan satu pemain Gijon, Suarez menyodorkan bola yang dihajar sepakan first time Messi ke bagian atas gawang Gijon.

Dua menit kemudian Messi nyaris bikin hat-trick tapi bola hasil tembakannya membentur tiang gawang.

Neymar punya dua kali peluang mencetak gol di babak ini namun semuanya gagal. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Barca tidak melepas pedal gas dan tetap menekan Gijon habis-habisan. Di menit ke-61 tekanan Barca berbuah penalti menyusul pelanggaran Cuellar kepada Neymar.

Suarez yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya setelah Cuellar mampu menepisnya.

Tapi, kegagalan penalti itu dibayar Suarez lewat golnya pada menit ke-67 yang membawa Barca memimpin 3-1. Melepaskan diri dari dua pemain Gijon, Suarez dengan kaki kirinya melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh dan tidak bisa dihadang Cuellar.

Tak ada lagi gol tercipta hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

Gijon: Cuellar; Lora, Lichnovsky, Mere, Canella; Mascarell, Cases; Perez (Isma Lopez 68'), Halilovic, Menendez (Barrera 74'); Castro (Jony 68').

Barcelona: Bravo; Vidal, Pique (Bartra 81'), Mathieu, Adriano; Rakitic, Busquets (Mascherano 80'), Turan; Messi, Neymar, Suarez.

(mrp/krs)