Optimisme Nani dan Tekad Valencia Beranjak dari Dasar Klasemen

Rossi Finza Noor - Sepakbola
Rabu, 21 Sep 2016 16:07 WIB
Foto: AFP/Ander Gillenea
Valencia - Pendukung Valencia tentu tidak senang melihat posisi tim kesayangan mereka di klasemen saat ini. Namun, optimisme masih dihembuskan oleh winger klub, Nani.

Valencia terkenal punya pendukung yang cukup penuntut. Maka, tidak heran ketika Gary Neville gagal mengangkat prestasi tim pada musim lalu, pelatih (yang kini meneruskan pekerjaannya sebagai pundit) asal Inggris itu mendapatkan cemoohan dari para suporter.

Bisa dimengerti juga jika para pendukung tidak senang melihat posisi Los Che saat ini. Dari empat pertandingan musim ini, mereka menelan empat kekalahan. Imbasnya, Valencia terdampar di posisi ke-20 klasemen alias posisi paling bawah.

Jebloknya Valencia, yang sudah terlihat dari musim lalu, disinyalir bukan hanya karena tidak kompetennya pelatih kepala. Mulai dari Nuno Espirito Santo, Gary Neville, hingga Pako Ayestaran terbukti gagal.

Ayestaran, yang sempat menjadi asisten Rafa Benitez ketika pelatih asal Spanyol itu membawa Valencia menjuarai La Liga dua kali, awalnya dinilai bisa memperbaiki Valencia. Oleh karenanya, ia diangkat menjadi pelatih setelah Neville didepak. Namun, setelah empat kekalahan musim ini, Ayestaran juga didepak.

Menurut eks pemain Valencia yang juga menjadi duta klub saat ini, Mario Kempes, kesalahan Valencia bukan terletak semata-mata pada pelatih. "Apa yang terjadi di Valencia sangat mengkhawatirkan; tidak ada proyek jelas, tidak ada ide, betul-betul impoten," ujar Kempes.

Perencanaan yang tidak matang itu terlihat dari bagaimana mereka melepas sejumlah pemain utama, termasuk Shkodran Mustafi dan Paco Alcacer, di bursa transfer musim panas. Ayestaran pun dikabarkan tidak terlalu puas dengan skuat yang diserahkan kepadanya; ia dipaksa bekerja dengan tim yang tidak sesuai dengan bayangannya.

Meski begitu, optimisme masih ada di dalam skuat Valencia. Nani menyebut, yang diperlukan Valencia saat ini adalah satu kemenangan dulu. Baru setelahnya mereka bisa kembali ke trek yang benar.

"Tujuan kami sekarang adalah memenangi pertandingan dulu. Kualitas skuat kami bagus, hanya saja kami belum mendapatkan hasil yang diinginkan," ujar Nani seperti dilansir Soccerway.

"Terkadang, rasanya kami hampir mendapatkan hasil itu, tapi akhirnya kami kalah. Tapi, begitu kami mulai mendapatkan kemenangan, kami akan mencapai tujuan kami. Saya yakin itu akan terjadi dan kami akan kembali ke jalan yang tepat," kata Nani.

Perjuangan Valencia untuk meraih kemenangan akan dimulai pada Jumat (23/9/2016) dini hari WIB, di mana mereka akan menjamu Alaves.

(roz/din)