DetikSepakbola
Senin 24 April 2017, 17:14 WIB

Malam Kelabu Ronaldo

Randy Prasatya - detikSport
Malam Kelabu Ronaldo Foto: REUTERS/Sergio Perez
Madrid - El Clasico jilid kedua musim ini berakhir pahit untuk Cristiano Ronaldo. Sudah Real Madrid kalah, dia juga tampil sangat buruk.

Ronaldo tak bisa menyumbang gol untuk Madrid saat menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, Senin (24/4/2017) dinihari WIB. Hal itu berbanding terbalik dengan Lionel Messi, yang mencetak dua gol untuk menentukan kemenangan Los Cules atas El Real dengan skor 3-2.

Sebuah performa yang berbalik 180 derajat tentunya ketika tengah pekan lalu, Ronaldo tampil luar biasa dengan bikin hat-trick ke gawang Bayern Munich yang melajukan timnya ke semifinal Liga Champions.

Apalagi Barca datang ke Bernabeu tanpa kekuatan penuh setelah Neymar harus absen karena skorsing tiga pertandingan. Sudah sepatutnya Ronaldo bisa berbuat banyak untuk membawa Madrid namun yang terjadi malah sebaliknya.

Pria asal Portugal itu bukan cuma tidak mencetak gol. Dia merupakan pemain Madrid dengan jumlah umpan paling sedikit meski bermain selama 90 menit.

Menurut data Squawka, mantan pemain Manchester United itu cuma bikin 17 umpan sepanjang 90 menit!. Jumlah akurasi umpan Ronaldo itu bahkan kalah jauh dari kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen, yang melepaskan 22 umpan.




Keunggulan Ter Stegen bisa jadi pemakluman jika melihat posisinya sebagai kiper, yang notabene lebih minim mendapatkan gangguan ketimbang Ronaldo.

Sementara itu, Ronaldo lebih banyak beroperasi di wilayah lawan dan cenderung mendapat kawalan ketat. Saking ketatnya, dia tak mampu melepaskan dribel sukses, artinya tidak ada satupun pemain Barca yang mampu dilewatinya.

Dari total delapan attemps yang dilepaskan Ronaldo, hanya tiga yang mengarah tepat ke gawang dan itu relatif tak merepotkan Ter Stegen. Beban Ronaldo makin sulit karena Madrid harus kehilangan Gareth Bale yang cedera di menit ke-39.

Dengan kemungkinan Bale akan absen lama, maka Ronaldo mau tak mau harus segera bangkit dan membantu Madrid kembali merebut puncak klasemen dari Barca. Saat ini tim asal Catalan itu unggul head-to-head dengan 75 poin tapi sudah bermain 33 kali, sementara Madrid baru 32 kali.


(mrp/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed