DetikSepakbola
Jumat 27 Oktober 2017, 02:14 WIB

Jelang Bilbao Vs Barcelona

Valverde Menghadapi Kutukan San Mames

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Valverde Menghadapi Kutukan San Mames Foto: Rafael Marchante/Reuters
Barcelona - Ernesto Valverde punya tantangan tersendiri saat memimpin Barcelona bertandang ke Athletic Bilbao akhir pekan ini. Dia belum pernah menang saat ke Bilbao.

Barcelona akan bertandang ke Bilbao, Minggu (29/10/2017) dinihari WIB, dalam misinya menjaga jarak di puncak klasemen Liga Spanyol. Blaugrana masih belum terkalahkan dan saat ini mengoleksi nilai 25, unggul empat angka dari Valencia di posisi dua.

[Gambas:Sportradar]

Tapi ada sebuah beban tersendiri untuk Valverde menatap laga ini. Sepanjang kariernya di sepakbola, sebagai pemain dan pelatih, dia belum pernah menang sebagai lawan saat bertandang ke San Mames, baik di stadion lama maupun yang baru.

AS mencatat, dari delapan kunjungan ke markas Bilbao, Valverde menelan tujuh kekalahan dan hanya sekali tak kalah. Saat masih menjadi pemain Espanyol, pria yang kini berusia 53 tahun itu takluk 1-2 di partai liga musim 1986/1987 dan kalah 0-2 di musim berikutnya. Kekalahan itu berlanjut saat dia pindah ke Barcelona, di mana mereka takluk 2-3 di musim 1988/1989.

Tren buruknya terus berjalan saat Valverde mulai menjadi pelatih. Saat menangani Espanyol, dia tiga kali bertandang ke Bilbao. Laga tandang pertamanya ke sana berakhir dengan kekalah 1-2 pada Liga Spanyol musim 2006/2007.

Valverde sempat memperbaiki catatan saat menahan imbang Bilbao 1-1 di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2007/2008. Tapi pada akhirnya mereka tetap menelan hasil negatif karena tersingkir usai kalah 4-5 dalam adu penalti di leg kedua yang berlangsung di kandang.

Espanyol-nya Valverde kembali menelan kekalahan saat tandang ke Bilbao di ajang liga musim tersebut, dengan skor 0-1. Sampai pindah ke Villarreal dan Valencia, hasil negatif masih menghantui Valverde.

Dia kalah 2-3 bersama Villarreal di San Mames pada musim 2009/2010, kemudian takluk 0-1 bareng Valencia di musim 2012/2013. Kini tantangan untuknya: bisakah menghentikan catatan buruk itu bersama Barcelona?
(raw/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed