DetikSepakbola
Kamis 22 Februari 2018, 17:51 WIB

Barca Akan Prioritaskan Lagi Pemain dari La Masia

Redzi Arya Pratama - detikSport
Barca Akan Prioritaskan Lagi Pemain dari La Masia Lionel Messi dan Andres Iniesta, pemain lulusan La Masia yang masih bertahan (Getty Images/Alex Caparros)
Barcelona - Barcelona sangat jarang mengorbitkan pemain dari La Masia beberapa tahun terakhir. Namun, hal itu tidak akan terjadi lagi.

La Masia dianggap sebagai akademi sepakbola paling oke di dunia. Namun, belakangan malah pemain-pemain akademi Barca tidak ada yang mampu jadi penggawa utama tim itu.

Belum ada nama-nama pemain baru La Masia yang bersinar sejak era Andres Iniesta, Victor Valdes, Sergio Busquets, Pedro Rodriguez Lionel Messi, Thiago Alcantara, Rafinha, hingga Sergi Roberto. Bahkan saat ini cuma tinggal Messi, Iniesta, dan Busquets, akademi La Masia yang langsung jadi pemain inti.

Memang ada Gerard Pique dan Jordi Alba, tapi keduanya lebih dulu pindah ke klub lain. Sementara, sisanya banyak yang gagal atau memilih bermain di klub lain.

La Masia makin tersingkir ketika klub mengikuti arus sepakbola modern dengan membelanjakan banyak uang untuk para pemain top seperti Luis Suarez, Neymar, Ousmane Dembele, dan Philippe Coutinho.

Presiden Barca Josep Maria Bartomeu memastikan bahwa target utama klub adalah mengembangkan kembali pemain muda dengan cara mempromosikan lulusan La Masia.

"Di La Masia target utama adalah menciptakan pemain baru. Tak hanya melatih mereka sebagai pemain, tapi manusia seutuhnya. Mungkin rencana di La Masia masih akan terus seperti itu. Tak mudah karena semakin banyak klub yang dimiliki sosok kaya dan menginvestasikan banyak uang di sepakbola," tutur Bartomeu di situs resmi klub.

"Sekarang semakin sulit untuk mengikuti pasar dan mendatangkan pemain terbaik ke sini. Target utama kami sekarang adalah fokus kepada pemain muda, melatih mereka dan membawanya ke tim utama," sambungnya.

Bartomeu berharap Messi dan Iniesta bisa jadi contoh sekaligus memotivasi para pemain lulusan La Masia ke depannya.

"Kami ingin memainkan sepakbola yang baik, berlatih dengan cara unik. Iniesta menjadi salah satu contoh. Kami tak hanya mau dia menjadi pemain, tapi juga legenda di sini. Harapan yang sama juga datang untuk Messi. Pemain ini mungkin masih memiliki kontrak empat tahun, tapi saya rasa itu bukan kontrak terakhir dia bersama Barcelona," tutupnya.



(mrp/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed