DetikSepakbola
Minggu 22 April 2018, 04:23 WIB

Barcelona Juara Copa del Rey Usai Gilas Sevilla 5-0

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Barcelona Juara Copa del Rey Usai Gilas Sevilla 5-0 Barcelona menang telak 5-0 atas Sevilla di final Copa del Frey. (Foto: Susana Vera/Reuters)
Madrid - Barcelona tak kesulitan meraih gelar juara Copa del Rey musim ini. Menghadapi Sevilla di final, Blaugrana menang amat telak: 5-0!

Laga final Copa del Rey 2017/2018 berlangsung di Wanda Metropolitano, Minggu (22/4/2018) dinihari WIB. Selepas kick-off, Barcelona langsung menguasai permainan dan menyerang.

[Gambas:Video 20detik]


Tak butuh waktu terlalu lama untuk Barcelona mendapatkan gol pembuka, yakni di menit ke-14 lewat Luis Suarez. Gol dari Lionel Messi di menit ke-31 dan torehan lain dari Suarez pada menit ke-40 memastikan Barcelona sudah unggul 3-0 di babak pertama.


Saat Sevilla baru mulai lebih gencar menyerang pada babak kedua, Barcelona bikin gol lagi. Andres Iniesta mencatatkan namanya di papan skor. Phillpe Coutinho kemudian membawa Barcelona memimpin 5-0 lewat penalti di menit ke-69.

Skor ini bertahan sampai laga berakhir. Barcelona pun memastikan diri juara Copa del Rey 2017/2018.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung menekan selepas kick-off. Ancaman pertama dicatatkan Lionel Messi dari tendangan bebas di menit ke-9, namun ditepis David Soria.

Di menit ke-14, Barcelona memetik keunggulan menghukum kelengahan Sevilla. Jasper Cillessen memanfaatkan pertahanan garis tinggi Sevilla dan mengirimkan umpan jauh dari tendangan gawang ke Philippe Coutinho di kanan.

Coutinho berlari tak terkawal sementara Luis Suarez bersiap di tengah. Di sisi kanan di dalam kotak penalti, Coutinho melepaskan umpan silang melewati kiper dan disontek Suarez ke gawang kosong.

Sevilla merespons di menit ke-18. Joaquin Correa mendapatkan bola di dalam kotak penalti namun sepakan volinya masih menyamping dari gawang.

Barcelona nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-28. Suarez merangsek dan menyodorkan bola ke Andres Iniesta, yang langsung menyambar dengan sepakan keras. Bola sempat berbelok karena pemain Sevilla, lalu menghantam mistar gawang dan kembali ke area permainan.

Sundulan Franco Vazquez menyambut umpan Jesus Navas di menit ke-30 cuma tepat saja ke arah Cillessen. Semenit kemudian, Sevilla kebobolan.

Alba merangsek dan mencoba melakukan umpan satu-dua dengan Iniesta. Bola sempat coba disapu bek Sevilla, tapi kembali jatuh ke kaki Alba. Dengan cerdik bek kiri Barcelona itu mengoper ke belakang dengan tumit dan bola darinya disambar Messi ke dalam gawang.


Di menit-33, Barcelona membangun peluang bagus lainnya. Sontekan cerdik Suarez membuat Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Soria. Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Barcelona pada prosesnya benar-benar menambah gol di menit ke-40. Suarez merangsek dan memberikan bola ke Messi saat memasuki sepertiga akhir.

Coutinho terlihat sudah menunggu operan di kanan, tapi Messi memilih memberikan umpan terobosan ke Suarez di tengah. Dengan dingin, Suarez mencocor bola melewati Soria. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Sevilla memulai babak kedua dengan tampil lebih berani. Namun mereka sudah mendapatkan pukulan telak saat Barcelona bikin gol keempat di menit ke-52.

Iniesta merangsek dari tengah, lalu memainkan umpan satu-dua dengan Messi. Iniesta menggiring bola ke sisi kanan di dalam kotak penalti, melewati kiper yang menerjang, lalu menceploskan bola dari sudut sempit.

Tak lama kemudian, Barcelona sudah mendapatkan peluang lainnya. Dari bola mati, tendangan bebas mengarah ke tengah kotak penalti dan ditanduk Suarez. Soria menepisnya, tapi bola liar jatuh di jangkauan Samuel Umtiti. Di momen terakhir, Soria menghalau sontekan Umtiti dan bola mengenai bek Barcelona itu sebelum kemudian bergulir ke luar lapangan.

Barcelona mendapatkan penalti di menit ke-68. Coutinho mulanya mendapatkan bola yang memantul dari Clement Lenglet dan menceploskannya ke dalam gawang.

Tapi wasit memutuskan Lenglet melakukan handball. Gol dibatalkan namun penalti diberikan. Coutinho maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankannya.

Unggul 5-0, Barcelona mulai memainkan tempo. Beberapa kali skuat arahan Ernesto Valverde ini mendapatkan ruang besar di pertahanan Sevilla, namun gagal memaksimalkannya untuk menambah gol lagi.


Sebuah percobaan dari Suarez meneruskan umpan Sergi Roberto masih berakhir melebar, di menit-menit terakhir pertandingan. Tak lama kemudian pertandingan berakhir.

Susunan pemain:

Barcelona: Jasper Cillessen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Philippe Coutinho (Dembele 82'), Sergio Busquets (Paulinho 76'), Ivan Rakitic, Andres Iniesta (Denis Suarez 88'); Lionel Messi, Luis Suarez

Sevilla: David Soria; Jesus Navas, Gabriel Mercado, Clement Lenglet, Sergio Escudero; Steven N'Zonzi, Ever Banega; Pablo Sarabia (Layun 82'), Franco Vazquez (Nolito 86'), Joaquin Correa (Sandro 46'); Luis Muriel
(raw/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Edy Mundur dari Ketua Umum PSSI dan Minta Maaf

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 11:09 WIB Edy Rahmayadi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia setelah gagal menjalankan tugas sebagai ketua umum PSSI. Dia pun memutuskan mundur dari jabatannya.
  • MU Bersama Solskjaer: Magnificent Seven

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 08:22 WIB Manchester United masih sempurna di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Rentetan kemenangan The Red Devils kini sudah ada di angka tujuh laga.
  • Edy Mundur dari PSSI karena Gagal Jalankan Tugas

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 10:50 WIB Edy Rahmayadi mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum PSSI pagi ini. Dia sadar gagal menjalankan tugas sebagai pimpinan di federasi sepakbola Tanah Air itu.
  • Edy Rahmayadi Mundur dari Ketua Umum PSSI

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 09:59 WIB Edy Rahmayadi menyatakan mundur dari Ketua Umum PSSI. Keputusan itu dia sampaikan langsung di Kongres Tahunan PSSI 2019.
  • Lawan Chelsea, Koscielny Terlahir Kembali

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 09:28 WIB Laurent Koscielny menjadi bintang kemenangan Arsenal atas Chelsea. Penampilan tersebut juga menepis anggapan ia sudah habis pasca cedera para musim lalu.
  • London is Red!

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 09:15 WIB Arsenal secara meyakinkan mengalahkan Chelsea dengan skor 2-0 untuk memenangi Derby London terbesar. London is red!
  • 'Terima Kasih Handanovic'

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 09:14 WIB Inter Milan patut berterima kasih kepada Samir Handanovic. Tanpa kegemilangnya, Nerrazurri mungkin tak akan meraih poin di laga kontra Sassuolo.
  • Hector Bellerin Cedera Parah?

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 08:29 WIB Kemenangan Arsenal atas Chelsea diwarnai cedera yang dialami Hector Bellerin. Manajer Arsenal Unai Emery cemas dengan kondisi bek kanannya itu.
  • Spalletti: Inter Tampil di Bawah Standar

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 07:51 WIB Inter Milan cuma bermain imbang saat berhadapan dengan Sassuolo. Nerazzurri dinilai menunjukkan performa di bawah standar.
  • 80 Persen Pemain Baru PSS Dinilai Sesuai Harapan

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 06:52 WIB PSS Sleman dinilai semakin matang usai menang tipis atas Persis Solo dalam Celebration Game. Sebanyak 80% pemain baru PSS disebut telah bermain sesuai harapan.
  • Murkanya Sarri pada Chelsea

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 05:34 WIB Chelsea gagal memberikan perlawanan sepadan saat tumbang 0-2 di markas Arsenal. Performa Chelsea tidak bisa diterima sang manajer, Maurizio Sarri.
  • Liverpool Taklukkan Palace, Klopp Amat Lega

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 05:16 WIB Liverpool harus bersusah payah untuk menaklukkan Crystal Palace. Juergen Klopp pun mengungkapkan kelegaan usai The Reds berlaga.
  • Top, Rashford!

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 04:52 WIB Marcus Rashford tampil menawan dalam kemenangan Manchester United atas Brighton 2-1. Cara terbaik untuk menandai penampilan ke-150-nya di seluruh kompetisi.
  • Solskjaer Sejajar dengan Guardiola dan Ancelotti

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 03:19 WIB Manchester United masih melaju di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Manajer asal Norwegia itu membuat torehan sama dengan Josep Guardiola dan Carlo Ancelotti.
  • Dortmund Taklukkan Leipzig 1-0

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 03:02 WIB Borussia Dortmund berhasil menuai kemenangan di pekan ke-18 Bundesliga. Die Dorussen menang tipis 1-0 saat melawat ke markas RB Leipzig.
  • Atletico Menang 3-0 di Markas Huesca

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 02:53 WIB Atletico Madrid meraih hasil positif di lanjutan La Liga. Los Colchoneros memetik kemenangan 3-0 saat berhadapan dengan Huesca.
  • Tembus 50 Gol, Salah Tercepat Keempat

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 01:56 WIB Sepasang gol Mohamed Salah membantu Liverpool mengalahkan Crystal Palace 4-3. Sebuah pencapaian diukir Salah dalam kemenangan tersebut.
  • Babak I Tuntas, Arsenal Ungguli Chelsea 2-0

    Sepakbola | Minggu 20 Januari 2019, 01:20 WIB Laga babak I antara Arsenal vs Chelsea berlangsung seru. Meski begitu, Arsenal mampu mengungguli Chelsea 2-0, berkat Alexandre Lacazette dan Laurent Koscielny.
  • Hasil Liga Inggris: Man United 2-1 Brighton

    Sepakbola | Sabtu 19 Januari 2019, 23:38 WIB Manchester United memetik kemenangan atas Brighton & Hove Albion dengan skor 2-1. The Red Devils mempertahankan start sempurna bersama Ole Gunnar Solksjaer.