DetikSepakbola
Senin 14 Mei 2018, 13:56 WIB

Emmanuel Boateng Pemupus Mimpi Invincible Barcelona

Redzi Arya Pratama - detikSport
Emmanuel Boateng Pemupus Mimpi Invincible Barcelona Emmanuel Boateng bikin hat-trick yang mematahkan hati Barcelona dan seluruh fansnya (Alex Caparros/Getty Images)
Jakarta - Barcelona tinggal dua pertandingan lagi menuju status invincible. Tapi target menyudahi musim tanpa kalah pupus. Levante dan Emmanuel Boateng menghancurkan harapan mereka.

Nama lengkapnya Emmanuel Okyere Boateng. Dia baru bergabung dengan Levante pada awal musim ini. Masih 21 tahun, kiprah pemain depan asal Ghana ini belum bisa dibilang konsisten. Gol-gol masih minim datang darinya.

Sebelum laga dengan Barcelona dinihari tadi dia baru mencetak tiga gol di sepanjang musim, di mana dia tampil pada 24 laga La Liga. Tapi Boateng tiba-tiba saja jadi mimpi buruk Barcelona setelah dia mencetak tiga gol dalam selang 19 menit.



Hat-trick yang dia buat mengantar Levante menang 5-4 atas Barcelona. Kekalahan yang membuat Barcelona harus menghapus mimpi besar menuntaskan musim tanpa terkalahkan.

Boateng belum punya banyak jam terbang di level kompetisi profesional. Dia baru menapakinya pada 2014-2015 di Portugal bersama Rio Ave. Kariernya berlanjut ke Morierense dan kini bersama Levante.

Namun, Boateng tiba-tiba tampil trengginas saat Levante menjadi tim pertama yang mengalahkan Barcelona dengan skor 5-4, Senin (14/5/2018).

Ia mencetak gol pertama lewat penempatan diri yang tepat di menit kesembilan. Lalu gol keduanya di menit ke-30 terjadi setelah sang pemain lepas dari perangkap offside dan berhasil mengelabui dua pemain Barca sebelum mencetak gol. Hingga gol terakhirnya pada menit ke-49 adalah tembakan yang sangat akurat ke pojok kanan gawang Marc-Andre ter Stegen.



Boateng menjadi pemain pertama dalam 13 tahun terakhir yang membuat hat-trick ke gawang Barcelona di La Liga. Pemain terakhir yang melakukannya adalah Diego Forlan pada Mei 2005. Demikian dikutip dari Opta.

Pemain Ghana ini juga menjadi pemain ketiga sepanjang sejarah Levante di Divisi Utama yang mampu mencetak hat-trick setelah Rigano pada 2007-2008 dan David Barral 2014-2015.

Jumlah gol Boateng musim ini masih kalah jauh dari dua rekan setimnya, Enis Bardhi dan Jose Luis Morales yang masing-masing sudah membuat 9 gol. Tapi yang istimewa dari Boateng tentu saja hat-trick ke gawang Barcelona. Untuk diketahui juga, musim ini dia bikin satu gol saat bermain imbang 2-2 dengan Real Madrid

Boateng juga belum pernah dipanggil timnas senior Ghana. Kiprahnya di level internasional terakhir kali terjadi pada 2015 di level U-20.


(din/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed