DetikSepakbola
Rabu 18 Juli 2018, 18:51 WIB

Tak Kalah dari Ronaldo, Eden Hazard Bisa Apa Jika Gabung Real Madrid?

Redzi Arya Pratama - detikSport
Tak Kalah dari Ronaldo, Eden Hazard Bisa Apa Jika Gabung Real Madrid? Eden Hazard bisakah jadi pengganti Cristiano Ronaldo di Real Madrid (REUTERS/Dylan Martinez)
Madrid - Rumor tentang Eden Hazard yang bisa bergabung Real Madrid semakin kencang. Pemain Chelsea itu ternyata punya statistik yang tak kalah dari Cristiano Ronaldo. Bisa apa Hazard?

Seiring kepergian Ronaldo ke Juventus, Madrid ramai dikabarkan tengah mencari suksesor sepadan. Dari nama-nama tenar yang muncul, Hazard dianggap sebagai pemain yang paling berpeluang bergabung.

Tak hanya karena pernyataannya pasca Piala Dunia 2018 yang menginginkan tantangan baru setelah enam tahun di Chelsea. Tapi kabar terbaru dari Spanyol menyebut Hazard telah setuju untuk gabung El Real. Sementara di Inggris Chelsea kabarnya belum mau melepas sang pemain kalau tak memenuhi banderol harga yang dipasang sebesar 200 juta poundsterling.

Belum ada kepastian, tapi Hazard adalah menjadi opsi sempurna yang ada saat ini bagi Madrid untuk menggantikan pemain sekaliber CR7. Terlepas dari peran keduanya yang berbeda.



Bersama Chelsea, Hazard ditunjuk sebagai wide-playmaker dan bertugas untuk menciptakan peluang sebanyak-banyaknya serta menusuk ke dalam kotak, bukan eksekutor utama tim. Sedangkan Ronaldo beberapa tahun terakhir adalah seorang pencetak gol sejati. Perannya sudah bukan lagi sayap, tapi striker di depan.

Dari statistik Squawka, Ronaldo unggul urusan gol dan assist dari Hazard di sepanjang musim lalu. Ronaldo mampu membuat 24 gol berbanding 12 oleh Hazard, pun assist dengan total 5 berbanding 4. Dari jumlah tembakan pun CR7 jauh lebih mencolok dengan 165 berbanding 69.

Tapi itu bukan berarti Hazard kalah kelas. Ada beberapa poin yang mana kapten Belgia itu unggul jauh dari Ronaldo. Bahkan bisa membuat keberadaannya sangat berguna untuk Madrid jika benar bergabung.

Hazard lebih sering membuat umpan kunci ketimbang Ronaldo (73-36 umpan), lebih banyak menciptakan peluang (77-41 peluang), punya kemampuan melewati lawan yang lebih baik (160-31), akurasi tembakan mentereng (71 % - 56 %), juga lebih banyak melakukan passing (1.068-568 umpan).



Menengok dari statistik di atas saja, kita bisa sedikit membayangkan seperti apa Hazard di Madrid. Perannya akan sangat berbeda dengan Ronaldo.

Hazard bisa bermain di dua posisi, winger kiri ataupun playmaker di tengah. Kemampuan kreasi dan skill Hazard akan mendukung Karim Benzema dan Gareth Bale untuk bisa lebih lebih mudah mencetak gol di depan.

Hazard juga punya skill individu di atas rata-rata dan kecepatan luar biasa untuk bisa membuat peluang secara langsung.

Dimensi permainan Madrid dengan Hazard akan menjadi berbeda ketimbang Ronaldo. Dan akan menarik melihat apa yang akan dilakukan Lopetegui jika pemain Chelsea ini benar-benar bergabung.
(din/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed