sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 14:09 WIB

Solari dan Tren Oke Madrid Saat Ganti Pelatih di Tengah Musim

Yanu Arifin - detikSport
Real Madrid resmi menjadikan Santiago Solari pelatih tetap dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun. (Foto: Susana Vera/Reuters)
Jakarta - Real Madrid mengganti pelatihnya saat musim kompetisi sedang berjalan. Sejarah berkata, penampilan Los Blancos biasanya langsung apik.

Madrid memecat Julen Lopetegui dan menunjuk Santiago Solari sebagai pelatih. Solari sempat berstatus interim, sebelum akhirnya dipermanenkan pada Rabu (14/11/2018).

Bersama Solari, penampilan Madrid perlahan menanjak. Sejak ditangani eks pemain Madrid itu, Gareth Bale dkk belum terkalahkan di empat laga terakhir.




Penampilan oke itu seolah meneruskan kebiasaan Madrid, yang performanya biasanya langsung oke usai mengganti pelatihnya saat musim sedang berjalan. Hal itu sebagaimana dilansir Marca.

Tercatat, Madrid sudah 16 kali mengganti pelatihnya ketika musim kompetisi sedang berjalan. Dari jumlah itu, sebanyak delapan pelatih bisa langsung mempersembahkan gelar di musim pertamanya.

Yang pertama terjadi pada musim 1942/1943, ketika Juan Armet digantikan Ramon Encinas. Ketika itu, Encinas membawa Madrid ke final Copa del Rey.

Dari semua pelatih itu, yang tersukses bisa dibilang adalah Zinedine Zidane. Pelatih asal Prancis itu langsung membawa Madrid menjuarai Liga Champions di lima bulan pertamanya menjadi pelatih utama, lalu menambah dua gelar Liga Champions lagi pada dua musim berikutnya.




Total ia memberi tiga gelar Liga Champions, plus sempat memberi satu trofi La Liga pada musim 2016/2017. Di bawahnya, ada Vicente Del Bosque yang bisa menyumbang trofi Liga Europa dengan status interimnya.

Solari sejauh ini membawa Madrid meraih empat kemenangan beruntun, denga mencetak 15 gol dan baru kebobolan dua kali. Kira-kira, Solari bisa memberi gelar atau tidak di akhir musim? (yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com