sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 21 Jan 2019 09:05 WIB

Kontroversi Gol Luis Suarez

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Gol kontroversial Luis Suarez ke gawang Leganes. Foto: Albert Gea/Reuters Gol kontroversial Luis Suarez ke gawang Leganes. Foto: Albert Gea/Reuters
Barcelona - Luis Suarez membantu Barcelona menumpas Leganes 3-1 dalam lanjutan Liga Spanyol tadi malam. Namun, gol Suarez dibayangi kontroversi. Betulkah?

Pada laga di Camp Nou, Senin (21/1/2019) dinihari WIB, Ousmane Dembele membuka keunggulan Barca untuk menandai keunggulan 1-0 di babak pertama. Setelah turun minum, Martin Braithwhite menciptakan gol penyama bagi Leganes.

Tim tamu sukses membuat Barca kesulitan sehingga Lionel Messi mesti dimainkan dari bangku cadangan. Kurang dari 10 menit, superstar Argentina itu membuat dampak signifikan setelah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang ditepis kiper Leganes Ivan Cuellar.

Bola kemudian melambung, lalu diceploskan Suarez ke gawang. Insiden ini yang menjadi kontroversi karena sebelum Cuellar bisa menjangkau bola, striker Uruguay itu mengenai lengan si kiper sebelum mengenai wajahnya.

[Gambas:Youtube]


Insiden itu membuat Cuellar harus menerima perawatan di atas lapangan. Tapi bagaimanapun, gol Suarez tetap disahkan setelah wasit memeriksa dengan VAR, meskipun diprotes para pemain Leganes.


Pelatih Barca Ernesto Valverde menilai tidak ada yang salah dengan gol Suarez. "Saya pikir itu tetap gol ya," kata dia kepada Movistar, yang dikutip FourFourTwo. "Apa yang bisa saya katakan, setiap orang melihatnya dari sudut padang mereka masing-masing tapi wasit sudah mengesahkan."

"Dengan VAR pun, kontroversinya belum selesai. Itu sudah jelas gol. Suarez tidak mengenai kiper, mereka sudah memeriksanya."

"Akan selalu ada kontroversi, kesalahan-kesalahan akan mengikuti dan Anda harus menerima kesalahan itu. [Kesalahan] itu tidak berakhir dengan VAR, sekalipun kalau robot yang mengadili," sembur Valverde.

(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com