sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 03 Mar 2019 09:32 WIB

Laporan dari Madrid

Menikmati Panasnya El Clasico di Santiago Bernabeu

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Atmosfer Santiago Bernabeu dalam laga El Clasico kontra Barcelona. (Foto: Mohammad Resha Pratama)
Jakarta - Tak ada keriuhan berarti di sekitaran Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, jelang El Clasico lawan Barcelona. Tapi atmosfer berbeda terasa ketika melangkah masuk ke stadion.

Ketika detikSport tiba di Bernabeu pada 19.30 waktu setempat, laga El Clasico kontra Barcelona di pekan ke-26 LaLiga baru akan dimulai 75 menit berselang. Suasana di sekitar stadion memang sudah ramai dan toko-toko suvenir pun bermunculan di jalanan.




Tapi dari keramaian itu, tak ada keriuhan berarti. Hanya fans-fans 'normal' berlalu lalang dan berfoto-foto. Tak ada kerumunan di luar stadion yang menyanyikan chant-chant layaknya menyambung laga besar.

Hal ini cukup kontras dengan di Inggris. Ketika detikSport berkunjung ke sana, atmosfer meriah sudah terasa sejak di luar stadion.

Aura pertandingan besar ini baru terasa ketika memasuki tribun penonton, sekitar setengah jam sebelum laga dimulai. Meski kursi-kursi stadion belum terisi penuh, chant-chant sudah nyaring terdengar.

Kebetulan kedua tim sedang melakukan pemanasan dan riuh rendah penonton sudah terasa di sini. Ada tepuk tangan untuk para pemain Madrid, sementara pemain-pemain Barcelona mendapatkan siulan-siulan.


Menikmati Panasnya El Clasico di Santiago BernabeuFoto: Mohammad Resha Pratama


Begitu lima menit jelang pertandingan, suasana makin meriah terlebih setelah tribun selatan mulai dipenuhi para ultras Madrid. Mereka menyoraki Barcelona ketika MC Bernabeu mengumumkan line up tim, terutama saat nama Lionel Messi dan Gerard Pique muncul di layar besar stadion.


Video: Madrid Kalah Lagi Lawan Barcelona, Ramos Diolok di Twitter

[Gambas:Video 20detik]



Usai kick-off laga, barulah stadion menjadi ramai. Dukungan para fans Madrid terasa sedari menit awal dan mereka terus menyemangati para pemainnya.

Beberapa kali aksi Gareth Bale dan Vinicius Jr membuat penonton tuan rumah beranjak dari tempat duduknya. Namun beberapa kali pula ekspektasi mkere tak tuntas.




Bernabeu pun lantas terdiam ketika Ivan Rakitic berhasil menjebol jala Thibaut Courtois di pertengahan babak pertama. Pada akhirnya itu adalah satu-satunya gol yang tercipta, dengan Barcelona keluar sebagai pemenang.

Bernabeu pun terasa muram malam itu. (mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com