sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 04 Mar 2019 22:48 WIB

Laporan dari Spanyol

El Clasico: Kalem di Luar, Panas di Dalam

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Suasana di dalam Santiago Bernabeu beberapa saat sebelum kickoff El Clasico (M Resha Pratama/detikSport) Suasana di dalam Santiago Bernabeu beberapa saat sebelum kickoff El Clasico (M Resha Pratama/detikSport)
Jakarta - Suasana sekitar Santiago Bernabeu tak begitu riuh jelang El Clasico dimulai. Tapi, segalanya berbeda ketika memasuki dalam stadion.

detikSport tiba di Bernabeu sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau sekitar 75 menit sebelum kickoff. Suasana di sekitar stadion memang sudah ramai dan toko-toko suvenir pun bermunculan di jalanan.

Tapi, ramainya orang pun hanya berlalu lalang dan berfoto-foto di depan stadion. Tak ada chant-chant atau nyanyian layaknya suporter menghadapi sebuah pertandingan sebesar.

Kondisi ini berbeda dengan di Inggris. Pada beberapa kesempatan menyaksikan laga Premier League, atmosfer pertandingan sudah terasa sejak di luar.



Aura pertandingan besar ini baru terasa ketika saya memasuki tribun penonton sekitar setengah jam sebelum laga dimulai. Meski kursi-kursi stadion belum terisi penuh, chant-chant serta nyanyian sudah nyaring terdengar.

Kebetulan kedua tim sedang melakukan pemanasan dan riuh rendah penonton sudah terasa di sini. Tentunya tepuk tangan diberikan kepada para pemain Madrid sedangkan siulan ditujukan kepada para pemain Barca.

El Clasico: Kalem di Luar, Panas di DalamFoto: M Resha Pratama/detikSport


Begitu lima menit jelang pertandingan, suasana makin meriah terlebih setelah tribun selatan mulai dipenuhi para ultras Madrid. Mereka pun menyoraki ketika MC Bernabeu mengumumkan line up Barca, terutama saat nama Lionel Messi dan Gerard Pique muncul di layar besar stadion.

Usai kickoff laga, barulah stadion menjadi ramai. Dukungan para fans Madrid terasa sedari menit awal dan mereka terus menyemangati para pemainnya.

Beberapa kali aksi Gareth Bale dan Vinicius Jr membuat penonton tuan rumah berdiri dari tempat duduknya. Beberapa kali mereka harus kecewa karena serangan Madrid selalu gagal.

Bernabeu pun lantas terdiam ketika Ivan Rakitic berhasil menjebol jala Thibaut Courtois di pertengahan babak pertama.



Laga lantas mulai meningkat tensinya di sepuluh menit terakhir pertandingan babak pertama. Messi dan Pique memanas-manasi pemain dan pendukung tuan rumah, terutama Pique yang kerap mengeluarkan gestur mengejek.

El Clasico: Kalem di Luar, Panas di DalamFoto: M Resha Pratama/detikSport


Fans Barca di Bernabeu: 'Juara, Juara'

Gol Ivan Rakitic pada akhirnya menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan ini. Kemenangan atas Real Madrid membuat posisi Barcelona makin kukuh di puncak klasemen. Teriakan 'Campeone, Campeone' pun terdengar kencang dari sudut tribun Santiago Bernabeu.



Berkat tambahan tiga poin ini maka posisi Barca pun makin kukuh di puncak klasemen dengan 60 poin, unggul 10 poin dari Atletico Madrid di posisi kedua - yang kemudian berhasil merapatkan jarak lagi usai menang 2-0 atas Real Sociedad. Melihat performa stabil anak asuh Ernesto Valverde tersebut, rasa-rasanya sulit untuk menggeser Barca dari puncak klasemen.

Tak ayal, kemenangan di markas Madrid ini terasa begitu penting dalam misi Barca mempertahankan gelar juara LaLiga. Sementara bagi fans, dua kemenangan beruntun di markas rival tentu sangat membahagiakan.

El Clasico: Kalem di Luar, Panas di DalamFoto: M Resha Pratama/detikSport


Usai wasit meniup peluit panjang, fans Barca yang berada di tribun atas sisi utara Bernabeu pun meneriakkan chant "Barca Campeone, Barca Campeone" yang artinya "Barca juara, Barca juara"."

Bahkan chant itu makin kencang ketika para pemain Barca merayakan kemenangan di sudut lapangan sekaligus mengapresiasi dukungan para suporternya. Sebagai informasi, untuk setiap laga El Clasico, pihak keamanan stadion akan menahan lebih dulu fans ultras Barca di tribun sebelum mengizinkan mereka keluar dari stadion ketika suporter tuan rumah sudah bersih dari tribun.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bentrokan antarsuporter di luar stadion mengingat panasnya rivalitas kedua tim. Memang bukan malam yang menyenangkan untuk tuan rumah tentunya. (mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed